Serupa Tapi Tak Sama, Ini Perbedaan Soto dan Coto

Serupa Tapi Tak Sama, Ini Perbedaan Soto dan Coto

Sudah pernah mencicipi 2 makanan ini Foodspoters? Atau justruh kedua makanan ini adalah makanan favorit kamu? Memang, 2 makanan ini memiliki banyak persamaan. Keduanya memiliki kuah dengan sensasi tersendiri ketika disantap. Cocok untuk menyegarkan tubuh di saat panas terik, atau sebagai penghangat tubuh saat hujan datang. Selain itu, 2 makanan ini juga punya karakter rasa yang nggak akan kamu temukan di makanan lain. Hal ini tentu membuat Soto dan Coto punya penggemar setia yang akan selalu rindu dengan cita rasanya. Namun, meski 2 makanan ini memiliki banyak kesaamaan, Soto dan Coto juga punya perbedaan yang cukup mencolok, lho, Foodspoters. Kamu sudah tahu apa saja bedanya? Kalau belum, simak perbedaan Soto dan Coto berikut.

Warna

via – Unilever Food Solution

Perbedaan yang langsung bisa kamu sadari saat menyandingkan dua makanan ini adalah warna kuahnya. Kuah soto berwarna kuning terang, sedangkan coto cenderung gelap dan sedikit hitam. Hal ini disebabkan oleh penggunaan bahan yang berbeda. Soto dikenal menggunakan kunyit sebagai bumbu masakan. Kunyit ini lah yang menjadi asal warna kuning pada soto. Sedangkan pada coto, absennya kunyit dan penggunaan bahan lain seperti kacang tanah goreng dan tauco menjadikan kuah gurih makanan ini berwarna lebih gelap.

Bahan

Via – Cermati.com

Perbedaan bahan soto dan coto ternyata nggak hanya kunyit dan kacang tanah, lho, Foodspoters. Soto membutuhkan bahan dasar seperti jahe, kunyit, kemiri, lengkuas, daun salam, dan daun jeruk. Sedangkan pada coto terdapat kacang tanah, jinten, tauco, daun bawang, bawang bombay, jeruk nipis, dan serai. Perbedaan bahan ini tentu akan memberikan kamu sensasi yang berbeda ketika menyantap 2 kudapan ini.

Penyajian

via – primarasa

Meskipun keduanya merupakan makanan berkuah, namun keduanya memiliki cara penyajian yang berbeda. Penyajian di sini bukan wadah yang digunakan, ya, Foodspoters. Melainkan makanan pendamping yang datang saat kamu memesan semangkuk soto atau coto makasar. Soto pada umumnya akan datang bersama dengan nasi putih. Di beberapa daerah, nasi putih yang akan kamu dapatkan sudah menjadi satu dengan soto di dalam sebuah mangkok. Sedangkan pada coto makasar, yang biasa menjadi teman makannya adalah lontong atau ketupat.

Itu dia Foodspoters, 3 perbedaan Soto dan Coto. Kalau kamu tim Soto atau tim Coto, Foodspoters?

Leave a Reply

Back To Top