7 Rekomendasi Takjil Buka Puasa Favorit, Cocok untuk Acara Bukber Kantor!

7 Rekomendasi Takjil Buka Puasa Favorit, Cocok untuk Acara Bukber Kantor!

Foodspoters, tak terasa bulan Ramadan 2024 telah tiba. Saat bulan Ramadan, ada banyak sekali menu takjil untuk buka puasa. Mulai dari makanan dan minuman manis, kudapan asin hingga kudapan bersantan. Semakin banyak pilihan membuat orang semakin bingung untuk memilih. Terlebih jika menu takjil yang dipilih untuk acara bukber kantor yang dihadiri oleh orang banyak. Selain harus memilih takjil yang kemungkinan disukai semua orang, kamu juga harus memperhatikan budget yang tersedia. Untuk itu, foodspot telah mengkurasi 5 menu takjil yang bisa kamu jadikan pilihan untuk buka bersama dengan teman kantor. Yuk, simak dulu 5 rekomendasinya!

Aneka Gorengan

Via – Detik

Foodspoters, siapa sih yang bisa menolak gorengan? Meski kurang baik untuk kesehatan, menu takjil satu ini kerap jadi menu wajib saat berbuka puasa. Biasanya, gorengan dengan rasa gurih seperti bala-bala, tempe, tahu isi, dan risol bihun yang disukai banyak orang. Menu takjil ini paling cocok jika dipadu dengan minuman dingin seperti es sirup atau es buah. Selain itu, harganya juga relatif murah dan mudah didapatkan. Pas banget untuk dijadikan menu takjil untuk buka puasa bareng temen kantor. 

Lontong Isi

Via – Pomacikitchen

Lontong isi adalah salah satu menu takjil yang disukai banyak orang karena rasanya yang gurih. Karena terbuat dari beras, takjil ini cukup untuk mengganjal perut sampai ibadah tarawih selesai. Umumnya, lontong isi terbagi menjadi beberapa macam. Ada lontong isi oncom, lontong isi sayuran seperti kentang dan wortel, hingga lontong isi ayam yang biasa disebut arem-arem. Lontong paling cocok untuk dinikmati bersama gorengan dan sambal kacang. Perpaduan gurihnya lontong dan pedasnya sambal dijamin bikin semua orang ketagihan. Untuk itu, kamu bisa memilih menu takjil ini untuk acara buka bersama tanpa takut ada tamu yang tidak suka. 

Es Buah

Via – Kaskus

Setelah seharian menahan lapar dan haus, mengonsumsi minuman manis saat berbuka puasa  tentu tidak bisa terelakkan. Salah satu minuman manis yang kerap ada sebagai menu takjil berbuka adalah es buah. Sesuai namanya, es buah terdiri dari berbagai jenis buah seperti buah naga, melon, semangka, anggur, stroberi, dan kiwi yang kemudian dicampur dengan sirup, susu kental manis, dan sedikit air. Perpaduan kesegaran buah dan rasa manis dari sirup paling juara mengembalikan tenaga setelah puasa seharian. 

Kolak

Via – Kaskus

Kolak adalah takjil khas Indonesia yang paling umum ditemukan saat bulan Ramadan. Ada berbagai macam kolak yang tersedia di pasaran loh, Foodspoters. Umumnya, jenis-jenis kolak tersebut diambil dari buah utama yang digunakan seperti kolak pisang, kolak ubi, dan kolak singkong. Selain itu, terdapat juga jenis kolak lain seperti kolak biji salak yang sebenarnya terbuat dari tepung sagu dan ubi jalar, kolak kolang-kaling, dan kolak sagu mutiara. Rasa kolak yang manis dan gurih ini sangat disukai oleh lidah orang Indonesia, sangat cocok dijadikan menu takjil untuk buka puasa bersama.

Risol Mayo

Via – Antara

Risol mayo adalah salah satu camilan yang populer di Indonesia. Yang membedakan risol mayo dengan risol biasa adalah penggunaan mayonnaise sebagai salah satu bahan isian di dalamnya. Mayonnaise tersebut memberikan rasa lezat, gurih, dan tekstur creamy yang membuat risol ini menjadi camilan yang sangat disukai oleh banyak orang. Untuk itu, kamu bisa memilih risol mayo sebagai menu takjil untuk buka puasa bersama. Risol mayo yang biasa kita temukan umumnya memiliki isian ayam suwir atau campuran sosis dan telur. Namun, ada juga varian risol mayo yang lain seperti risol mayo keju, risol mayo sayuran, risol mayo daging sapi, dan lainnya. 

Es Timun Suri

Via – Haibunda

Saat bulan Ramadan, minuman segar untuk berbuka biasanya identik dengan es timun suri. Campuran buah timun suri, gula atau sirup, dan es batu memberikan kesan segar setelah seharian menahan haus. Timun suri sendiri adalah buah tropis bercita rasa manis dan segar  yang dapat melegakan tenggorokan. Untuk membuat es timun suri, biasanya timun suri dipotong-potong menjadi bagian kecil atau diparut. Selain enak dan menyegarkan, es timun suri juga dikenal memiliki banyak manfaat kesehatan, termasuk membantu menjaga tubuh tetap terhidrasi dan memberikan asupan vitamin serta mineral yang dibutuhkan oleh tubuh.

Manisan Kolang-Kaling

Via – Freepik

Foodspoters tentunya sudah familiar dengan menu takjil yang satu ini. Sesuai namanya, takjil ini terbuat dari buah kolang-kaling yang direndam dalam larutan gula hingga teksturnya menjadi kenyal. Kolang-kaling sendiri adalah buah yang berasal dari pohon aren dengan tekstur yang kenyal dan rasa yang manis alami. Dalam proses membuatnya, buah kolang kaling dikupas kulitnya terlebih dahulu kemudian direndam dalam larutan gula yang telah direbus hingga larut dan mengental. Setelah itu, manisan kolang kaling biasanya dibiarkan mengeras dan menjadi kenyal sebelum disajikan. Supaya lebih menarik, biasanya manisan ini ditambahkan sirup atau pewarna makanan. Menu takjil satu ini juga memiliki banyak manfaat kesehatan loh. Manisan kolang-kaling adalah sumber serat yang baik dan dapat membantu menjaga keseimbangan gula darah, pilihan tepat untuk buka puasa.

Nah, itulah 7 rekomendasi menu takjil favorit yang cocok untuk acara buka bersama di kantor. Harganya terjangkau dan rasanya lezat, dijamin disukai oleh tamu yang hadir. Selamat menjalakan ibadah puasa, Foodspoters. Jaga kesehatan dengan makan makanan bergizi saat sahur dan berbuka, ya!

Leave a Reply

Back To Top