5 Santapan Khas Natal di Berbagai Daerah Indonesia

5 Santapan Khas Natal di Berbagai Daerah Indonesia

Bulan Desember sudah memasuki minggu kedua, itu artinya Natal sudah semakin dekat! Perayaan Natal selalu disambut meriah dan identik dengan waktu kumpul bersama keluarga. Nah, waktu kumpul nggak akan terasa semarak tanpa kehadiran santapan khas yang jadi ciri atau simbol tradisi tertentu. Kalau di luar negeri setiap natal ada hidangan spesial, di Indonesia juga demikian. Berikut 5 santapan khas Natal di Indonesia yang bisa kamu coba!

1. Kue Poporcis khas Ambon

via: – resepharian.com

Apa bedanya poporcis dengan poffertjes? Keduanya sama! Kue poporcis atau poffertjes merupakan kue berbentuk seperti pancake yang terbuat dari labu kuning dicampur terigu. Kue asli Belanda ini punya tekstur yang lembut dan mengenyangkan. Bagi masyarakat di Ambon, poporcis adalah hidangan wajib saat Natal. Kue ini biasa disantai saat pagi hari, sebagai sarapan bersama keluarga.

2. Klapertart khas Manado

via: – resepdanmasakan.com

Selain makanan berat sebagai main course saat Natal, makanan yang manis juga bisa dijadikan sebagai pilihan dessert atau makanan penutup. Di Manado, Klapertart sering menjadi pilihan makanan penutup saat Natal. Kalpertart adalah kue legit berbahan dasar kelapa, tepung, susu, mentega dan telur. Rasanya yang legit sangat cocok untuk disantap bersama saat Natal bersama orang-orang terkasih.

3. Ayam Budu-budu khas Makassar

via – Gurumasak

Tenang, tak hanya makanan manis! Di Indonesia, santapan khas Natal ada juga yang asin. Penasaran? Coba, datang ke Makassar saat Natal nanti. Di sana, kamu akan menemui santapan khas bernama ayam budu-budu. Hidangan ayam budu-budu ini merupakan ayam yang dimasak bersama air jeruk nipis, air asam Jawa, jahe, dan daun bawang. Rasanya gurih dan nyegerin!

4. Lapet khas Tapanuli

via: – pmp14.blogspot.com

Indonesia itu kaya rasa! Masih banyak santapan khas Natal lainnya yang wajib kamu coba. Di Tappanuli misalnya, ada lapet yang jadi makanan khas Natal. Kue tradisional ini terbuat dari tepung beras berisi campuran kelapa parut dan gula merah yang dibungkus dengan daun pisang. Bentuk kue ini menyerupai piramida yang lumer di dalamnya. Lezat!

5. Bagae khas NTT

via: – inibaru.id

Kalau di Ambon ada kue Poporcis, di NTT ada kue Bagea yang menjadi kudapan wajib saat Natal. Kue ini dibuat dari sagu, gula halus, biji cintang, minyak sayur, tepung terigu, ditambah kacang cintang halus, bumbu kayu manis, dan bubuk cengkeh. Kudapan kaya rempah-rempah ini cocok untuk disantap bersama segelas kopi panas atau teh. Natal dijamin jadi lebih hangat dan manis, deh!

Dari 5 santapan khas ini udah pernah kamu coba semua, belum? Kalau belum, segera coba dan jadikan hidangan tersebut sebagai pelengkap Natalmu. Selamat menikmati Natal dengan lebih manis dan semarak, ya, Foodspoters!

Leave a Reply

Back To Top