5 Makanan Khas Solo yang Wajib Kamu Coba!

5 Makanan Khas Solo yang Wajib Kamu Coba!

5 Makanan Khas Solo yang Wajib Kamu Coba!

Siapa di sini yang nggak bisa move on dari makanan khas Solo? Banyak alasan kenapa Solo jadi destinasi favorit bagi banyak orang untuk berlibur. Masyarakatnya terkenal dengan keramah tamahannya dan memiliki ragam warisan budaya yang menarik. Mulai dari kerajinan batiknya sampai festival-festival memukau seperti Solo Batik Carnival dan Solo International Performing Art.

Selain itu, Solo pun memiliki banyak tempat wisata yang akan memberikan pengalaman menyenangkan yang tak terlupakan. Mulai dari tempat wisata ikonik seperti Kampoeng Batik Kauman sampai yang paling terkenal seperti Ngarsopuro Solo. Last but not least, ada begitu banyak makanan khas Solo yang bikin para pelancong balik lagi ke Solo untuk kembali mencicipinya. Makanan khas Solo punya cita rasa yang khas dan menggugah selera. Mau tahu makanan khas Solo apa saja yang paling enak dan terkenal? Yuk, simak dulu 5 makanan khas Solo yang wajib kamu coba berikut ini!

Nasi Liwet

Nasi Liwet, Makanan Khas Solo yang Wajib Kamu Coba!
Via – Kompas.com

Makanan khas Solo pertama yang wajib kamu cobain adalah nasi liwet. Nasi liwet dimasak dengan cara diaron dengan menggunakan panci liwet. Bahan-bahan yang wajib ditambahkan adalah santan, daun salam dan sereh. Salah satu hal yang menjadi kunci dalam memasak nasi liwet adalah penggunaan api pada saat proses memasak. Ketika sudah mendidih, api harus dikecilkan sambil sesekali diaduk sampai matang. Umumnya, nasi liwet disajikan bersama dengan ayam suwir, telur pindang, sayur labu siam dan kuah areh. Areh sendiri adalah kuah santan pekat yang dimasak lebih lama hingga mengeluarkan minyak. Perpaduan nasi dan areh yang gurih bersama dengan lauk yang nikmat menjadikan nasi liwet ini sebagai makanan khas Solo terfavorit.

Timlo

Timlo, Makanan Khas Solo yang Wajib Kamu Coba!
Via – Tastemade

Timlo adalah makanan khas Solo berupa sup ayam kuah yang memiliki isian berupa telur pindang, sosis solo, hati, dan ampela ayam. Makanan tradisional ini merupakan makanan adaptasi kuliner China yang khas menggunakan ayam kampung dan berkuah bening. Ayam kampung yang digunakan biasanya adalah ayam kampung gemuk yang dimasak dengan api kecil agar kaldu gurihnya dapat keluar dengan sempurna. Perpaduan kuliner China dan Jawa yang nikmat dan unik ini menjadikan Timlo sebagai salah satu makanan khas Solo yang paling terkenal.

Sate Kere

Sate Kere, Makanan Khas Solo yang Wajib Kamu Coba!
Via – Masak Apa Hari Ini

Foodspoters, familiar dengan makanan khas Solo bernama sate kere? Sate kere berarti sate untuk orang-orang berkekurangan karena menggunakan bahan sisaan berupa tempe gembus sebagai bahan bakunya. Tempe gembus sendiri terbuat dari ampas kedelai yang sudah diolah. Pada zaman penjajahan Belanda, daging ayam dan daging kambing yang umum dijadikan bahan baku sangatlah mahal. Hal ini menyebabkan rakyat pribumi memutar otak dan pada akhirnya mengganti bahan baku daging tersebut dengan ampas kedelai. Meski terbuat dari bahan sisaan, kini sate kere menjadi salah satu incaran wisatawan saat berkunjung ke Solo. 

Tongseng Kambing

Tongseng Kambing, Makanan Khas Solo yang Wajib Kamu Coba!
Via – Detik Food

Ngacung yang suka banget sama tongseng kambing khas Solo? Tongseng menjadi favorit semua orang karena bercita rasa unik dan lezat. Tongseng khas Solo dikenal identik dengan rempah yang kuat dan memiliki cita rasa gurih dan sedikit manis. Makanan berkuah santan ini terinspirasi oleh kuliner Timur Tengah. Nggak perlu berkunjung ke Solo jika ingin mencicipi makanan favorit semua orang ini. Karena kini tongseng yang lezat sudah banyak tersedia di mana pun, lho. Salah satu restoran yang menyediakan tongseng enak adalah Sate Tongseng Solo Pak Ghendut.

Sosis Solo

Sosis Solo, Makanan Khas Solo yang Wajib Kamu Coba!
Via – Jowonews

Last but not least, here we have sosis solo yang wajib kamu coba. Kenapa kamu harus cobain sosis solo seenggaknya sekali dalam hidup? Karena, berbeda dengan hidangan sosis lainnya, sosis solo ini terbuat dari suwiran daging ayam atau sapi yang dibungkus dengan dadar dan telur. Konon katanya, sosis solo ini merupakan adaptasi dari sosis Belanda yang diselaraskan dengan gaya masakan lokal. Perpaduan suwiran ayam dengan bumbu gurih dan kulitnya yang mirip lumpia menjadikan sosis solo sebagai incaran.

Foodspoters, itulah 5 makanan khas Solo yang wajib kamu coba ala foodspot. Dari keenamnya, yang mana yang jadi favoritmu? Kalau favorit minspot sih menu 1 yang bercita rasa khas dan enak banget!


Udah tahu soal foodspot belum? foodspot merupakan portal katering terlengkap di Indonesia. Dengan foodspot, kamu bisa terhubung dengan ratusan katering rumahan dan restoran terkemuka. Kebutuhan katering besar untuk makan harian kantor, acara ulang tahun, pernikahan, atau bahkan arisan bisa disediakan oleh foodspot dalam satu kali pemesanan, lho!

Leave a Reply

Back To Top