Lezat dan Unik, 4 Ragam Bakso Indonesia ini Wajib Banget Kamu Coba!

Lezat dan Unik, 4 Ragam Bakso Indonesia ini Wajib Banget Kamu Coba!

Foodspoters, makanan apa yang terbuat dari daging cincang dan tepung, dan berbentuk bulat? Yup, bakso! Siapa sih orang Indonesia yang nggak suka makanan satu ini? Dengan kuah panasnya, bakso lekat dengan julukan penantang terkuat mie instan kuah di kala hujan. Meskipun hujan menghalau untuk keluar rumah dan membuat bakso sendiri tentu merepotkan, kamu tetap bisa menyantap semangkok bakso dengan mudah, lho. Hanya perlu membuka aplikasi foodspot di gawai kamu, semangkok bakso yang lezat sudah bisa kamu nikmati bersama keluarga atau teman tersayang. Ngomongin soal bakso, tahukah kamu kalau ragam bakso Indonesia itu banyak banget!

Nggak usah heran, tanah air kita memang terkenal dengan kekayaan kulinernya. Mulai dari bakso khas daerah seperti Malang, Solo dan Karimunjawa, hingga bakso unik dengan ukuran yang super besar. Penasaran apa saja keunikan bakso-bakso tersebut? Berikut 4 ragam bakso Indonesia yang unik nan lezat yang wajib kamu coba.

1. Bakso Malang

Via – Pegi Pegi

Bagi kota Malang, bakso adalah makanan yang sangat ikonik. Saking ikoniknya, Malang punya versi bakso sendiri yang berbeda dengan bakso lain. Bakso Malang identik dengan variasi baksonya yang sangat beragam. Seperti ukuran bakso yang berukuran besar dan kecil, juga tekstur bakso yang halus dan kasar. Nggak cuma itu, variasi pelengkap baksonya juga beragam. Sebut saja 2 variasi tahu (putih dan kuning), 2 variasi mie (bihun dan kuning), dan 4 variasi pangisit (rebus, goreng kotak, bulat dan panjang).

2. Bakso Solo

via – doktersehat

Jika bakso malang memiliki banyak variasi, bakso solo tampil lebih sederhana. Semangkok bakso solo hadir dengan 3 varian bakso (bakso polos, bakso isi daging cincang, dan bakso isi telur puyuh). Pelengkapnya pun juga tidak beragam, hanya mie kuning, bihun, seledri, bawang goreng dan kuah. Namun jangan pandang remeh dulu, Foodspotes! Di balik kesederhanaannya, rasa yang ditawarkan sangat mewah dana khas. Hal tersebut berkat tekstur bakso yang lembut dan kenyal, juga kuah bakso yang bening namun memiliki rasa kaldu sapi yang kuat.

3. Bakso Tenis

via – mesinbakso.id

Pernah lihat atau memegang bola tenis, Foodspoters? Sekarang bayangkan sebuah bakso yang berukuran sebesar itu. Seperti itulah ukuran dari bakso ini. Daya tarik utama bakso tenis memang terletak pada ukurannya yang terbilang besar, sebesar bola tenis. Kenapa bisa sebesar itu, ya? Ukuran itu didapat dari isian telur ayam utuh di dalamnya. Ukuran yang besar dengan isian telurnya itu membuat seporsi bakso ini terasa pas, mengenyangkan namun nggak berlebihan.

4. Bakso Karimunjawa

Via – WIsataKu.ID

Selain punya pemandangan bawah laut yang menawan, Karimunjawa juga punya kuliner bakso yang khas, lho, Foodspoters. Jika bakso lainnya menggunakan daging sapi sebagai bahan utama, bakso khas Karimunjawa menggunakan ikan ekor kuning yang mudah ditemukan di perairan setempat. Hasil olahan tersebut menghasilkan bakso berwarna putih dengan tekstur sedikit kasar dengan cita rasa lembut nan kenyal.

Itu dia, 4 ragam bakso Indonesia yang nggak cuma unik, tapi juga lezat. Sudah pernah coba semuanya, Foodpoters? Yang mana favorit kamu?

Leave a Reply

Back To Top