Ngaku Pencinta Dim Sum? Yuk, Kenali Jenis dan Macam Dim Sum Populer di Indonesia

Ngaku Pencinta Dim Sum? Yuk, Kenali Jenis dan Macam Dim Sum Populer di Indonesia

Kamu seorang pencinta Dim Sum, Foodspoters? Emang, sih, sangat sulit menolak lezatnya makanan satu ini. Hadir dengan porsi yang kecil memang pas sebagai makanan ringan, meskipun, menyantap dim sum sebagai hidangan utama juga bukan hal yang buruk. Selain porsinya yang kecil, keunikan dim sum terletak pada jenis dan macam dim sum yang sangat banyak. Di tambah lagi bentuk dan tampilannya yang cukup mirip, pasti akan membuat kamu bingung untuk memilih dim sum apa yang akan di makan. Maksud hati ingin menyantap dim sum yang lezat, kamu justru dipusingkan dengan jenis dan macamnya. Tenang, Foodspoters, untuk membantu kamu, yuk, kenali jenis dan macam dim sum.

Siu Mai

Via – SBS

Kalau jenis dim sum yang satu ini mungkin banyak dari kamu yang sudah tahu. Siu Mai berbetuk bulat meninggi seperti tabung, berisi olahan daging ayam dan udang, dengan parutan wortel di atasnya. Tekstur yang kenyal bertemu dengan kulit pangsit yang lembut mengahasilkan satu makanan yang sangat menggugah untuk disantap.

Xiao Long Bao

via – timeout

Jika sui mai adalah salah satu dim sum favorit kamu, bisa dipastikan kamu juga akan suka dengan dim sum satu ini, Foodspoters. Xiao Long Bao adalah jenis dim sum kukus sama seperti siu mai. Perbedaannya, xiao long bao berbentuk bulat dan lebih tertutup. Isianya juga sama. Berisi daging ayam dan udang atau kepiting.

Jiaozi

via – the spurce eat

Pernah mendengar nama Dumplings, Foodspoter? Jiaozi atau biasa dikenal dengan nama Dumplings, adalah salah satu jenis dim sum dengan isian daging ayam dan ikan. Sekilas mirip dengan xiao long bao, namun berbentuk memanjang dan memiliki cubitan-cubitan seperti kerang. Cubitan-cubitan ini terbentuk ketika proses membungkus olahan daging dengan kulit dumplings. Jiaozi sendiri memiliki beberapa jenis, seperti shui jiao atau suikiaw yang direbus, tau guotie yang di panggang.

Har Gow

Via – Dumpling Time

Kali ini ada jenis dim sum yang punya kulit tipis. Saking tipisnya, kulit dim sum ini hampir transparan, lho, Foodspoters. Yuk, kenalan dengan har gow! Selain kulitnya yang tipis, har gow atau yang biasa disebut hakaw juga juga punya keistimewaan karena bentuknya yang mirip dengan kerang. Rasanya yang asin dan gurih, dipadu dengan kulit tipis namun kenyal, membuat dim sum satu ini punya cita rasa yang unik di lidah.

Itu dia, Foodspoters, dim sum yang populer yang wajib kamu tahu sebagai pecinta dim sum. Favorit kamu yang mana, Foodspoters?

Leave a Reply

Back To Top