Sering Sarapan dengan Kopi Hitam? Awas, Ada Bahaya yang Mengintaimu!

Sering Sarapan dengan Kopi Hitam? Awas, Ada Bahaya yang Mengintaimu!

Foodspoters, kamu mungkin sering banget bangun kesiangan. Akibatnya, sarapan sering jadi hal yang dikorbankan. Boro-boro bisa menyiapkan makanan yang dimasak, makan makanan praktis seperti sereal atau roti pun kadang nggak sempat. Nah, kalau udah begini, biasanya kopi hitam sering jadi jalan pintas. Tinggal seduh dengan air panas, masukkan ke botol atau cangkir kertas, minuman pekat yang satu ini bisa langsung dibawa ke mana saja dan nggak butuh lama untuk menghabiskannya. Ngomongin soal secangkir kopi hitam sebagai pengganti sarapan, Foodspoters tahu nggak sih kalau ada dampak buruk yang mengintaimu. Apa aja, ya? Yuk, simak selengkapnya!

1. Asam Lambung Naik

Via – Buoy Health

Sering dengar soal asam lambung, kan, Foodspoters? Asam lambung erat kaitannya dengan “sakit”. Padahal, jika jumlahnya tepat, asam lambung justru punya peran baik yang sangat penting dalam kelancaran proses pencernaan. Namun, lain cerita jika jumlahnya terlalu banyak, asam lambung justru akan membuat tubuh terasa tidak nyaman.

Menjadikan kopi sebagai pengganti sarapan adalah salah satu hal yang bisa merangsang produksi asam lambung berlebih. Akibatnya, kamu mungkin merasa mulas seharian. Nah, jika dibiarkan terus-menerus, bukan nggak mungkin ada penyakit lain yang mengintaimu. Pasalnya, asam lambung yang menggenang terlalu banyak ini bersifat korosif, bisa mengikis saluran pencernaanmu.

2. Gangguan Penyerapan Nutrisi

Via – LittleCoffeeSpace

Kopi dikenal mengandung kafein. Kafein berperan dalam mempercepat pengeluaran cairan dalam tubuh melalui kinerja ginjal. Orang yang gemar minum kopi, juga gemar ke kamar kecil untuk buang air karena kafein. Hal ini mengakibatkan tubuh tak memiliki waktu untuk penyerapan mineral seperti, seng, magnesium, kalsium, serta mineral penting lainnya. Minum kopi saat perut dalam keadaan kosong membuat tubuh kekurangan magnesium. Kekurangan magnesium dapat memicu timbulnya sederet masalah kesehatan antara lain, kerusakan gigi, osteoporosis, migrain, hipertensi dan penyakit jantung.

3. Menekan Produksi Hormon Kortisol

Via – Energepic

Nggak hanya mengganggu penyerapan zat penting bagi tubuh, menjadikan kopi sebagai sarapan satu-satunya juga bisa bikin kamu depresi, lho! Pasalnya, kopi dapat menghambat produksi hormon kortisol. Hormon ini adalah hormon yang berhubungan dengan perasaan senang, kebahagiaan, dan rasa nyaman. Dengan kata lain, apabila hormon kortisol dalam tubuh terlalu rendah, penyakit yang berhubungan dengan mental, seperti stres dan depresi akan muncul.

Nah Foodspoters, itulah beberapa dampak yang akan kamu alami jika menjadikan kopi hitam sebagai menu pengganti sarapan. Pastikan kamu tetap sarapan dan menjadikan kopi hitam favoritmu sebagai menu pelengkap, ya! Kalau memang nggak sempat buat menyiapkan sarapan, mending pesan langsung di Foodspot aja. Nggak cuma buat kamu sendiri, kamu juga bisa pesan sarapan buat sekantor. Menu apa pun yang kamu mau, kami pastikan ada!

Leave a Reply

Back To Top