Yakin Saladmu Cocok Buat Diet? Cek Dulu Kalori Salad Dressing-nya!

Yakin Saladmu Cocok Buat Diet? Cek Dulu Kalori Salad Dressing-nya!

Foodspoters, salad selalu jadi pilihan bagi mereka yang sedang diet atau menjalani hidup sehat. Makanan yang utamanya beris sayur atau buah ini penuh serat sehingga baik untuk kesehatanmu. Salah satu pembeda antara salad dan “sayuran” segar yang dipotong adalah sausnya. Salad dressing atau saus salad berfungsi untuk meningkatkan cita rasa, menjadikan salad sebagai menu makanan yang sehat nan lezat. Yuk, kenalan dengan salad dressing yang mudah kamu temukan disekitarmu!

Saus Salad Mayonaise

Via – Sharonang

Mayonaise merupakan saus yang paling umum untuk disajikan melengkapi salad. Selain bahan yang mudah didapat cita rasa mayonaise juga sudah umum di lidah orang Indonesia. Di samping rasanya yang lezat dan bikin ketagihan, faktanya mayonaise mengandung kalori yang cukup besar. Satu sendok mayonaise setara dengan 57 kkal dan 5 gram lemak. Jika ditakar dalam porsi, satu porsi salad dengan saus mayonaise mengandung 200 kalori. Untuk membakar kalori ini, kamu perlu berlari sejauh 2,2 kilometer, lho!

Saus Thousand Island

Via – Shopify

Selain mayonaise, kamu juga pasti udah nggak asing dengan thousand island. Rasa saus yang sedikit asam dan pedas serta warna merah dengan campuran jingga, menjadi ciri khas yang membedakan saus ini dengan mayonaise. Rasa unik tersebut lahir dari campuran mayonaise, air lemon, krim, tomat, dan saus tobasco. Dilihat dari bahan campurannya, kamu pasti tahu bahwa saus ini tinggi kalori! Satu porsi salad dengan saus thousand island mengandung 390 kalori. Untuk membakar kalori ini, kamu perlu berlari sejauh 5 kilometer, lho!

Saus Caesar

Via – Good to know

Caesar salad merupakan menu umum yang dipesan oleh orang yang sedang menjalani diet. Banyak yang memesan menu ini karena saus caesar dapat membuat rasa sayur-sayuran menjadi lebih nikmat dan memiliki cita rasa. Saus ini terbuat dari beberapa macam bahan utama, antara lain kecap inggris, kuning telur, moster, lada, dan lain-lain. Terakhir saus ini akan dicampur dengan minyak zaitun dan juga dihidangkan dengan keju. Soal rasa tentu tidak perlu ditanya. Namun, bagaimana dengan kalori? Jangan terkejut. Satu porsi salad dengan saus caesar setara dengan 590 kalori.

Jika kalori bukan masalah utama buatmu, itu berarti tidak ada salahnya mengonsumsi salad dengan ketiga saus di atas. Akan tetapi, jika kalori merupakan salah satu hal yang sedang kamu kurangi, itu artinya kamu perlu menghindari salad dengan tambahan dressing di atas. Tenang, masih ada dressing lain yang rendah kalori, yaitu minyak zaitun. Pilihan salad dressing yang satu ini kaya akan lemak tak jenuh yang dapat membantu tubuh mencerna dan menyerap gizi dari salad yang kamu konsumsi. Jadi, setelah kamu pilih saus salad yang mana, Foodspoters?

Leave a Reply

Back To Top