Kenali Manfaat Buah Naga Berikut Ini!

Kenali Manfaat Buah Naga Berikut Ini!

Kenali Manfaat Buah Naga Berikut Ini!

Foodspoters pasti sudah nggak asing lagi dengan buah naga. Buah yang memiliki nama lain pitaya ini adalah buah tropis yang rendah kalori dan berasal dari Amerika Tengah dan Meksiko. Buah ini memiliki bentuk yang unik dan berwarna merah cerah. Daging buahnya manis dan teksturnya mirip buah kiwi dan terdapat banyak biji hitam di dalamnya. Dibalik tampilannya yang cantik, terdapat banyak manfaat buah naga untuk kesehatan tubuh, lho. Buah naga yang umum kita temui memiliki daging buah berwarna putih dan merah. Buat foodspoters sekalian yang belum mencoba buah ini, MinSpot saranin buat mencobanya! Lezat, manis, dan punya segudang manfaat. Penasaran apa saja? Yuk, kenali 6 manfaat buah naga berikut ini!

Mengurangi Resiko Diabetes

Kenali Manfaat Buah Naga Berikut Ini!

Manfaat buah naga yang pertama adalah dapat mengurangi resiko diabetes. Buah naga memiliki kandungan serat yang tinggi dan dapat membantu menjaga kadar gula tubuh. Penderita diabetes kerap direkomendasikan untuk mengonsumsi buah naga karena dapat membantu mengontrol dan mencegah peningkatan kadar gula darah. Dengan mengonsumsi buah naga secara rutin, dipercaya bermanfaat untuk mencegah komplikasi pada pasien diabetes dan menyeimbangkan kadar gula darah tubuh.

Meningkatkan Kesehatan Tulang

Kenali Manfaat Buah Naga Berikut Ini!

Buah naga mengandung kadar magnesium yang tinggi. Oleh karena itu, salah satu manfaat buah naga adalah dapat meningkatkan kesehatan tulang. Magnesium berperan besar dalam memperkuat struktur tulang. Untuk meningkatkan kesehatan tulang, disarankan mengonsumsi buah naga setiap hari.

Meningkatkan Kesehatan Usus

Kenali Manfaat Buah Naga Berikut Ini!

Kandungan prebiotik membuat manfaat buah naga sangat baik untuk kesehatan usus. Prebiotik adalah kategori serat tertentu yang mendukung pertumbuhan bakteri baik di usus. Oleh karena itu, prebiotik pada buah naga dapat membantu meningkatkan keseimbangan bakteri sehat dalam sistem pencernaan kita. Prebiotik juga mampu mengurangi resiko infeksi saluran pencernaan dan resiko kanker usus besar. Prebiotik adalah kategori serat tertentu yang mendukung pertumbuhan bakteri baik di usus. Oleh karena itu, prebiotik pada buah naga dapat membantu meningkatkan keseimbangan bakteri sehat dalam sistem pencernaan kita. 

Umumnya, usus manusia tidak bisa mencerna serat, tapi bakteri baik di usus mampu memecahnya. Bakteri sehat ini menggunakan serat sebagai makanan untuk pertumbuhannya, sehingga mendorong pertumbuhan bakteri baik. Mengonsumsi prebiotik juga mampu mengurangi resiko terjadinya diare.

Melawan Penyakit Kronis

Kandungan antioksidan yang tinggi membuat manfaat buah naga dapat melawan berbagai penyakit kronis seperti penyakit jantung dan kanker. Pada dasarnya, tubuh kita rentan terhadap banyak radikal bebas yang dapat menyebabkan kerusakan sel. Kerusakan akibat radikal bebas selanjutnya akan berdampak pada berbagai penyakit kronis dan peradangan. Cara terbaik untuk mengatasi masalah ini adalah dengan mengonsumsi lebih banyak sumber makanan kaya antioksidan, seperti buah naga. 

Buah naga adalah pembangkit berbagai jenis antioksidan seperti karotenoid, vitamin C, dan betalain. Karotenoid terbukti dapat mengurangi resiko penyakit jantung dan kanker. Vitamin C berperan penting pada penurunan resiko perkembangan sel kanker, terutama di daerah leher dan kepala. Sementara, betalain dapat mencegah pertumbuhan sel kanker dan menurunkan kolesterol jahat. Selain itu, biji pada buah naga juga kaya akan asam lemak omega-9 dan omega-3, yang dapat membantu mendukung kesehatan jantung.

Menunda Penuaan Kulit

Kenali Manfaat Buah Naga! Dapat Mencegah Penuaan Dini

Penuaan kulit dapat disebabkan oleh banyak faktor seperti stress, pola makan yang buruk, dan paparan polusi. Mengonsumsi antioksidan dapat membantu mencegahnya dengan melindungi kulit dari sengatan matahari yang merupakan penyebab utama penuaan kulit. Selain itu, antioksidan juga mampu mengatasi kulit kering dan berjerawat. Seperti yang sudah dijelaskan, buah naga memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Untuk itu, salah satu manfaat buah naga dapat membantu menunda penuaan kulit. Buah naga juga memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. Vitamin C sendiri berguna untuk melawan kerusakan kulit akibat radikal bebas dan membantu membuat kulit lebih cerah dan sehat.

Bagus untuk Ibu Hamil

Buah naga mempunyai kandungan lemak tak jenuh tunggal yang bagus untuk meningkatkan perkembangan otak janin. Selain itu, buah ini juga mengandung asam folat, zat besi, dan vitamin B yang sangat bagus untuk ibu hamil. Asam folat dan vitamin B dapat memberikan energi pada ibu selama hamil dan mencegah cacat lahir. Zat besi dapat mendukung pertumbuhan janin dan plasenta.

Itulah 6 manfaat buah naga untuk kesehatan yang perlu kamu ketahui. Masih ragu untuk mengonsumsinya setiap hari? Buah adalah salah satu makanan yang wajib dikonsumsi setiap hari, Foodspoters. Selain itu, jangan lupa olahraga secara rutin dan minum air putih yang cukup, ya!


Udah tahu soal foodspot belum? foodspot merupakan portal katering terlengkap di Indonesia. Dengan foodspot, kamu bisa terhubung dengan ratusan katering rumahan dan restoran terkemuka. Kebutuhan katering besar untuk makan harian kantor, acara ulang tahun, pernikahan, atau bahkan arisan bisa disediakan oleh foodspot dalam satu kali pemesanan, lho!

Leave a Reply

Back To Top