Hidup Lebih Sehat di 2021 dengan Pola Makan yang Tepat!

Hidup Lebih Sehat di 2021 dengan Pola Makan yang Tepat!

Tak terasa, 2021 sudah hampir menginjak bulan ketiga. Di awal tahun ini, kamu tentu punya resolusi dan harapan baru. Semoga semua hal baik lekas tercapai, ya, Foodspoters. Meski awal 2021 disambut dengan berita baik seperti vaksin yang sebentar lagi akan didistribusikan secara masif, kamu tetap tak boleh lengah dengan corona. Faktanya, jumlah pasien terus bertambah seiring waktu. Menerapkan protokol kesehatan saja tentu tak cukup, harus dilakukan bersama dengan gerakan hidup sehat dan diimbangi dengan pola makan yang tepat.

Sudah pernah dengar soal pola makan yang tepat belum, Foodspoters? Kalau belum, tak perlu bingung. Berikut rekomendasi foodspot mengenai pola makan tepat demi hidup yang lebih sehat di tahun ini. Yuk, simak selengkapnya!

1. Pilih Makanan Sehat, Hindari Makanan Olahan

Via – Olya Kobruseva

Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah mengganti pilihan makananmu. Konsumsilah makanan yang bervitamin. Dalam konteks ini, makanan yang tinggi vitamin haruslah makanan yang tidak melewati banyak proses. Contohnya antara lain sayuran segar, daging segar, dan rempah-rempah segar.

Bagaimana dengan makanan kalengan? Sekalipun makanan kalengan mengandung banyak vitamin sebagaimana tercetak dalam kemasannya, makanan ini tak bisa dikatakan sebagai makanan sehat. Pasalnya, kandungan gula dan natriumnya justru cenderung lebih tinggi ketimbang nilai gizinya. Oleh karenanya, lebih baik dihindari sebisa mungkin, ya, Foodspoters!

2. Batasi Karbohidrat, Perbanyak Serat

Via – Karolina Grabowska

Kebanyakan masyarakat Indonesia, mungkin termasuk kamu, sulit dipisahkan dari nasi sebagai sumber karbohidrat. Sadar atau tidak, konsumsi nasi sebagai karbohidrat harian justru lebih tinggi ketimbang bahan pangan lainnya. Jika ditotal, konsumsi nasi per tahun mencapai 109 kg per orang. Jumlah ini terbilang sangat fantastis dan diduga kuat jadi penyebab diabetes mellitus tipe 2.

Angka tersebut baru diambil dari nasi, belum lagi konsumsi lain seperti gula, kentang, mie, pasta, sereal, dan makanan mengandung karbo lainnya. Oleh karenanya, mulai batasi karbohidrat sesegera mungkin, ya! Alih-alih mengonsumsi banyak karbohidrat, di tahun ini, mari perbanyak konsumsi serat. Saat mengonsumsi serat, kamu akan memperoleh banyak manfaat. Mulai dari melancarkan pencernaan, menurunkan kolestrol, mengendalikan kadar gula darah, dan lainnya.

3. Asupan Air Jangan Sampai Terlewat

Via – Lisa Fotios

Pola makan tepat nggak bisa dilepaskan dari asupan air minum. Seberapa sering kamu minum air putih di rumah? Saat waktu makan untuk membantu menelan, atau setiap kali setelah beraktivitas berat? Faktanya, kebutuhan setiap orang akan air putih itu berbeda, tergantung berat badan. Rumus sederhanannya adalah: Berat badan (kg) x 30 (ml).

Misalnya berat badanmu 50 kg, (50 x 30 ml = 1.500 ml), berarti jumlah asupan harian air yang dibutuhkan sebanyak 1,5 liter. Jadi, kalau dihitung dengan berat badan saat ini, berapa jumlah asupan harian air yang kamu butuhkan?

4. Waktu Makan Wajib Tepat

Via – Cats Coming

Jangan sampai telat makan, apalagi skip jam makan! Selain bisa meningkatkan risiko obesitas, waktu makan yang berantakan juga berpengaruh pada kesehatan, lho. Tahu kenapa? Emang, apa bedanya makan sekarang, sebentar lagi, atau justru nunggu siang sekalian?

DR. Greda Pot, dosen tamu Ilmu Gizi King’s College London mengungkapkan bila ada sebuah studi yang membuktikan bahwa sel dalam tubuh memiliki jam operasional tersendiri. Jam tertentu itulah yang membantu kamu tetap prima, mengatur tekanan darah, suhu tubuh, dan tingkat hormon. Itu artinya, makan tidak konsisten atau di jam yang tidak teratur akan mempengaruhi jam internal tubuh dan membuatmu merasa tidak enak badan.

Nah, itu rekomendasi foodspot untuk pola makan tepat demi lebih sehat di 2021. Gimana, cara-caranya nggak sulit, bukan? Yang paling sulit adalah mengumpulkan niat dan bersikap konsisten. Namun, demi hidup yang lebih sehat, semangat, ya! Ayo berjuang!


Udah tahu soal foodspot belum? foodspot merupakan portal katering terlengkap di Indonesia. Dengan foodspot, kamu bisa terhubung dengan ratusan katering rumahan dan restoran terkemuka. Kebutuhan katering besar untuk makan harian kantor, acara ulang tahun, pernikahan, atau bahkan arisan bisa disediakan oleh foodspot dalam satu kali pemesanan, lho! 

Leave a Reply

Back To Top