Resep Olahan Ayam yang Simpel dan Cocok untuk Bekal Makan Siang!

Resep Olahan Ayam yang Simpel dan Cocok untuk Bekal Makan Siang!

Resep Olahan Ayam yang Simpel dan Cocok untuk Bekal Makan Siang!

Makan olahan ayam memang selalu jadi jawaban, Foodspoters. Pas nggak tahu lagi mau makan apa, nggak salah lagi, makan ayam adalah solusinya. Ayam memiliki tekstur daging yang empuk dan rasa yang nikmat. Daging ayam mudah ditemukan di pasaran, mudah diolah, dan harganya juga terjangkau. Nggak heran kalau ayam jadi favorit semua orang. Ngomong-ngomong soal ayam, nih, foodspot punya resep olahan ayam yang simpel dan cocok untuk bekal makan siang. Penasaran apa saja? Yuk, simak semua resepnya!

Garlic Chicken and Potatoes

Resep Olahan Ayam yang Simpel dan Cocok untuk Bekal Makan Siang!

Resep olahan ayam yang pertama adalah, daging ayam yang diolah dengan garlic dan kentang.

Yuk, Siapin Dulu Bahan-bahannya!
800 g kentang, bagi menjadi empat bagian
3 sendok makan minyak zaitun
1/2 sendok teh biji jintan
Garam dan merica
4 siung bawang putih yang dicincang halus
2 sendok makan gula merah
1 buah lemon (½ bagiannya dijus, ½ bagian sisanya dipotong-potong)
Bubuk cabai secukupnya
400 g fillet dada ayam 
Peterseli cincang secukupnya

Cara Membuat:

Resep Olahan Ayam yang Simpel dan Cocok untuk Bekal Makan Siang!

Pertama, tempatkan wadah di sepertiga bagian bawah oven dan panaskan hingga 425 derajat C. Kemudian, aduk kentang dengan 1 sendok makan minyak zaitun, biji jintan, 3/4 sendok teh garam, dan merica sesuai selera. Letakkan kentang tersebut dalam loyang besar dan panggang sampai kentang mulai berwarna coklat selama 25 hingga 30 menit. Sambil menunggu kentang matang, panaskan 2 sendok makan minyak zaitun dalam wajan kecil dengan api sedang. Tambahkan bawang putih dan masak hingga berwarna keemasan selama sekitar 2 menit. Kemudian, angkat dari api dan masukkan gula merah, jus lemon, dan juga bubuk cabai.

Setelah itu, keluarkan loyang dari oven, susun kentang di bagian samping dan dada ayam di bagian tengah. Bumbui ayam dengan garam dan taburi dengan campuran bawang putih. Setelah itu, kembalikan ke oven dan panggang sampai ayam matang dan kentang empuk selama sekitar 20 menit. Setelah matang, keluarkan dari oven dan pindahkan ayam ke talenan kemudian potong-potong. Tambahkan daun peterseli ke dalam loyang dan aduk dengan kentang. Terakhir, sajikan ayam dengan kentang dan irisan lemon. Jadi, deh!

Parmesan Chicken

Resep Olahan Ayam yang Simpel dan Cocok untuk Bekal Makan Siang!

Resep olahan ayam selanjutnya adalah Parmesan Chicken yang nggak butuh lama untuk membuatnya. Kurang dari 30 menit, menu ini udah siap kamu santap.

Bahan-bahan:
4 hingga 6 potong dada ayam tanpa tulang dan kulit
150 g tepung serbaguna
1 sendok teh garam
1/2 sendok teh merica
2 butir telur
Air secukupnya
170 g remah roti kering yang sudah dibumbui
70 g Parmesan parut
Mentega secukupnya
Minyak zaitun
Salad sayuran, dicuci dan dikeringkan
1 resep saus lemon, resepnya berikut ini

Saus lemon:
1/4 cangkir jus lemon segar
1/2 sendok teh garam
1/2 cangkir minyak zaitun
1/4 sendok teh bubuk lada hitam

Cara Membuat:

Langkah pertama, pukul-pukul dada ayam hingga tebalnya 1/4 inci dengan menggunakan palu daging. Kemudian, siapkan tiga piring bersih. Campurkan tepung, garam, dan merica di piring pertama. Di piring kedua, kocok telur dengan sedikit air. Di piring ketiga, campurkan remah roti dan 1/2 cangkir parutan Parmesan. Lapisi dada ayam di kedua sisinya dengan adonan tepung, lalu celupkan ke dalam adonan telur. Angkat dada ayam kemudian gulingkan ke dalam adonan tepung roti sambil ditekan-tekan lembut. Selanjutnya, panaskan 1 sendok makan mentega dan 1 sendok makan minyak zaitun dalam wajan besar dan masak dada ayam dengan api sedang selama 3 menit hingga matang. Aduk sayuran salad dengan saus lemon. Letakkan salad secukupnya di setiap dada ayam dan taburkan parmesan parut di atas-nya. Parmesan Chicken, olahan ayam yang nikmat siap kamu santap!

Nah, itulah empat resep olahan ayam rekomendasi dari foodspot. Dari resep-resep di atas, kira-kira resep olahan ayam mana yang mau kamu coba?


Udah tahu soal foodspot belum? foodspot merupakan portal katering terlengkap di Indonesia. Dengan foodspot, kamu bisa terhubung dengan ratusan katering rumahan dan restoran terkemuka. Kebutuhan katering besar untuk makan harian kantor, acara ulang tahun, pernikahan, atau bahkan arisan bisa disediakan oleh foodspot dalam satu kali pemesanan, lho!

Leave a Reply

Back To Top