Cari Menu Buka Puasa untuk Diet? Yuk, Intip 5 Rekomendasinya!

Cari Menu Buka Puasa Untuk Diet? Yuk, Intip 5 Rekomendasinya!

Cari Menu Buka Puasa untuk Diet? Yuk, Intip 5 Rekomendasinya!

Foodspoters, bulan puasa adalah momen berharga bagi umat muslim di dunia. Momen paling tepat untuk mengumpulkan pahala sebanyak-banyaknya. Puasa juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan dapat membantu menurunkan berat badan. Akan tetapi, banyak dari kita yang justru mengalami permasalahan berat badan. Alasannya nggak jauh-jauh dari makan berlebihan saat berbuka dengan menu berlemak dan tinggi karbohidrat. Jadi, sebaiknya menu-menu berlemak seperti gorengan harus dihindari. Terus buka puasa pake apa dong? Nggak perlu khawatir. Nih, foodspot kasih rekomendasi menu buka puasa untuk diet biar perutmu nggak buncit.

Stop khawatir berat badanmu bakal naik karena 6 menu buka puasa untuk diet ini rendah kalori dan rendah lemak. Selain itu, keenam menunya pun bergizi dan cocok buat pulihkan tubuh setelah menahan lapar dan haus seharian.

Olahan Dada Ayam

Olahan Dada Ayam, Menu Buka Puasa Untuk Diet

Menu buka puasa untuk diet yang pertama adalah olahan dada ayam. Daging ayam bagian dada adalah daging ayam yang memiliki kadar lemak dan kalori paling rendah. Dada ayam ukuran besar memiliki kalori sebesar 170 dan lemak sekitar 5 gram. Dada ayam pun memiliki kandungan protein yang tinggi, tepat banget untuk bantu pulihkan tubuh setelah puasa. Sebagai rekomendasi, dada ayam bisa kamu olah menjadi sup ayam, ditumis ataupun dihidangkan dengan salad. 

Nasi Merah

Nasi merah adalah menu buka puasa untuk diet yang wajib ada. Menu buka puasa ini dapat dijadikan pengganti nasi putih karena lebih rendah kalori dan lebih sehat. Dalam 100 gram nasi merah hanya memiliki kalori sebesar 110 dengan kandungan serat sebesar 1.8 gram. Kandungan serat yang lebih tinggi pada nasi merah juga dapat membantu menurunkan berat badan, lho.

Teh dan 3 Buah Kurma

Teh manis dan kurma memiliki kandungan gula yang berbeda dan sangat cocok dikonsumsi saat berbuka puasa. Hal ini menyebabkan proses penyerapan teh manis dan kurma dilakukan dengan bertahap di dalam tubuh. Teh manis mengandung gula sederhana sementara kurma mengandung gula yang lebih kompleks Dengan mengkonsumsi teh manis dan 3 buah kurma, tubuh yang lemas setelah berpuasa dapat kembali pulih.

Salad Buah

Salad Buah, Menu Buka Puasa Untuk Diet

Salad buah rendah kalori dapat menjadi salah satu menu buka puasa untuk diet. Untuk membuat salad buah rendah kalori, kita perlu mempertimbangkan pilihan buah, saus dan sajian dressing-nya. Buah yang dianjurkan adalah buah berkalori rendah seperti apel, anggur dan stroberi. Hindari penggunaan buah berkalori tinggi seperti buah-buahan kering dan durian. Selain itu, jangan gunakan bahan tambahan dengan kadar gula tinggi seperti susu kental manis dan mayonaise. Sebagai gantinya, kamu bisa menggunakan yogurt agar saladmu tetap lezat dan menarik.

Olahan Kentang

Kentang adalah salah satu sumber karbohidrat yang rendah kalori. Setiap 100 gram kentang mengandung sekitar 140 kalori, 3 gram serat dan 2.6 gram protein. Kandungan gizi pada kentang sangat cocok untuk dijadikan alternatif pengganti nasi putih. Kentang bisa diolah dengan cara direbus, dipanggang atau dibuat perkedel.

Alpukat

Alpukat, Menu Buka Puasa Untuk Diet

Menu buka buasa untuk diet yang terakhir adalah olahan alpukat. Alpukat mengandung banyak serat yang akan membantu memelihara kesehatan pencernaan saat berpuasa. Selain itu, alpukat mengandung lemak baik dan rendah kalori, sangat cocok dijadikan menu untuk berbuka puasa. Kamu bisa mengolahnya dengan cara dibikin jus atau alpukat kocok.

Nah, itulah rekomendasi 6 menu buka puasa untuk diet. Dari keenam menu buka puasa untuk diet di atas, mana yang jadi andalan Foodspoters?


Udah tahu soal foodspot belum? foodspot merupakan portal katering terlengkap di Indonesia. Dengan foodspot, kamu bisa terhubung dengan ratusan katering rumahan dan restoran terkemuka. Kebutuhan katering besar untuk makan harian kantor, acara ulang tahun, pernikahan, atau bahkan arisan bisa disediakan oleh foodspot dalam satu kali pemesanan, lho! 

Leave a Reply

Back To Top