4 Fakta Menarik Rendang, Si Gurih yang Bikin Nendang

4 Fakta Menarik Rendang, Si Gurih yang Bikin Nendang

Foodspoters, Indonesia kaya akan kuliner. Dari Sabang hingga Merauke, terhampar cita rasa yang khas nan unik dari tiap-tiap daerah. Sangking lezatnya, beberapa makanan khas tanah air bahkan sudah dikenal hingga ke luar negeri, lho. Nah, salah satu dari makanan yang harum namanya hingga ke belahan dunia lain adalah rendang. Kamu pasti udah nggak asing dengan makanan khas Sumatra Barat yang satu ini, kan? Nah, kalau dari rasa hingga bentuknya masih lekat dengan ingatan, gimana dengan fakta-fakta uniknya? Dibalik rasanya yang lezat, Rendang ternyata punya fakta menarik, lho. Mulai nama asli, jenis-jenisnya, hingga prestasi yang membanggakan dari makanan khas satu ini. Penasaran, Foodspoters? Coba cek 4 fakta menarik rendang berikut.

1.  Nama Aslinya adalah Randang

via – Gofood

Fakta menarik rendang yang  pertama, nama aslinya. Sebenarnya, nama asli rendang adalah randang, bukan rendang. Nama randang ini diambil dari merandang yang artinya proses memasak makanan dengan waktu yang sangat lama dan memiliki banyak tahap. Untuk menjadi sebuah rendang, bahan makan harus dimasak dengan waktu yang sangat lama. Lama memasaknya bisa mencapai waktu 8 jam, lho! Dalam kurun waktu 8 jam tersebut, rendang akan melewati tiga fase pemasakan. Fase pertama disebut gulai, yaitu ketika kuah santan masih bertekstur cair. Fase kedua disebut kalio, yaitu saat kuah santal sudah mulai mengental. Fase ketiga atau terakhir barulah disebut rendang, yaitu jika kuah sudah kering dan nggak lagi bertekstur cairan.

2. Menjadi Makanan Terenak No.1 Sedunia

via – unileverfoodsolution

Ternyata kelezatan rendang nggak hanya terkenal di Indonesia saja, lho, Foodspoters. Menurut survei dari CNN Internasional pada 2011, rendang menduduki peringkat pertama dalam World’s 50 Delicious Food. Dalam survei tersebut, rendang mengalahkan berbagai makanan dari negara-negara lain, sepertu sushi dari Jepang, pad thai dari Thailand, peking duck dari China, dan masih banyak lagi. Prestasi ini menunjukkan bahwa kelezatan rendang ternyata pas untuk lidah semua orang, bahkan hingga diakui oleh masyarakat dari belahan dunia lainnya.

3. Tahan Hingga Berminggu-minggu

via – Bukalapak

Sejak dahulu kala, masyarakat Sumatra Barat dikenal sebagai masyarakat yang gemar berpergian, baik untuk merantau atau untuk beribadah. Di masa itu, sudah tentu transportasi yang ada belum sebaik sekarang. Alhasil, durasi perjalanan yang ditempuh memakan waktu yang sangat lama. Untuk itu, dibutuhkan makanan yang bisa awet dan tahan lama sebagai bekal. Rendang merupakan salah satu makanan termasuk dalam kategori ini. Jika dimasak hingga kering, rendang dapat bertahan hingga berminggu-minggu dalam suhu ruangan, lho. Bahkan, semakin lama rendang disimpan, rasanya akan semakin enak! Jadi, nggak perlu ragu untuk simpan rendang dari nasi kotakmu ya, Foodspoters. Ingat, yang tahan lama hanya rendangnya saja, bukan lauk tambahan lainnya.

4. Punya Berbagai Macam Varian

via – Omiyago

Nggak hanya terbuat dari daging sapi, rendang juga memiliki berbagai varian, lho, Foodspoters. Beberapa di antaranya rendang telur, rendang ayam, rendang bebek, redang ikan, dan rendang sayur dengan isian pakis. Varian rendang ini muncul karena adanya alasan unik, yaitu berdasarkan demografi masyarakat setempat. Misalnya saja, rendang ikan yang populer di daerah pesisir pantai. Lalu, rendang sapi yang populer di daerah pegunungan.

Itu dia, Foodspoters, 4 fakta menarik dari rendang. Fakta nomor berapa yang baru kamu tahu?

Leave a Reply

Back To Top