6 Obat Radang Tenggorokan, Alami dan Aman!

6 Obat Radang Tenggorokan, Alami dan Aman!

6 Obat Radang Tenggorokan, Alami dan Aman!

Belakangan ini, cuaca memang sedang tidak bersahabat, Foodspoters. Bulan Oktober seharusnya menjadi awal musim hujan. Namun, hingga kini bahkan belum ada pertanda akan turun hujan di Jakarta dan daerah sekitarnya. Menurut BMKG, rata-rata suhu di Jakarta pada siang hari berkisar di 23-34 derajat Celcius. Di saat-saat seperti ini, tubuh kita sangat mudah terjangkit penyakit. Salah satu penyakit yang paling sering ditemui adalah radang tenggorokan. Selain menyebabkan rasa tidak nyaman di tenggorokan, jika sudah parah, penyakit ini juga bisa menyebabkan gejala lain seperti demam, batuk, dan pilek. Untuk itu, jika sudah mulai muncul rasa tidak nyaman dan gatal, kita harus segera mengonsumsi obat radang tenggorokan. Selain obat-obatan yang tersedia di apotek, foodspot punya rekomendasi obat radang tenggorokan alami yang aman dan dijamin ampuh. Penasaran apa saja? Yuk, simak informasinya berikut ini!

Teh Jahe

6 Obat Radang Tenggorokan, Alami dan Aman!

Campuran teh dan jahe memiliki kandungan antiinflamasi yang dapat mengurangi rasa nyeri di tenggorokan yang meradang. Selain itu, kandungan antioksidan pada teh juga dapat meningkatkan imunitas tubuh dan membantu menangkal infeksi akibat tenggorokan yang meradang. Jahe pun memiliki kandungan antiradang yang membunuh bakteri penyebab radang tenggorokan.

Teh Madu

6 Obat Radang Tenggorokan, Alami dan Aman!

Campuran teh madu dapat menjadi obat radang tenggorokan alami yang ampuh karena keduanya dapat membantu mengatasi peradangan. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, teh memiliki kandungan antioksidan yang berperan untuk menangkal infeksi. Sementara, madu memiliki kandungan penyembuh luka yang mampu menenangkan peradangan di tenggorokan. Selain ampuh, obat radang tenggorokan yang satu ini juga sangat mudah dibuat dan bahan-bahan yang digunakan sudah pasti tersedia di rumah. Kamu hanya perlu menambahkan sesendok madu pada teh hangat. Jadi, deh!

Air Lemon

Kandungan vitamin C yang cukup banyak dapat meningkatkan imunitas tubuh. Dengan meningkatnya imunitas tubuh, proses pemulihan penyakit juga akan semakin cepat. Untuk itu, perasan air lemon adalah salah satu obat radang tenggorokan alami yang dijamin ampuh. Selain itu, lemon juga mengandung astringen yang dikenal mampu meredakan peradangann atau infeksi pada tenggorokan

Larutan Garam

Dengan melarutkan garam ke dalam air, kamu bisa mendapatkan obat radang tenggorokan alami yang ampuh, lho. Larutan garam memiliki sifat antiseptik yang berguna untuk membunuh bakteri dan virus penyebab radang tenggorokan. Cara membuatnya sangat mudah, kamu hanya perlu melarutkan satu sendok teh garam ke dalam air hangat. Selanjutnya, gunakan larutan garam tersebut selama 3-4 jam sekali. Selain itu, larutan garam juga dapat membantu meluruhkan dahak dan lendir pada hidung tersumbat.

Kunyit

Zat kurkumin pada kunyit dipercaya mampu mengatasi inflamasi, termasuk menjadi obat radang tenggorokan alami. Supaya lebih praktis, kamu bisa mengonsumsi kunyit dalam bentuk bubuk ataupun kunyit yang sudah diparut. Medical News Today merekomendasikan untuk mengonsumsi 400-600 mg bubuk kunyit murni untuk mengobati peradangan.

Cuka Apel

Last but not least, ada cuka apel yang bisa kamu jadikan obat radang tenggorokan alami. Sama seperti obat-obat sebelumnya, cuka apel memiliki kandungan antiinflamasi yang dapat mengurangi peradangan di tenggorokan. Cuka apel akan membantu menghambat pertumbuhan bakteri penyebab infeksi. Gunakan campuran cuka apel dan air hangat untuk berkumur.

Nah, itulah rekomendasi 6 obat pereda radang tenggorokan yang dijamin ampuh dan aman. Bikinnya juga gampang dan anti ribet, Foodspoters. Kamu bisa menggunakan bahan-bahan yang sudah tersedia di rumahmu.


Udah tahu soal foodspot belum? foodspot merupakan portal katering terlengkap di Indonesia. Dengan foodspot, kamu bisa terhubung dengan ratusan katering rumahan dan restoran terkemuka. Kebutuhan katering besar untuk makan harian kantor, acara ulang tahun, pernikahan, atau bahkan arisan bisa disediakan oleh foodspot dalam satu kali pemesanan, lho!

Leave a Reply

Back To Top