5 Makanan Terfavorit dari Ibu Kota Baru Indonesia!

5 Makanan Terfavorit dari Ibu Kota Baru Indonesia!

Foodspoters, kamu pasti sudah tahu kan kalau Kalimantan Timur baru saja diumumkan sebagai wilayah Ibu Kota baru Indonesia. Lokasi pasti pusat pemerintahan negara berada di sebagian Kab. Paser Utara dan Kab. Kutai Kartanegara. Foodspoters berencana mengunjungi Ibu Kota baru ini? Sebelum berkunjung ke sana, ada baiknya kamu kenalan dulu sama 5 kuliner khas Kutai Kartanegara ini untuk referensi wisata kulinermu.

1. Buras Berendam

via – @hanhanny

Kudapan berkuah santan kuning kental dengan daging ikan gabus ini biasanya disantap dengan buras serta tambahan sambal udang papai. Buras berendam pada umunya mudah dijumpai di pagi hari. Sebab, masyarakat setempat biasa menjadikan kudapan yang satu ini sebagai menu sarapan. Rasa gurih dengan tekstur yang lembut dan berpadu dengan pedasnya sambal dijamin bikin kamu ketagihan!

2. Nasi Bakepor

via – dictio

Nggak lengkap rasanya kalau membahas makanan khas Kutai Kartanegara tanpa menyebutkan makanan yang satu ini. Nasi bakepor merupakan beras yang dicampur dengan minyak sayur, rempah, potongan ikan asin, dan dimasak dalam satu kuali besar. Rasa nasi bakepor ini mirip nasi uduk yang biasa kita temui, namun rasanya lebih sedap karena menggunakan lebih banyak rempah.

3. Sambal Raja

via – atapermana

Kalau makan nasi bakepor, kamu pasti akan menemukan sambal dengan berbagai sayur. Sambal ini lah yang disebut dengan sambal raja. Sambal raja mungkin rasanya nggak asing di lidah. Pasalnya, sambal yang satu ini komposisinya nggak jauh beda dari sambal terasi. Bedanya, sambal raja dihidangkan bersama dengan sayuran goreng. Bahan baku sambal yang satu ini, antara lain cabai merah, cabai rawit, terasi bakar, gula, garam, dan jeruk nipis. Sambal yang telah dihaluskan disajikan dengan kacang panjang, terung dan bawang merah yang digoreng. Cita rasa yang dihasilkan sungguh khas, perpaduan rasa manis, asin, sekaligus asam!

4. Sayur Asam Kutai

via – idntimes

Siapa nggak kenal sayur asam? Kuliner rumahan ini mudah kamu jumpai di mana pun. Sayur asam di Kutai beda dari sayur yang kamu jumpai di tempat lain. Di Kutai, sayur asam dimasak tanpa asam jawa. Cita rasa asam didapat dari penggunaan terong dayak dan air jeruk nipis. Nggak hanya soal “rasa asam” yang beda, isian sayur asam Kutai pun terbilang unik, yakni kepala ikan gabus, ubi, pisang mentah, dan kangkung. Rasa sayur ini beneran nyegerin, kamu wajib coba, Foodspoters!

5. Kue Pisang

via – @visitkalsel

Jika tadi kamu sudah kenal beberapa hidangan utamanya. Kini, saatnya kamu tahu menu manis sebagai penutupnya. Kutai punya jajanan khas, yaitu kue pisang. Sekilas, kue ini mirip dengan bingka. Bahan-bahan yang digunakan kue pisang khas Kutai pun nggak jauh berbeda dengan Bingka. Perbedaannya terletak pada tambahan irisan pisang pada adonannya. Rasanya yang manis cocok sebagai pencuci mulut setelah menyantap kuliner Kutai yang lezat.

Itu dia Foodspoters, 5 referensi kuliner khas Ibu Kota Baru Indonesia buat kamu yang akan berkunjung ke Kutai Kartanegara. Mau mencicipi 5 kuliner ini tapi nggak bisa ke sana? Pesan di Foodspot aja. Nggak cuman buat kamu sendiri, kamu juga bisa pesan buat satu kantor, lho. Kapan lagi makan siang dengan menu kuliner Ibu Kota baru Indonesia. Yuk, pesan sekarang!

Leave a Reply

Back To Top