Manfaat Makan Ikan yang Mungkin Belum Kamu Tahu!

Manfaat Makan Ikan yang Mungkin Belum Kamu Tahu!

Foodspoters, coba deh ingat-ingat menu yang kamu makan seminggu belakangan ini? Kalau nggak salah tebak, menu terbanyak pasti olahan ayam, telur, atau daging sapi. Ikan mungkin absen dari jadwal pekan ini. Jika tebakan ini benar, berarti kamu adalah satu dari sekian banyak orang Indonesia yang kekurangan konsumsi ikan. Faktanya, tingkat konsumsi ikan rata-rata di Indonesia pada 2020 lalu hanya mencapai 23kg/orang/tahun. Jumlah ini kalah jauh dibandingkan negara-negara lainnya. Jepang misalnya, yakni sebanyak 110kg/orang/tahun. Mengapa mengonsumsi ikan itu penting? Yuk, simak manfaat makan ikan berikut ini dulu!

Kaya Vitamin D dan Bantu Tidur Lebih Lelap

Via – Ketut Subiyanto

Ikan merupakan salah satu sumber vitamin D terbaik. Nggak hanya mencukupi kebutuhan vitamin dalam tubuh, vitamin D yang terkandung dalam ikan juga befungsi sebagai hormon steroid yang berperan sebagai pengatur kalsium serta menjaga kesehatan tulang. Lalu, apa kaitannya manfaat makan ikan dengan tidur berkualitas?

Faktanya, kekurangan vitamin D dapat menyebabkan sulit tidur dan membuat durasi tidur jadi lebih singkat. Beberapa penelitian bahkan menunjukkan bahwa kekurangan vitamin D justru meningkatkan risiko sleep apnea. Dengan kata lain, saat asupan ikan mencukupi kebutuhan vitamin D dalam tubuh, masalah tidur akan segera teratasi! Kamu bisa tidur lebih lelap dan berkualitas!

Meningkatkan Kesehatan Otak dan Mata

Via – Ksenia Chernaya

Merasa mudah lupa di usia saat ini, Foodspoters? Nggak usah bingung. Hal itu sangat wajar terjadi. Faktanya, fungsi otak akan terus mengalami penurunan seiring bertambahnya usia. Akan tetapi, terkait hal ini, beberapa penelitian menunjukkan bahwa penurunan fungsi otak dapat diperlambat dengan mengonsumsi ikan. Sebab, kandungan Omega 3 dalam ikan bisa membantu peningkatan daya ingat dan menjaga kesehatan otak.

Nggak hanya itu, beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa salah satu manfaat makan ikan adalah dapat membantu penurunan risiko terjadinya degenerasi makula pada wanita. Degenerasi makula atau yang biasa dikenal dengan age-related macular bisa diartikan sebagai gangguan pengelihatan yang rentan terjadi pada lansia.

Mencegah Terjadinya Depresi

Via – Andrew Neel

Masalah kesehatan mental akhir-akhir ini sering digaungkan di media sosial. Banyak orang yang menyuarakan rasa depresi yang tiba-tiba muncul. Gejala depresi bisa dikenali dengan munculnya suasana hati yang buruk, perasaan sedih berkepanjangan, kehilangan motivasi, dan tidak bergairah dalam melakukan aktivitas apa pun. Selain melakukan manajemen stres yang baik, depresi bisa dicegah dengan mengonsumsi asam lemak omega 3. Ikan, terutama ikan laut, kaya akan asam lemak omega 3 dan berperan sebagai obat antidepresan alami.

Gimana, tiga manfaat ini pasti bikin kamu jadi pingin makan ikan lebih sering, kan? Kalau bingung dengan pilihan menu olahan ikan yang nggak bikin bosan, kamu boleh cek langsung ke foodspot! Dijamin, ratusan menunya siap nemenin kamu dan teman-teman di kantor setiap hari!


Udah tahu soal foodspot belum? foodspot merupakan portal katering terlengkap di Indonesia. Dengan foodspot, kamu bisa terhubung dengan ratusan katering rumahan dan restoran terkemuka. Kebutuhan katering besar untuk makan harian kantor, acara ulang tahun, pernikahan, atau bahkan arisan bisa disediakan oleh foodspot dalam satu kali pemesanan, lho! 

Leave a Reply

Back To Top