5 Minuman Pengusir Kantuk yang Lebih Sehat dari Kopi

5 Minuman Pengusir Kantuk yang Lebih Sehat dari Kopi

Foodspoters, apa yang terlintas di benak kamu saat terserang kantuk di siang bolong? Pasti banyak di antara kamu akan menjawab ngopi”. Namun, bagaimana kalau kamu sedang mengurangi jatah minum kopi karena alasan kesehatan? Bagi sebagian orang, minum kopi merupakan hal yang sebaiknya dihindari, lho. Misalnya bagi penderita darah tinggi, maag, atau pun ibu hamil, minum kopi justru akan membuat tubuh kurang nyaman. Kalau sudah begitu, alih-alih menghilangkan kantuk dan bisa lanjut bekerja, kamu justru harus pulang lebih awal karena sakit. Kalau begitu kondisinya, kira-kira apa yang akan kamu lakukan, Foodspoters? Kamu nggak perlu bingung, soalnya masih banyak minuman pengusir kantuk lainnya, kok. Penasaran apa aja? Berikut 5 alternatif pengganti kopi untuk mengusir kantuk.

1. Yogurt

via – Life Of Pix

Selain untuk melancarkan pencernaan, minuman yang satu ini ternyata bisa dimanfaatkan sebagai obat kantuk, lho, Foodspoters. Sensasi rasa asam dari yogurt akan membuat kamu merasa lebih fresh. Nggak hanya itu, kandungan protein dari yogurt dapat menghilangkan rasa lelah dan membuat tubuh kamu lebih rileks.

2. Es Krim

via – David Disponett

Nggak hanya yogurt yang asam, manisnya es krim juga bisa jadi obat kantuk yang tepat. Rasa dingin yang masuk ke mulut akan seketika membuat kamu lebih segar. Selain itu, dinginnya es krim di siang hari yang panas juga bagus untuk mendinginkan suhu tubuh, lho. Kantuk hilang, pikiran pastinya jadi lebih senang.

3. Air Es

via – detik.com

Foodspoters, 80% tubuh kamu terdiri dari air. Saat kurangan minum air, tubuh kamu akan mengalami dehidrasi. Dehidrasi inilah yang menyebabkan kamu menjadi lemas dan mudah mengantuk. Mengonsumsi air putih akan membantu mengembalikan kadar air dalam tubuh kamu dan mengusir rasa kantuk.

4. Teh

Via – Lybrate

Minuman satu ini sangat sering disandingkan dengan kopi karena sama-sama mengandung kafein. Bedanya, teh miliki kadar kafein yang lebih rendah sehingga dapat dijadikan alternatif pengganti kopi. Selain itu, teh juga lebih fleksibel untuk dicampur dengan bahan makanan lain seperti susu, kunyit, cengkeh, kayu manis, jahe, gingseng, dan madu. Selain memberikan varian rasa yang unik, kamu juga memperoleh nutrisi dari bahan makanan yang dicampurkan.

5. Coklat Panas

Via – Caroline’s Cooking

Siapa sih yang nggak suka cokelat panas, Foodspoters? Minuman yang satu ini berbahan dasar kokoa yang dikenal mengandung kafein. Kandungan kafein dalam segelas cokelat panas bergantung pada seberapa banyak kokoa di dalamnya. Oleh karena itu, cokelat bisa jadi salah satu minuman penghilang kantuk. Cokelat panas juga mengandung endorfin yang akan memberi tambahan energi dan dipercaya dapat meningkatkan mood.

Nah, itu dia 5 minuman pengusir kantuk yang bisa kamu coba saat sedang menjauhi kopi. Andalan kamu yang mana, Foodspoters?

Leave a Reply

Back To Top