Kreasi Menu Olahan Udang Mewah, 30 Menit Jadi!

Kreasi Menu Olahan Udang Mewah, 30 Menit Jadi!

Kreasi Menu Olahan Udang Mewah, 30 Menit Jadi!

Siapa sih yang nggak suka udang? Udang adalah salah satu sumber protein hewani yang digemari banyak orang. Mulai dari anak-anak, orang dewasa sampai lanjut usia. Udang memiliki cita-rasa yang khas dengan tekstur daging yang lembut. Akan tetapi, menu olahan udang yang umum kita temukan biasanya berupa olahan udang khas seafood yang itu-itu saja.

Contohnya udang goreng tepung, udang asam manis, atau udang saos padang. Padahal, udang nggak melulu diolah seperti itu, lho. Yuk, simak dulu rekomendasi menu olahan udang yang mewah dan simpel berikut ini, nggak pake lama, 30 menit jadi!

Shrimp Scampi

Shrimp Scampi, Menu Olahan Udang Mewah, 30 Menit Jadi!

Siapin Dulu Bahan-bahannya!

450 gram udang ukuran besar yang sudah dikupas dan dibersihkan
Garam dan merica bubuk
2 sendok makan mentega
1 siung bawang putih cincang
1/4 sendok teh kulit lemon parut dan 1 sendok makan perasan lemon segar
2 sendok teh daun peterseli yang dicincang halus

Cara Membuat:

Pertama, letakkan udang di atas wadah sekali pakai dan tepuk-tepuk sampai benar-benar kering dengan tissue. Susun udang dengan rapi dan beri jarak yang sama antar-udang. Kemudian, panaskan wajan besar di atas api sedang. Bumbui udang dengan garam dan merica. Tambahkan mentega ke dalam wajan dan akan timbul busa. Saat busa mereda, besarkan api dan balikkan piring udang di atas wajan agar udang jatuh ke dalam wajan secara bersamaan. Selanjutnya, masak udang tanpa memindahkan posisinya selama 1 menit.

Selanjutnya, tambahkan bawang putih dan masak selama 1 menit. Balikkan udang dan biarkan selama 2 menit. Pindahkan udang ke mangkuk. Kemudian, kembalikan wajan ke atas api dan tuangkan perasan lemon. Rebus cairan hingga agak mengental selama sekitar 30 detik. Gosok bagian yang kecokelatan dari dasar wajan dengan sendok kayu. Tambahkan kulit lemon dan peterseli ke dalam saus. Kemudian, tuang saus di atas udang, bumbui dengan garam dan merica secukupnya dan aduk hingga rata. Terakhir, susun udang di atas piring dan sajikan.

Sweet and Sour Glazed Shrimp

Bahan-bahan:

1/4 cup saus prem Cina
1/4 cup saus tomat
2 sendok teh kecap
1/4 sendok teh bubuk paprika merah
600 gram udang ukuran sedang yang sudah dikupas dan dibuang ekornya
Garam dan bubuk lada hitam
1 sendok makan peanut oil
2 lembar daun bawang yang diiris tipis
1 siung bawang putih yang dicincang halus
1 sendok teh jahe segar yang dicincang halus
3 sendok makan cuka

Cara Membuat:

Pertama, aduk saus prem, saus tomat, kecap, dan bubuk lada dalam mangkuk kecil dan sisihkan. Kemudian, taburi udang dengan garam dan merica. Panaskan minyak dalam wajan di atas api sedang. Tambahkan udang ke wajan dan aduk sesekali sampai matang selama 2 hingga 3 menit. Pindahkan udang ke piring. Tambahkan daun bawang, bawang putih dan jahe ke dalam wajan dan masak hingga lunak selama kurang lebih 1 menit. Selanjutnya, tambahkan cuka dan gosok bagian kecokelatan yang menempel di dasar wajan secara perlahan. Masukkan campuran saus prem, saus tomat, kecap, dan bubuk lada, kemudian didihkan. Kembalikan udang ke wajan, tambahkan potongan daun bawang dan aduk hingga rata. Terakhir, susun udang di dalam piring. Jadi deh, menu olahan udang yang enak dan mewah!

Foodspoters, itulah ide kreasi menu olahan udang ala foodspot. Nggak butuh waktu lama, kamu bisa menikmati menu olahan udang yang enak dan kekinian. Selamat mencoba!


Udah tahu soal foodspot belum? foodspot merupakan portal katering terlengkap di Indonesia. Dengan foodspot, kamu bisa terhubung dengan ratusan katering rumahan dan restoran terkemuka. Kebutuhan katering besar untuk makan harian kantor, acara ulang tahun, pernikahan, atau bahkan arisan bisa disediakan oleh foodspot dalam satu kali pemesanan, lho! 

Leave a Reply

Back To Top