Yuk, Intip 6 Kue Khas Natal Terfavorit di Dunia!

Yuk, Intip 6 Kue Khas Natal Terfavorit di Dunia!

Natal identik dengan perayaan yang meriah. Mulai dari dekorasi yang semarak, kado-kado cantik, hingga kue khas natal sebagai pelengkap. Nah, bicara soal kue natal, tahukah kamu bahwa setiap negara punya kue natal unik tersendiri, lho! Yuk, intip dulu enam kue natal dari berbagai belahan dunia berikut ini.

Panettone – Italia

Via – Recetin

Panettone adalah kue khas Italia yang biasa disajikan dan disantap saat malam Natal. Kue ini berbahan dasar mentega, gula, gandum, telur, kismis dan beragam manisan buah. Panettone sendiri bertekstur empuk, lembut dan bercita rasa manis.

Speculaas – Belanda

Mengutip Gourmet, kata speculaas sendiri berasal dari kata “speculum” yang berarti cermin. Kue ini berbahan dasar tepung, mentega, gula, dan rempah-rempah seperti kayu manis, jahe dan cengkeh. Rempah-rempah yang digunakan harus terlebih dahulu dipanggang sampai kering lalu dihaluskan dan diayak sampai menjadi serbuk halus. Speculaas ini biasanya berbentuk persegi, tipis, beraroma wangi dengan cita rasa khas gula palem. Walau sudah ada sejak lama, kue ini masih sering disajikan saat perayaan Natal di Belanda.

Pecan Pie – Amerika Serikat

Pecan Pie, kue khas Natal dari Amerika Serikat

Pecan Pie adalah pie dari Amerika Serikat dengan hiasan kemiri dibagian atasnya. Di Amerika Serikat, kemiri memang lazim dijadikan sebagai pelengkap untuk memasak. Pecan Pie berbahan dasar sirup jagung dan kemiri yang dikombinasi dengan gula merah, gula putih, mentega, vanilla dan kayu manis. Bahan tambahan tersebut dijadikan filling kemudian dimasukkan kedalam pie crustnya. Untuk memperindah tampilan kue, kemiri tambahan ditaburkan pada bagian atas pie

Pavlova – Australia

Pavlova, kue khas Natal favorit dari Australia

Pavlova memiliki tekstur luar yang renyah dan bagian dalam lebih lembut dengan tambahan whipped cream dan topping buah-buahan. Pada dasarnya, pavlova adalah sponge cake yang dibuat dari campuran putih telur kocok dan gula. Putih telur yang digunakan harus segar agar busa yang tercipta saat pengocokan memiliki tekstur yang lebih baik dan mudah dibentuk. Pavlova sendiri berasal dari Australia kemudian berkembang ke Selandia Baru.  Dengan tampilan yang elegan, pavlova kerap disajikan pada saat perayaan Natal.

Krumkake – Norwegia

Via – Cooking Mamas

Krumkake memilki tekstur tipis dan renyah mirip kue semprong yang biasanya diisi dengan krim manis ditengahnya. Kue yang sudah ada sejak abad ke-19 ini dicetak khusus dengan cetakan besi bermotif khas yang menggunakan api atau listrik. Untuk mendapatkan gulungan krumkake yang sempurna, krumkake digulung menggunakan cookie roller khusus yang terbuat dari kayu. Biasanya, krim dalam krumkake bercita rasa manis yang menjadi kesukaan semua kalangan. Selain menjadi kue khas Natal, masyarakat Norwegia juga kerap menjadikan krumkake sebagai kudapan sehari-hari.

Yule Log – Prancis

Yule Log, kue khas Natal favorit di Prancis

Yule log atau buche de noel adalah kue bolu gulung dari Prancis yang berbentuk batang kayu. Bolu gulung terlebih dahulu diolesi krim untuk dilapisi cokelat buttercream supaya tampilannya menyerupai batang pohon. Untuk memperindah tampilan, yule log kemudian dihias dengan ornamen daun yang terbuat dari meringue ataupun marzipan, serta berbagai dekorasi lain.

Foodspoters, itulah enam kue khas Natal dari berbagai negara yang populer hingga kini. Manis dan lezatnya kue-kue tersebut akan menyempurnakan indahnya Natal. Dari enam hidangan kue di atas, mana yang jadi favoritmu?


Udah tahu soal foodspot belum? foodspot merupakan portal katering terlengkap di Indonesia. Dengan foodspot, kamu bisa terhubung dengan ratusan katering rumahan dan restoran terkemuka. Kebutuhan katering besar untuk makan harian kantor, acara ulang tahun, pernikahan, atau bahkan arisan bisa disediakan oleh foodspot dalam satu kali pemesanan, lho! 

Leave a Reply

Back To Top