Bukan cuma Daging, 5 Rendang Khas Padang ini Dibuat dari Bahan Lain!

Bukan cuma Daging, 5 Rendang Khas Padang ini Dibuat dari Bahan Lain!

Siapa yang tidak kenal rendang, Foodspoters? Makanan khas dari Indonesia ini berturut-turut meraih peringkat pertama sebagai makanan paling enak di dunia dari hasil survey yang diadakan oleh CNN. Rendang adalah makanan khas dari Sumatera Barat yang banyak dikenal karena rasanya yang nikmat. Rendang juga sering sekali menjadi makanan favorit banyak orang jika datang ke warung padang.

Kebanyakan orang hanya mengenal rendang daging sapi atau ayam. Memang kedua daging tersebut adalah bahan yang paling sering dimasak bersama bumbu rendang. Padahal, di daerah asalnya di Sumatera Barat, ada bahan-bahan lain yang bisa dimasak jadi rendang lho.

Pucuak Ubi

Via – UtusanTV

Makan nasi padang tidak lengkap tanpa daun singkong rebus dan sambal cabai hijau. Di daerah Solok, Sumatera Barat, daun singkong atau pucuak ubi juga sering dimasak dengan kuah dan bumbu rendang sampai kering. Rendang dari daun singkong tersebutlah yang disebut rendang pucuak ubi. Supaya lebih enak, biasanya rendang pucuak ubi ditambahkan daging sapi, ayam, udang, atau lokan (kerang air tawar).

Itiak

Via – Beritagar

Rendang Itiak memang tidak banyak ditemui di warung-warung Padang kebanyakan. Rendang Itiak adalah rendang daging Itiak atau Itik (bebek). Terbuat dari daging bebek yang dimasak dengan macam-macam bumbu rempah sampai bau anyir dagingnya hilang, rendang ini tidak kalah nikmatnya dengan rendang daging sapi. Kalau penasaran soal rasanya, foodspoters bisa menemui kuliner khas ini saat berkunjung ke daerah Bukittinggi di Sumatera Barat.

Talua

Via – Omiyago

Bayangkan kerupuk dengan bumbu rasa rendang. Begitulah kira-kira rasa rendang Talua. Rendang Talua dibuat dari adonan telur ayam dan tepung yang yang dimasak seperti telur dadar tipis lalu dipotong berbentuk kotak-kotak dan digoreng lagi bersama bumbu rendang sampai kering seperti kerupuk. Rendang talua adalah oleh-oleh khas Payakumbuh, Sumatera Barat.

Pakis

Via – Bukalapak

Kalau foodspoters ingin mencari menu rendang yang lebih sehat dan ‘vegan’, rendang pakis bisa jadi pilihan. Alih-alih menggunakan daging, bahan utama rendang ini adalah tumbuhan Pakis yang dimasak bersama bumbu rendang sampai kuahnya kering. Makanan khas Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat yang selalu ada di hampir semua acara-acara penting di sana.

Lokan

Via – Viva

Untuk kebanyakan orang mungkin kerang sepertinya tidak cocok untuk dimasak menjadi rendang. Akan tetapi di daerah pesisir kota Pariaman, Sumatera Barat, rendang kerang atau rendang lokan adalah salah satu makanan yang sangat mudah ditemui. Kerang yang digunakan adalah kerang air tawar yang ukurannya lebih besar dari kerang laut. Rendang lokan juga sering dimasak bersama pucuak ubi (daun singkong) atau daun pakis, menjadikan rasanya lebih kaya dan enak.

Dari pilihan rendang yang serba enak ini, kamu tertarik buat nyoba yang mana, Foodspoters?

Leave a Reply

Back To Top