Makanan Cepat Basi? Kenapa, Ya? Ini Alasannya!

Makanan Cepat Basi? Kenapa, Ya? Ini Alasannya!

Setiap jenis makanan punya ketahanan masing-masing. Ada jenis makanan yang bisa tahan sampai berhari-hari, namun ada juga yang hanya bisa bertahan beberapa jam. Makanan yang tidak tahan lama cenderung cepat basi dan tidak lagi boleh dikonsumsi karena dapat menyebabkan masalah pencernaan, bahkan bisa sampai keracunan. Ketahanan setiap makanan ini tergantung banyak faktor, lho. Apa aja, ya? Yuk, simak dulu alasannya!

1. Cara menyimpan yang salah

Via – Food Revolution Network

Untuk menjaga makanan tetap dalam kondisi yang baik, makanan harus disimpan dengan cara yang tepat. Sebaiknya tiap makanan disimpan terpisah dari yang lain dan kalau bisa ditutup rapat. Suhu dan kelembaban udara di ruangan juga harus diatur. Apabila menyimpan makanan di kulkas, usahakan kulkas selalu bersih. Apabila terlihat ada makanan yang sudah rusak, segera keluarkan dari kulkas karena makanan tersebut akan menyebabkan makanan di sekitarnya juga rusak dan membuat makanan cepat basi.

2. Kulkas tidak dingin

Via – Cooking Light

Sering menemukan kondisi di mana makanan dalam kulkas tetap basi? Kulkas di rumah sebaiknya diatur pada suhu paling dingin untuk mencegah bakteri penyebab makanan basi tumbuh dengan bebas. Daging-dagingan dan makanan beku sebaiknya tetap disimpan di freezer dengan suhu di bawah 0 derajat dan baru dikeluarkan jika akan dimasak. Jika makanan dibungkus plastik, sebaiknya keluarkan semua udara dari plastik bungkusan makanan tersebut sebelum disimpan.

3. Makanan lembap

Via – Kcrw

Makanan baru banget dimasak dan langsung terasa basi dalam beberapa jam? Makanan cepat basi Itu bisa jadi karena lembap! Pertumbuhan bakteri patogen penyebab makanan basi dapat diperlambat dengn menghilangkan uap air dalam makanan. Hal tersebut bisa dilakukan dengan memasak atau memanaskan makanan pada suhu sekitar 60 derajat celcius. Selesai masak sebaiknya keringkan tutup panci dan keringkan uap makanan dengan cara dikipas-kipas karena sirkulasi udara yang terjadi akan membantu menarik kelembapan dari makanan.

4. Makanan terpapar cahaya

via: – unileversolutions.com

Apa ada penyebab lain? Ada, cahaya! Paparan cahaya yang terserap oleh makanan tertentu, seperti makanan yang berlemak atau mengandung santan, dapat menyebabkan makanan tersebut mudah mengalami pembusukan. Oleh karena itu paparan cahaya pada makanan sebaiknya diminimalisir. Hal tersebut juga yang menjadi alasan kenapa lampu kulkas selalu mati ketika pintunya ditutup.

Udah tahu, kan, apa aja penyebabnya? Jangan lupa untuk dipraktikan di rumah setiap kali kamu menyimpan makanan. Sayang banget kalau makanannya cepat basi dan nggak bisa dimakan lagi!

Leave a Reply

Back To Top