Beda Nama, Beda Rasa: Yuk, Kenali Jenis-jenis Roti Berikut!

Beda Nama, Beda Rasa: Yuk, Kenali Jenis-jenis Roti Berikut!

Setiap kali memasuki toko roti, kamu pasti akan dihadapkan dengan jenis-jenis roti yang beragam. Nggak cuma pilihan isi atau topping-nya aja yang bermacam-macam, nama rotinya juga beda-beda meski terlihat sama! Sebut saja baguette, cibatta, dan sourdough. Ketiga roti ini sering kali digunakan sebagai bahan utama sandwich, lho! Lalu, apa sih beda jenis-jenis roti ini? Yuk, kenalan dulu!

1. Sourdough

Via – Carolines Cooking

Sering lihat sourdough dalam menu? Roti yang berasal dari Mesir dan sudah dikenal sejak 1500 SM ini memang enak banget! Selain bisa diolah menjadi bahan dasar sandwich, sourdough juga enak dimakan langsung dalam kondisi hangat. Letak keunikan roti ini ada pada rasa asamnya. Rasa ini tercipta dari fermentasi yang dilakukan saat pembuatannya.

Berdasarkan pembuatannya, roti ini dinobatkan sebagai roti terbaik yang bisa dikonsumsi, lho! Kenapa? Soalnya, proses fermentasi sourdough menggunakan bakteri alami dan ragi liar. Fermentasi ini menjadikan sourdough kaya akan probiotik dan meningkatkan kesehatan usus. Pokoknya, kalau rotinya ada rasa asam, berarti itu sourdough, ya!

2. Baguette 

Via – Epicurious

Roti asal Prancis ini terkenal dengan bentuknya yang panjang. Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat baguette, antara lain tepung terigu, air, ragi, dan garam. Untuk membuatnya, adonan harus didiamkan semalaman sebelum dipanggang dengan suhu 200 derajat celcius. Saat warnanya sudah kecokelatan dan wangi roti mulai semerbak, itu tandanya baguette sudah matang sempurna.

Beda dari sourdough yang asam, rasa baguette cenderung tawar dengan sedikit rasa gurih. Umumnya baguette diolah sebelum dikonsumsi karena teksturnya terbilang keras. Saat kamu melihat sandwich dengan roti panjang seperti stik atau roti berpotongan oval dengan tekstur renyah dengan rasa sedikit gurih, itu kemungkinan besar baguette!

3. Ciabatta

Via – Bigger Bolder Baking

Roti asal Italia ini termasuk roti yang sering digunakan untuk sandwich. Sekilas, ada beberapa ciabatta yang potongannya mungkin terlihat seperti sourdough, tapi rasanya jauh berbeda. Ciabatta sama sekali tidak asam, rasanya justru gurih, renyah, dan wangi karena mengandung minyak zaitun. Tekstur roti ini renyah di permukaan dan lembut di bagian dalam.

Nah, udah tahu perbedaan 3 jenis-jenis roti yang sering dijadikan sandwich, kan? Kamu udah pernah nyobaik ketiganya belum, Foodspoters? Kalau sudah, roti favoritmu yang mana?


Udah tahu soal foodspot belum? foodspot merupakan portal katering terlengkap di Indonesia. Dengan foodspot, kamu bisa terhubung dengan ratusan katering rumahan dan restoran terkemuka. Kebutuhan katering besar untuk makan harian kantor, acara ulang tahun, pernikahan, atau bahkan arisan bisa disediakan oleh foodspot dalam satu kali pemesanan, lho! 

Leave a Reply

Back To Top