Cara Masak Nasi Darurat, Pakai Microwave Kantor Juga Bisa!

Cara Masak Nasi Darurat, Pakai Microwave Kantor Juga Bisa!

Nasi adalah kebutuhan dasar kita semua. Bagi sebagian besar orang Indonesia, rasanya belum kenyang kalau belum makan nasi. Meski sudah makan mie dua piring, tanpa sepiring nasi kenyangnya mungkin cuma bertahan 10 menit! Setuju, kan, Foodspoters? Nah, ngomongin soal nasi, kamu sudah tahu soal cara masak nasi di panci atau microwave belum?

Kalau belum, segera simak informasi berikut hingga tuntas, deh! Cara termudah masak nasi bisa dilakukan dengan bantuan rice cooker. Tinggal masukkan beras dan air sesuai takaran, tutup, dan tunggu hingga matang. Akan tetapi, gimana kalau rice cooker sedang tidak bisa digunakan? Entah karena rusak, hilang, mati lampu, sedang berkemah, di kantor, dan sederet alasan darurat lain. Tentu saja masak di kompor dan microwave solusinya!

Tidak perlu merasa heran dengan cara masak nasi di panci. Pasalnya, teknik ini sudah diterapkan sejak dulu kala, sejak rice cooker belum ada! Tekniknya sendiri ada 2, yakni teknik aron dan kastrol. 

Teknik Aron: Nasi Tidak Mudah Basi

Teknik aron ini sudah ada dan digunakan turun temurun sejak zaman dahulu kala dan masih digunakan di sejumlah wilayah. Dengan teknik aron, nasi akan dimasak bersama air hingga setengah matang dan dikukus hingga matang. Kunci keberhasilan cara masak nasi di panci yang satu ini ada pada takaran air yang pas. 

Air yang digunakan harus lebih tinggi satu ruas jadi dari permukaan beras. Pastikan jumlah airnya benar-benar pas, ya! Jangan sampai kelebihan atau justu kekurangan. Soalnya, kalau kelebihan air nasi akan jadi lembek. Sebaliknya, kalau kekurangan air, nasinya tidak akan matang sempurna. 

Untuk mencoba teknik aron, kamu memerlukan dua panci. Satu wajan untuk mengaduk beras dan air, dan satu panci kukusan untuk mengukus nasi. 

Sebelum memasak, cuci beras terlebih dahulu dan rendam dengan air selama 10 menit. Setelah direndam, masak beras dan air dengan api sedang hingga airnya meresap. Jangan lupa aduk beras sesekali agar tidak lengket dan gosong. 

Sementara menunggu, panaskan kukusan terlebih dahulu. Setelah airnya tiris atau sudah setengah matang, pindahkan beras ke dalam kukusan. Tutup kukusan hingga rapat dan kukus nasi hingga matang, kurang lebih 30 hingga 45 menit. 

Teknik Castrol: Matang Tanpa Ribet!

Pecinta resep makanan korea atau penonton drama korea mungkin sering melihat teknik yang satu ini. Berbeda dari teknik sebelumnya, cara masak nasi di panci yang satu ini hanya memerlukan satu alat saja, yakni panci kastrol. 

Panci kastrol merupakan panci khusus yang sering digunakan untuk memasak nasi liwet. Akan tetapi, jika tidak ada panci kastrol, kamu bisa menggantinya dengan panci berat bertutup rapat. Hindari penggunaan panci yang tipis karena akan cepat gosong. Kamu tentu tidak ingin nasi putih kesayangan berubah jadi pahit dan hitam, kan?

Sebelum memasak, cuci beras terlebih dahulu dan rendam selama 1 jam. Mengapa perlu direndam lebih lama? Tujuannya agar nasi menjadi lebih pulen, lebih cepat matang, dan menghasilkan rasa yang lebih enak. Setelah selesai, masukan beras dan air ke dalam panci. Masak dengan api kecil hingga matang. 

Cara Masak Nasi di Microwave

Opsi terakhir ini mungkin cocok untuk dicoba di kantor yang punya fasilitas microwave. Untuk memasak nasi di microwave, kamu tidak memerlukan teknik khusus. Kuncinya hanya ada pada beras yang direndam dan ketepatan mengatur waktu dalam proses masak. 

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, beras direndam terlebih dahulu dengan tujuan mempercepat waktu masak. Sebagai panduan, waktu memasak dalam microwave berdaya 700 watt adalah: 9 menit untuk ½ cangkir beras, 12 menit untuk ¾ cangkir beras, 16 menit untuk 1 cangkir beras, 20 menit untuk 1 ¼ cangkir beras, dan 24 menit untuk 1 ½ cangkir beras. 

Untuk memasak, siapkan wadah tahan panas bertutup. Pastikan tutup wadah pilihanmu juga tahan panas, ya! Jangan sampai tutupnya jadi meleleh. Masukkan beras yang sudah direndam dan tambahkan air sesuai takaran. Untuk 1 cangkir beras, jumlah air yang disarankan adalah sebanyak 2 cangkir, dan begitu seterusnya. 

Setelah itu, tutup wadah dan masukkan ke microwave. Atur waktu masak sesuai rekomendasi. Bila sudah selesai, tunggu dan diamkan wadah di dalam microwave selama 5 menit. Keluarkan wadah dan aduk nasi perlahan hingga merata. Cicipi nasi terlebih dahulu. Jika belum matang, masukkan lagi ke microwave dan atur waktu selama 4 menit. 


Nah, itu dia cara memasak nasi di panci dan microwave yang tepat. Diingat baik-baik, ya, langkah-langkahnya supaya bisa membantumu dalam keadaan darurat. Jadi saat mati lampu atau saat darurat di kantor, urusan nasi tetap aman! Selamat mencoba!


Udah tahu soal foodspot belum? foodspot merupakan portal katering terlengkap di Indonesia. Dengan foodspot, kamu bisa terhubung dengan ratusan katering rumahan dan restoran terkemuka. Kebutuhan katering besar untuk makan harian kantor, acara ulang tahun, pernikahan, atau bahkan arisan bisa disediakan oleh foodspot dalam satu kali pemesanan, lho!

Leave a Reply

Back To Top