5 Makanan Khas Sunda Ikonik: Wajib Dicoba!

5 Makanan Khas Sunda Ikonik: Wajib Dicoba!

5 Makanan Khas Sunda Ikonik: Wajib Dicoba!

Ketika bicara soal makanan tradisional, makanan khas Sunda menjadi salah satu yang paling disukai. Minta siapa saja untuk menyebutkan makanan tradisional favorit mereka dan dijamin banyak yang memilih makanan khas Sunda. Bagaimana tidak, makanan khas Sunda memiliki cita rasa asam segar, pedas dan gurih asin yang selalu bikin ketagihan. Pada setiap menunya, makanan tradisional ini selalu dilengkapi dengan sambal yang menggugah selera. Tak hanya satu, Sunda memiliki beragam sambal seperti sambal dadak, sambal goang dan sambal leunca. Tak hanya cireng atau cilok, Sunda menyediakan banyak sekali makanan lezat yang wajib kamu coba. Penasaran apa saja? Yuk, simak dulu 6 makanan khas Sunda yang ikonik dan wajib kamu coba berikut ini!

Nasi Tutug Oncom

Via – Wikipedia

Berasal dari Tasikmalaya, nasi tutug oncom mulanya adalah untuk masyarakat menengah bawah di Sunda. Salah satu bahan dasarnya, yaitu oncom, merupakan lauk pauk masyarakat Sunda dengan harga yang sangat terjangkau. Karena rasanya yang enak, lambat laun nasi tutug oncom tidak lagi menjadi makanan masyarakat menengah ke bawah. Sekarang nasi tutug oncom yang berada di pasaran biasanya sudah dilengkapi dengan banyak lauk seperti ayam goreng, telur dadar dan ikan asin. Perpaduan rasa gurih, asin dan pedas memberikan sensasi makan nasi tutug oncom yang tidak terlupakan. Kehadiran sambal goang melengkapi lezatnya makanan khas Sunda yang satu ini.

Nasi Timbel

Nasi Timbel, Makanan Khas Sunda Ikonik
Via – Square Space

Makanan khas Sunda berikutnya adalah nasi timbel. Nasi timbel pada hakikatnya sama dengan nasi lainnya. Hanya saja, nasi timbel dimasak dengan cara dibungkus menggunakan daun pisang. Karena dibungkus dengan daun pisang, nasi timbel punya aroma khas yang menjadikannya sangat menarik. Saat disajikan, nasi timbel biasanya didampingi oleh ikan goreng, sayur asem, tempe dan tahu supaya lebih nikmat. Ikan goreng yang disajikan bisa berupa ikan mujair goreng atau ikan gurame goreng. Selain ikan goreng, lauk lain yang bisa dijadikan pilihan adalah ayam goreng, ayam bakar maupun ikan asin jambal.

Karedok

Karedok, Makanan Khas Sunda Ikonik
Via – Unilever Food Solutions

Karedok adalah makanan khas Sunda yang terbuat dari berbagai sayuran segar yang dicampur dengan bumbu kacang. Bumbu kacangnya terdiri atas kacang tanah, gula merah, terasi dan kencur sebagai bahan utama. Sementara untuk sayuran segarnya terdiri dari kacang panjang, taoge, kol, mentimun, terong dan daun kemangi. Karedok sendiri terbagi menjadi tiga macam, yaitu karedok terong, karedok leunca, karedok kacang panjang. Perbedaannya hanya terletak pada bahan sayuran yang paling banyak digunakan.

Empal Gentong

Empal Gentong, Makanan Khas Sunda Ikonik
Via – Endeus.TV

Empal gentong adalah hidangan berkuah dari Cirebon yang terdiri dari daging sapi, babat dan usus sapi. Berbeda dengan gulai atau soto, makanan khas Sunda ini dimasak dalam periuk tanah liat dengan kayu bakar. Biasanya, empal gentong disajikan bersama nasi, lontong atau ketupat. Terkenal enak, empal gentong konon katanya merupakan hidangan yang terinspirasi dari berbagai budaya. Bumbu dan bahan yang digunakan kemungkinan adalah perpaduan dari budaya Arab, India dan China. 

Pepes

Pepes, Makanan Khas Sunda Ikonik!
Via – Cook Me Indonesian

Makanan khas Sunda selanjutnya adalah pepes. Awalnya, masyarakat Sunda menyebut hidangan ini dengan nama “pais”. Pepes sendiri bisa dibuat dari bahan apa pun, hanya saja cara membuatnya sama. Pepes dibuat dengan cara dibungkus dengan daun pisang dan kemudian dikukus. Bahan utama yang digunakan biasanya bisa berupa ikan sungai, ayam, tahu ataupun jamur. Pepes menggunakan banyak bumbu dan rempah yang menjadikan hidangan ini jadi favorit banyak orang.

Gepuk

Via – Detikcom

Gepuk adalah makanan khas Sunda berupa daging sapi yang diolah dengan cara diungkep bersama bumbu dan rempah. Setelah direbus hingga empuk, daging sapi tersebut dipukul-pukul hingga pipih dan kemudian digoreng. Teknik memasak dengan cara memukul-mukul hingga objeknya menjadi pipih ini disebut teknik mengempal yang berasal dari wilayah Priangan, Jawa Barat. Perpaduan bumbu manis gurih dan tekstur daging yang empuk menjadikan gepuk sebagai salah satu makanan tradisional yang paling terkenal.

Itulah 6 makanan khas Sunda yang ikonik ala foodspot. Lezat dan dijamin bikin ketagihan, kamu wajib banget coba semuanya! Dari keenam makanan tradisional tersebut, spill dong mana yang akan kamu coba duluan?


Udah tahu soal foodspot belum? foodspot merupakan portal katering terlengkap di Indonesia. Dengan foodspot, kamu bisa terhubung dengan ratusan katering rumahan dan restoran terkemuka. Kebutuhan katering besar untuk makan harian kantor, acara ulang tahun, pernikahan, atau bahkan arisan bisa disediakan oleh foodspot dalam satu kali pemesanan, lho!

Leave a Reply

Back To Top