Kreasi Masakan Telur yang Mudah Dibuat

Kreasi Masakan Telur yang Mudah Dibuat

Kreasi Masakan Telur yang Mudah Dibuat

Bosan dengan pilihan lauk yang nggak jauh-jauh dari menu ayam atau daging sapi? Foodspoters, sadar nggak? Kalau selain daging ayam dan sapi, telur juga bisa jadi pilihan lauk, lho! Telur adalah salah satu sumber protein yang juga kaya akan nutrisi lain seperti lemak, vitamin dan mineral. Selain bergizi, harganya pun relatif lebih murah dibanding daging ayam atau sapi. Namun, masih ada beberapa orang yang mengeliminasi masakan telur sebagai pilihan lauknya. Biasanya karena anggapan bahwa olahan telur tak senikmat olahan daging ayam dan daging sapi atau bosan dengan cara memasaknya. Contohnya, masakan telur yang biasa kita jumpai adalah telur dadar dan telur ceplok. Padahal, ada banyak kreasi masakan telur yang simpel dan jauh dari kata ngebosenin, lho. Yuk, simak dulu kreasi masakan telur yang mudah dibuat dan dijamin enak berikut ini!

Poached Eggs

Bahan-bahan yang Harus Disiapkan:
4 butir telur ayam
1 sendok makan cuka
Air

Cara Membuat:
Pertama-tama, panaskan air secukupnya di atas panci anti lengket dengan menggunakan api besar. Setelah panas, tambahkan cuka ke dalamnya. Pecahkan telur secara hati-hati ke dalam gelas atau mangkuk kecil. Bagian terpenting dari membuat poached eggs adalah jangan langsung memecahkan telur ke dalam panci. Tempelkan gelas atau mangkuk ke dalam air mendidih dan tuang telur secara perlahan. Masak telur selama 4 sampai 6 menit sesuai dengan tingkat kematangan yang diinginkan. Setelah itu, matikan kompor dan angkat telur dengan menggunakan sendok berlubang untuk menghindari adanya air yang terbawa. Masukkan telur tersebut ke dalam wadah berisi air es sampai telur dingin dan terbentuk sempurna. Angkat telur dari wadah tersebut dan poached eggs siap dihidangkan. 

Mushroom Spinach Baked Eggs

Bahan-bahan:
5 butir telur ayam
6 potong potato bread yang sudah dipanggang
5 ons baby spinach
1 bawang bombay cincang
200 gram jamur putih iris
2 sendok makan minyak zaitun
Garam dan lada bubuk
½  cangkir susu murni
¾ cangkir keju parut

Cara Membuat:
Pertama, panaskan minyak zaitun dalam wajan besar dengan menggunakan api sedang. Kemudian, tumis bawang bombay sampai berwarna kecoklatan. Tambahkan jamur ke dalam panci dan masak sampai kecoklatan selama 4 menit. Sambil diaduk, tambahkan garam dan lada. Setelah itu, masak baby spinach sampai layu selama kurang lebih 2 menit, angkat dan sisihkan. Olesi loyang ukuran sedang dengan minyak zaitun. Kemudian, atur roti di atas loyang dalam satu lapisan dengan posisi ujung roti yang sedikit bertumpang tindih. Tambahkan campuran jamur dan bayam di atas roti dan dinginkan semalaman. Setelah siap, panaskan oven hingga 170 derajat Celcius. Sebelum dipanggang, pecahkan telur ke setiap potongan roti dan tambahkan merica dan garam di atasnya. Tuang susu secara merata dan taburi keju atasnya. Kemudian, panggang selama 25 hingga 30 menit dan Mushroom-Spinach Baked Eggs siap dihidangkan!

Sour Cream Scrambled Eggs

Bahan-bahan:
2 butir telur ayam
1 sendok makan sour cream
Garam dan lada bubuk
1 sendok teh mentega
2 batang daun bawang cincang

Cara Membuat:
Campurkan sour cream dan telur dalam wadah kecil. Taburi garam dan lada bubuk, kemudian aduk hingga rata. Lelehkan mentega dalam wajan anti lengket di atas api sedang. Setelah itu, tambahkan telur ke dalam wajan dan orak arik perlahan. Setelah matang, angkat dan taburi dengan daung bawang. Jadi, deh!

Nah, itulah 3 kreasi masakan telur ala foodspot. Ketiga kreasi masakan telur tersebut udah pasti mudah dibuat dan dijamin enak. Dari ketiganya, mana yang akan Foodspoters terapin buat jadi menu lauk hari ini?


Udah tahu soal foodspot belum? foodspot merupakan portal katering terlengkap di Indonesia. Dengan foodspot, kamu bisa terhubung dengan ratusan katering rumahan dan restoran terkemuka. Kebutuhan katering besar untuk makan harian kantor, acara ulang tahun, pernikahan, atau bahkan arisan bisa disediakan oleh foodspot dalam satu kali pemesanan, lho!

Leave a Reply

Back To Top