Tak Hanya Lenjer, Yuk Kenali Jenis-Jenis Pempek Berikut Ini!

Jenis-Jenis Pempek

Tak Hanya Lenjer, Yuk Kenali Jenis-Jenis Pempek Berikut Ini!

Foodspoters, ngaku pencinta pempek tapi belum tahu jenis-jenis pempek? Pempek memang makanan favorit semua orang karena rasanya yang gurih dan bercitarasa tinggi.  Makanan khas palembang ini adalah hidangan berbahan baku ikan dan adonan tepung yang kemudian disajikan dengan kuah berwarna gelap khas Palembang bernama cuko. Supaya lebih nampol, biasanya pempek disajikan bersama mie kuning, irisan timun, dan ebi kering. Omong-omong soal pempek, terdapat beragam jenis pempek, lho! Penasaran apa saja? Yuk, simak dulu penjelasannya!

Lenjer

Lenjer, Jenis Pempek Original Favorit Semua Orang
Via – Kompas.com

Lenjer adalah jenis pempek yang bentuknya lonjong memanjang seperti lenjeran yang merupakan bahasa Palembangnya panjang dan menyerupai silinder. Sama seperti pempek kapal selam, pempek lenjer juga menjadi pempek yang paling banyak dikenal. Tidak seperti pempek jenis lain yang ditambah isian di dalamnya atau menggunakan tambahan pada adonannya, pempek lenjer adalah versi original dari pempek. Karena tanpa ada bahan tambahan, pempek lenjer ini kerap disebut sebagai ibu dari pempek.

Kapal Selam

Pempek Kapal Selam, Jenis Pempek yang Paling Digemari
Via – Sarihusada

Jenis pempek yang paling dikenal adalah pempek kapal selam. Jenis pempek ini terdapat telur ayam di dalamnya. Nama kapal selam sendiri berasal dari proses pembuatannya. Setelah adonan selesai dibuat, pempek akan direbus dan dalam proses merebusnya, pempek kapal selam akan tenggelam di dasar panci dan akan mengambang saat pempek matang. Bentuk pempek ini bulat menggembung dan ujungnya berbentuk seperti kuping dibuat mirip seperti kapal selam. Perpaduan rasa adonan pempek dan telur yang gurih membuat pempek jenis ini disukai oleh banyak orang.

Pempek Keriting

Tak Hanya Lenjer, Yuk Kenali Jenis-Jenis Pempek Berikut Ini!
Via – Freepik

Pempek keriting berbentuk seperti gumpalan mie yang dibentuk dengan gabungan untaian panjang. Untaian adonan tersebut dibuat dengan menggunakan pirikan yang mirip dengan saringan. Setelah digoreng, tekstur pempek keriting akan lebih garing dibanding jenis pempek lainnya. Oleh karena itu, pempek keriting sering juga disebut sebagai pempek kerupuk.  Sementara, rasan dari pempek ini gurih sama dengan pempek lenjer.

Pempek Adaan

Pempek Adaan, Jenis Pempek Favorit Semua Orang
Via – Harian Lentera Indonesia

Pempek adaan berbentuk bulat dan cara membuatnya juga sedikit berbeda. Jenis pempek ini bisa langsung digoreng tanpa direbus terlebih dahulu dan rasanya lebih gurih, teksturnya lebih renyah dan aromanya juga lebih wangi. Hal ini karena adonannya terbuat dari santan kelapa yang dicampur dengan ikan giling. Biasanya, adonannya juga ditambah dengan irisan daun bawang dan bawang merah.

Pempek Kulit

Tak Hanya Lenjer, Yuk Kenali Jenis-Jenis Pempek Berikut Ini!
Via – Herstory

Seperti namanya, pempek kulit terbuat dari bahan tambahan berupa kulit ikan. Adonan pempek ditambahkan kulit ikan yang disisihkan dari dagingnya. Umumnya, kulit ikan yang digunakan berasal dari ikan tenggiri. Setelah adonan selesai dibuat, pempek dibentuk dengan bulat-bulat kemudian dipipihkan agar menjadi bulat tipis. Karena menggunakan telur, pempek akan menjadi mengembang dan sangat renyah setelah digoreng. Sama seperti pempek adaan, pempek kulit juga tidak melewati perebusan dalam proses pembuatannya.

Pempek Tunu

Via – Wongkito

Unik dan nikmat, jenis pempek yang satu ini dibuat dengan cara dipanggang setelah adonan dibentuk bulat. Setelah dipanggang, pempek akan mengembang dan berwarna lebih gelap di bagian luarnya. Karena tidak digoreng, kemungkinan pempek tunu akan terasa lebih amis jika tidak dimasak dengan tepat. Pempek harus dipanggang hingga matang sempurna tanpa tersisa bagian yang masih mentah. Bagian tengahnya diisi dengan campuran cabai rawit, ebi, dan kecap manis. Sama seperti jenis pempek lainnya, setelah matang pempek akan disajikan dengan cuko.

Pempek Pistel

Via – Sripoku.com

Pempek pistel atau pempek pastel dibentuk menyerupai pastel. Dengan menggunakan adonan pempek seperti biasanya, adonan dibentuk seperti pastel dan diisi dengan tumis daun pepaya muda dan ebi yang dimasak dengan santan. Kata pistel sendiri merupakan bahasa palembang yang berarti pepaya. Karena menggunakan isian sayuran, pempek ini tidak setahan lama jenis pempek lainnya. Supaya lebih nikmat, pempek pistel biasanya juga ditambahkan bumbu khas berupa campuran bawang putih, bawang merah, garam, dan merica.

Itulah jenis-jenis pempek yang mungkin belum kamu ketahui. Mulai dari lenjer sampai pempek pistel, mana yang paling kamu suka?


Udah tahu soal foodspot belum? foodspot merupakan portal katering terlengkap di Indonesia. Dengan foodspot, kamu bisa terhubung dengan ratusan katering rumahan dan restoran terkemuka. Kebutuhan katering besar untuk makan harian kantor, acara ulang tahun, pernikahan, atau bahkan arisan bisa disediakan oleh foodspot dalam satu kali pemesanan, lho!

Leave a Reply

Back To Top