Tahun Baruan Hacks: 5 Makanan dan Minuman Alami yang Cepat Menurunkan Kolesterol

Tahun Baruan Hacks: 5 Makanan dan Minuman Alami yang Cepat Menurunkan Kolesterol

Bakar-bakaran selalu identik dengan perayaan tahun baru. Akan tetapi, meskipun enak dan momennya menyenangkan, kamu perlu memperhatikan pengingkatan kadar kolesterol dalam tubuh setelah bakar-bakaran. Udah tahu apa itu kolestrol, belum? Kolesterol merupakan senyawa bersifat mirip lemak yang hidup secara alami hamper di setiap bagian tubuh seseorang seperti jantung, hati, usus, otot, sarag dan otak. Kolesterol bersumber dari hati dan makanan yang dikonsumsi setiap hari. Kadar kolesterol yang ada dalam tubuh harus selalu dikontrol supaya nggak melebihi batas normal yaitu di bawah 200 miligram per desiliter (mg/dl). Apabila kadar kolesterol nggak dikontrol, maka tubuh akan rentan terkena penyakit, seperti stroke hingga jantung. Untuk menjaga kadar kolesterol dan menurunkan kolesterol dalam tubuh, kamu bisa melakukannya dengan mengonsumsi makanan dan minuman berikut ini.

1. Minyak zaitun

via: – Grid.id

Minyak zaitun memiliki banyak kandungan lemak tak jenuh tunggal dan vitamin E yang bisa menurunkan kolesterol (LDL) atau lemak jahat dan menaikkan HDL Kolesterol atau lemak baik. Oleh karena itu minyak zaitun bisa menjadi alternatif pengganti minyak goreng biasa untuk menurunkan kolesterol dalam tubuh. Kamu juga bisa menggunakan minyak zaitun pada salad sayuran sebagai salah satu bahan dressing.

2. Kacang-kacangan

via: – lifestyle.kompas.com

Kacang memiliki kandungan serat larut yang sangat tinggi. Kandungan serat tersebut dapat membantu menurunkan kolesterol dalam tubuh sehingga kacang juga cocok menjadi makanan untuk diet yang sehat. Mengonsumsi kacang-kacangan secara teratur selama 6 minggu dapat menurunkan kadar kolesterol hingga 10%. Jenis kacang-kacangan yang dapat dikonsumsi antara lain seperti kacang panjang, kacang merah, kacang almond, dan buncis. Selain itu, kacang kedelai juga bisa menjadi alternative karena kedelai memiliki zat isoflavone yang dapat menekan kolesterol jahat di aliran darah . Makanan dari kacang kedelai yang mudah dikonsumsi antara lain tahu, tempe, oncom, dan susu kedelai. Mengonsumsi sebanyak minimal 25 gram protein kedelai perhari sangat disarankan untuk menurunkan kolesterol.

3. Teh hijau

via – Liputan6

Teh hijau mampu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh sebanyak 2 hingga 5 persen. Hal ini karena teh merupakan salah satu herbal alami yang juga dipercaya dapat membilas lemak yang ditimbun dalam tubuh. Kandungan kalori yang rendah dalam teh hijau juga dapat dimanfaatkan untuk pilihan menu diet.

4. Alpukat

Via – SelectHealth

Alpukat banyak mengandung asam lemak tak jenuh tunggal yang bermanfaat menurunkan kadar kolesterol jahat dan meningkatkan kadar kolesterol baik. Beta-sistosterol yang terkandung dalam alpukat juga membantu mengurangi jumlah kolesterol yang diserap dari makanan. Namun karena kandungan kalori dan lemak dalam alpukat yang cukup tinggi, sebaiknya kamu tetap harus membatasi jumlah konsumsi alpukat supaya nggak berlebihan.

5. Ikan Salmon

via: – customseafoods.com

Ikan Salmon bisa membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan trigliserida dan meningkatkan produksi kolesterol baik (LDL) dalam tubuh karena banyak mengandung omega-3. Ikan salmon juga mengandung EPA dan DHA yang baik bagi kesehatan jantung. Mengonsumsi ikan salmon atau ikan lain seperti tuna, sarden, atau makarel secara reguler sebanyak 2 porsi dalam seminggu mampu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

Jika menu-menu sehat di atas rajin kamu konsumsi, kamu nggak perlu lagi terlalu khawatir akan kadar kolesterol dalam tubuh. Soalnya, kamu sudah mengontrol makanan yang kamu makan. Kamu jadi bisa, deh, menikmati acara makan-makan tahun baruan bersama kerabat dengan santai!

Leave a Reply

Back To Top