Manfaat Pisang untuk Kesehatan yang Jarang Orang Tahu!

Manfaat Pisang untuk Kesehatan yang Jarang Orang Tahu

Manfaat Pisang untuk Kesehatan yang Jarang Orang Tahu!

Pisang adalah salah satu buah yang paling digemari banyak orang. Mulai dari bayi, anak kecil, remaja, dewasa hingga lansia. Gimana nggak, pisang menjadi buah populer karena punya banyak kelebihan. Naturally, pisang punya rasa yang manis dan bertekstur lembut. Selain enak, pisang juga kerap dijadikan alternatif makanan karena praktis. Cara mengonsumsinya sangat mudah, kita hanya perlu mengupas kulitnya. Pisang pun mudah didapatkan dan harganya juga ekonomis. Ditambah lagi, terdapat begitu banyak manfaat pisang untuk kesehatan, lho. Mau tahu apa saja manfaat pisang untuk kesehatan? Yuk, simak dulu manfaat pisang untuk kesehatan yang jarang orang tahu berikut ini!

Menjaga Kesehatan Pencernaan

Manfaat Pisang untuk Kesehatan

Manfaat pisang untuk kesehatan yang pertama adalah dapat menjaga kesehatan pencernaan. Kandungan serat pada makanan sering dikaitkan dengan banyak manfaat kesehatan. Salah satunya, dapat meningkatkan kerja sistem pencernaan. Umumnya, satu pisang berukuran sedang mengandung sekitar 3 gram serat. Selain itu, pisang pun menjadi salah satu sumber pati resisten. Pati resisten adalah jenis pati yang akan lolos dari sistem pencernaan. Pati tersebut akan berakhir di usus besar dan menjadi sumber prebiotik yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan pencernaan. Prebiotik yang dikonsumsi dapat meningkatkan sensitivitas insulin dan efektif menurunkan kadar gula darah.

Kaya Akan Antioksidan

Seperti buah dan sayuran lainnya, pisang adalah salah satu sumber antioksidan yang sangat baik. Pisang mengandung beberapa jenis antioksidan seperti flavonoid dan amina. Antioksidan yang terkandung pada pisang tersebut memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Flavonoid dapat menurunkan risiko penyakit jantung dan penyakit turunan seperti diabetes. Flavonoid dapat membantu mencegah kerusakan pada sel tubuh yang disebabkan oleh radikal bebas. Tanpa adanya antioksidan pada tubuh, radikal bebas dapat menumpuk dari waktu ke waktu. Penumpukan radikal bebas tersebut akan menyebabkan kerusakan dan memicu berbagai penyakit pada tubuh.

Membantu Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat Pisang untuk Kesehatan

Manfaat pisang untuk kesehatan selanjutnya adalah dapat membantu menjaga kesehatan jantung. Pisang adalah sumber kalium yang sangat baik. Dalam 100 gram pisang, umumnya mengandung sekitar 350 mg kalium. Kalium sendiri adalah mineral yang berperan penting dalam kesehatan jantung, terutama untuk mengatur tekanan darah. Orang yang mengonsumsi banyak kalium memiliki risiko penyakit jantung lebih rendah hingga 27%. Selain itu, pisang juga memiliki kandungan magnesium yang tinggi. Magnesium adalah mineral lain yang juga penting untuk kesehatan jantung. Kekurangan magnesium dapat dikaitkan dengan peningkatan risiko penyakit jantung, tekanan darah tinggi, dan tingginya kadar lemak dalam darah.

Meningkatkan Kesehatan Ginjal

Selain dapat membantu menjaga kesehatan jantung, kalium sangatlah penting untuk fungsi ginjal. Sebagai sumber kalium yang baik, salah satu manfaat pisang untuk kesehatan adalah dapat meningkatkan kesehatan ginjal. Kalium dapat membantu mencegah munculnya batu ginjal.

Sumber Vitamin B6

Terakhir, pisang adalah salah satu sumber vitamin B6. Vitamin B6 pada pisang sangat mudah diserap dan satu buah pisang ukuran sedang cukup untuk memenuhi ¼ kebutuhan tubuh akan vitamin B6. Vitamin B6 memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Seperti, dapat membantu proses produksi sel darah merah dan membuang bahan-bahan kimia yang tidak diinginkan pada hati dan ginjal. Selain itu, vitamin B6 juga bagus untuk ibu hamil karena dapat memenuhi kebutuhan janin agar dapat berkembang sempurna.

Nah, Foodspoters, itulah 5 manfaat pisang untuk kesehatan yang jarang orang tahu. Selain enak, pisang punya banyak banget benefit baik untuk kesehatan tubuh. Gimana? Kamu masih meragukan manfaat pisang untuk kesehatan? Setelah ini, kamu harus lebih sering mengonsumsi buah segar yang lezat dan praktis ini, ya! 


Udah tahu soal foodspot belum? foodspot merupakan portal katering terlengkap di Indonesia. Dengan foodspot, kamu bisa terhubung dengan ratusan katering rumahan dan restoran terkemuka. Kebutuhan katering besar untuk makan harian kantor, acara ulang tahun, pernikahan, atau bahkan arisan bisa disediakan oleh foodspot dalam satu kali pemesanan, lho!

Leave a Reply

Back To Top