Jakarta, Februari 2024 – Industri layanan makanan dan minuman (F&B) korporat terus berkembang pesat seiring dengan meningkatnya kebutuhan konsumsi perusahaan. foodspot, sebagai platform F&B terkemuka untuk pelanggan korporat, mencatat pertumbuhan pendapatan sebesar 9% sepanjang 2024. Dengan ekspansi pelanggan dan mitra strategis, foodspot semakin mengukuhkan posisinya sebagai solusi utama pemesanan makanan untuk perusahaan di Indonesia.
Ekspansi Pelanggan Korporat dan Pertumbuhan Permintaan
Sepanjang 2024, foodspot sukses menggaet berbagai perusahaan ternama yang kini mengandalkan foodspot untuk kebutuhan konsumsi karyawan serta acara perusahaan. Ini membuktikan bahwa kepercayaan perusahaan besar terhadap foodspot semakin meningkat. Beberapa pelanggan utama yang berhasil diakuisisi meliputi:
Prudential Financial Indonesia - Memanfaatkan layanan foodspot untuk pemenuhan konsumsi acara korporat dengan total pesanan lebih dari Rp1 miliar per tahun 2024.
PT Archor Teknologi Digital - Pemesanan harian untuk konsumsi karyawan dengan total pesanan lebih dari Rp877 juta per tahun 2024.
TACO - Pemesanan reguler untuk berbagai acara kantor mencapai lebih dari Rp790 juta per tahun 2024.
Accenture - Menggunakan layanan foodspot untuk berbagai acara korporat dengan nilai pesanan lebih dari Rp370 juta per tahun 2024.
Sinarmas Land - Pemesanan reguler untuk berbagai acara kantor seperti konsumsi meeting, event, hingga training mencapai lebih dari Rp45 juta per bulan.
Bank Sahabat Sampoerna - Pemesanan reguler dan pesanan khusus acara internal mencapai lebih dari Rp27 juta per bulan.
Akuisisi Merchant Populer
Berkomitmen untuk memenuhi variasi permintaan pelanggan, foodspot berhasil menggaet berbagai brand ternama untuk menjadi mitra resmi di foodspot. Beberapa mitra unggulan yang telah bergabung di 2024 antara lain:
Ichiban Sushi dan Ta Wan - Ichiban Sushi dan Ta Wan, bagian dari Eatwell Culinary Group, bergabung dengan foodspot pada 2024 setelah melihat performa positif Dapur Solo yang telah lebih dulu menjadi mitra.
Kopi Kenangan - Setelah menjadi brand kopi paling laris di layanan Non-Partner foodspot, kini resmi bergabung sebagai mitra strategis untuk memperluas penetrasi pasar korporat.
Maxx Coffee - foodspot menggandeng Maxx Coffee sebagai mitra strategis untuk menghadirkan lebih banyak pilihan minuman berkualitas bagi pelanggan korporat.
Optimalisasi Permintaan untuk Pesanan Skala Besar
Sepanjang 2024, foodspot berhasil mengeksekusi pesanan korporat berskala besar. Dalam acara Engineering Bootcamp, PT GoTo Gojek Tokopedia memilih foodspot untuk memenuhi kebutuhan konsumsinya. Acara tersebut dilaksanakan pada 12 Agustus 2024 sampai 4 Oktober 2024. Makanan yang dipesan berupa Snacks dan Meal Box hingga lebih dari Rp159 juta. Selain itu, PT GoTo Gojek Tokopedia juga mempercayakan foodspot sebagai penyedia konsumsi di acara eksternal lain hingga acara internal seperti buka bersama.
Untuk memenuhi ragamnya kebutuhan pelanggan, foodspot kini menyediakan layanan Non- Partner. Dengan layanan ini, pelanggan dapat memesan makanan dan minuman yang tidak tersedia di foodspot. Salah satu pelanggan yang memanfaatkan layanan tersebut adalah PT Prudential Life Assurance. Untuk acara Staff Town Hall, foodspot diberi kepercayaan untuk menyediakan 1500 porsi nasi kotak dari Remboelan senilai Rp96.680.500. Selain itu, PT Prudential Life Assurance juga menunjuk foodspot untuk memenuhi kebutuhan konsumsi acara Next Gen Fest 2024 pada 30 Oktober 2024. Makanan yang dipesan adalah 1500 porsi nasi kotak dari Yellow Fit Kitchen bernilai lebih dari Rp60 juta.
Solusi Kebutuhan Kustom untuk Korporat
Sebagai platform F&B yang berorientasi pada kebutuhan korporat, foodspot terus menghadirkan solusi yang disesuaikan dengan kebutuhan spesifik pelanggan. Sepanjang 2024, foodspot berhasil mengeksekusi berbagai permintaan khusus dari perusahaan besar, termasuk:
PT Wartsila Indonesia – Pada Maret 2024, foodspot menangani pengadaan alat tulis kantor (ATK) untuk PT Wartsila Indonesia dengan total nilai transaksi Rp54.333.000. Pesanan ini dikirim langsung ke kantor pusat perusahaan di Gandaria, Jakarta Selatan.
Loreal Indonesia – foodspot berkolaborasi dengan Loreal Indonesia dalam program Kita Kantin, sebuah inisiatif pemberdayaan penyandang disabilitas di lingkungan kantin perusahaan. Dalam program ini, foodspot tidak hanya menyediakan makanan dan minuman, tetapi juga bertanggung jawab atas proses rekrutmen karyawan disabilitas. Di tahun 2024, foodspot masih aktif merekrut karyawan disabilitas untuk perluasan kantin Loreal. Program ini mencerminkan komitmen foodspot dalam mendukung inklusivitas di dunia kerja.
Menyampaikan terima kasih atas pencapaian perusahaan sepanjang 2024, Ken Aoyagi, CEO foodspot mengungkapkan, "Pertumbuhan ini membuktikan semakin kuatnya kepercayaan pelanggan dan mitra terhadap foodspot. Ke depan, kami akan terus berinovasi, memperluas jangkauan layanan, dan membangun ekosistem F&B korporat yang lebih inklusif dan efisien”.
Tentang foodspot
foodspot adalah portal penyedia makanan dan minuman untuk korporat terbesar di Indonesia. Dimulai sebagai Klik-eat pada tahun 2012, foodspot menghubungkan katering UKM maupun restoran besar dengan korporat di seluruh Indonesia. foodspot secara resmi bermitra dengan berbagai restoran populer yang berlokasi di seluruh Indonesia dan dipercaya menjadi pemasok makanan dan minuman untuk pelanggan korporat terbesar di Indonesia. Saat ini, foodspot dipercaya oleh lebih dari 2000 perusahaan di Indonesia sebagai klien setia. Untuk informasi lebih lanjut, silahkan mengakses ke https://foodspot.co.id/