Jakarta, Agustus 2024 — foodspot sebagai platform penyedia layanan F&B untuk korporat terpercaya, ditunjuk Loreal untuk berkolaborasi dalam program Kita Kantin. Program ini sudah dimulai sejak pertengahan Juli 2022 dan bertempat di kantor pusat Loreal, Jakarta Selatan. Inisiatif ini bertujuan untuk memberdayakan individu dengan disabilitas sebagai pekerja di kantin dengan menciptakan lingkungan kerja yang inklusif dan suportif. Dalam kolaborasi tersebut, foodspot dipilih untuk menyediakan semua kebutuhan konsumsi kantin dan mengatur semua kegiatan pelaksanaannya termasuk perekrutan karyawan.
Program Kita Kantin sendiri terbagi menjadi dua bagian, yakni Kita Kantin dan Coffee Corner. Kita Kantin mencakup menu prasmanan untuk makan siang dan makanan ringan seperti sandwich, gorengan, atau camilan manis seperti kue atau bolu. Dibuka sejak Januari 2023, Coffee Corner menyediakan menu kopi dari merchant yang disepakati oleh foodspot dan Loreal. Kantin dan Coffee Corner beroperasi setiap hari kerja, mulai dari pukul 9 pagi hingga pukul 3 sore. Setiap harinya, foodspot menyediakan hingga 300 porsi menu makanan untuk karyawan Loreal.
Hingga kini, foodspot bersama Loreal telah mempekerjakan 7 orang pekerja dengan disabilitas untuk mengelola keseluruhan kegiatan di Kita Kantin. Untuk Kita Kantin, terdapat 4 orang karyawan yang bertugas mengelola kantin. Mulai dari kasir, pramusaji, hingga karyawan yang bertugas untuk menjaga kebersihan kantin. Untuk Coffee Corner, foodspot menugaskan 2 karyawan untuk mengelolanya, satu karyawan sebagai barista dan satu karyawan lain sebagai kasir sekaligus pramusaji.
Program Kita Kantin dan Coffee Corner adalah bagian dari inisiatif Solidarity Sourcing oleh Loreall. Diluncurkan pada tahun 2010, program ini adalah langkah konkret dalam upaya menciptakan kesetaraan kesempatan kerja bagi semua orang, termasuk individu dari vulnerable communities. Dengan memberikan pelatihan dan peluang kerja di bidang F&B, program ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan dan kepercayaan diri para pekerja disabilitas. Program ini sekaligus memperkuat komitmen foodspot dan Loreal terhadap inklusi sosial.
Inisiatif tersebut tidak hanya berfokus pada pemberdayaan penyandang disabilitas. Head of Operation di Purchasing Department di Loreal, Filipus Triwiyoso, menyatakan, “Di Indonesia, ada lima kategori komunitas rentan yang menjadi perhatian kami. Selain penyandang disabilitas, kami juga memberdayakan pensiunan yang masih bisa bekerja, komunitas ekonomi rentan, badan usaha milik wanita, dan badan usaha berskala kecil. Program ini membawa harapan bahwa tindakan kecil yang kami lakukan dapat memberikan dampak besar.”
Fauzan Fadhilah, Barista di Coffee Corner Loreal mengungkapkan, “Saya sendiri mengisi posisi sebagai Crew Coffee Corner di Kantin Loreal. Setiap harinya, saya bertugas menyiapkan dan menyajikan kopi, merawat mesin dan peralatan yang digunakan, hingga mengatur stok bahan-bahan pembuatan kopi. Sejauh ini semuanya lancar, dan semua pihak sangat supportive. Dengan bekerja sebagai barista di Coffee Corner, saya mendapat kesempatan untuk belajar bagaimana cara membuat kopi yang pas hingga belajar membuat Latte Art”.
Dea Pitriasari, Kasir di Coffee Corner Loreal menambahkan, “Sangat menyenangkan dapat bergabung menjadi kasir di Coffee Corner Loreal. Selain mendapat kesempatan untuk belajar, lingkungan di sini juga sangat baik dan mendukung. Semua karyawan sangat ramah dan tidak pernah membeda-bedakan. Program ini sangat membantu bagi penyandang disabilitas seperti saya karena tidak mudah untuk mencari pekerjaan dengan kondisi seperti ini. Saya bangga bisa bekerja di kantin Loreal. Saya berharap, kedepannya, kesempatan bekerja untuk individu dengan disabilitas dapat lebih luas dan terbuka”.
Loreal Indonesia sendiri sudah menggunakan layanan foodspot sejak tahun 2017 dan membangun kantin pada 2018. Melalui program Kita Kantin, foodspot bangga berkolaborasi dengan loreal dalam memberdayakan individu dengan disabilitas. Ken Aoyagi, CEO foodspot mengungkapkan, “kolaborasi foodspot dengan Loreal sangat membanggakan. Hal ini menunjukkan komitmen kami dalam memenuhi permintaan pelanggan sekaligus membuka lapangan kerja baru bagi teman-teman penyandang disabilitas. Selain itu, foodspot juga terus berinovasi dalam memenuhi kebutuhan pelanggan dan memberikan kepuasan terhadap setiap pelayanan yang kami berikan. Komitmen ini mencakup segala demand, mulai dari kebutuhan konsumsi harian, konsumsi acara kantor, menyediakan makanan untuk kantin, hingga mengelola kantin tersebut.”
Tentang foodspot
foodspot adalah portal penyedia makanan dan minuman untuk korporat terbesar di Indonesia. Dimulai sebagai Klik-eat pada tahun 2012, foodspot menghubungkan katering UKM maupun restoran besar dengan korporat di seluruh Indonesia. foodspot secara resmi bermitra dengan berbagai restoran populer yang berlokasi di seluruh Indonesia dan dipercaya menjadi pemasok makanan dan minuman untuk pelanggan korporat terbesar di Indonesia. Saat ini, foodspot dipercaya oleh lebih dari 2000 perusahaan di Indonesia sebagai klien setia. Untuk informasi lebih lanjut, silahkan mengakses ke https://foodspot.co.id