Makan Prasmanan Ada Etikanya, lho! Apa Aja, Ya?

Makan Prasmanan Ada Etikanya, lho! Apa Aja, Ya?

Makan prasmanan atau buffet merupakan sistem atau cara penyajian makanan di mana orang yang datang untuk makan harus melayani dirinya sendiri (self service). Jamuan prasmanan biasanya bisa ditemui di restoran hotel, acara-acara seperti pernikahan, dan beberapa restoran yang memang khusus menyediakan all you can eat buffet. RestoranĀ all you can eat biasanya menjual pilihan set menu makanan dengan harga yang berbeda-beda. Hara satu set makanan tergantung jumlah jenis makanan dalam set tersebut. Makanan yang disediakan biasanya lengkap dari makanan pembuka (appetizer), makanan utama (main course), makanan pendamping (side dish), dan makanan penutup (dessert).

Dalam sebuah jamuan prasmanan, kita bisa memilih dan mengambil sendiri makanan yang kita inginkan. Namun selalu ada saja orang yang kurang bisa menjaga sikapnya sampai mengganggu kenyamanan orang lain. Misalnya mengambil terlalu banyak makanan atau dengan sengaja memotong antrean dan membuat jengkel orang lain. Padahal ada lho etika ketika makan prasmanan! Apa saja ya etikanya? Yuk simak!

1. Keliling dulu sebelum memilih makanan

Via – Brown Brothers Catering

Sebelum mengambil makanan, kamu sebaiknya keliling dulu untuk melihat ada pilihan makanan apa saja yang disediakan. Tujuannya adalah supaya Foodspoters tidak buang waktu antre dan salah memilih makanan. Kalau sudah yakin mau makan apa, baru deh ikut antrean.

2. Jangan suka mendahului, budayakan antre!

Via – Thebalancesmb

Setelah memilih makanan apa saja yang ingin dimakan, budayakan untuk mengantre. Semua orang lapar dan ingin segera makan, tapi kalau tidak ada yang mau antre nanti malah jadi tidak nyaman. Oleh karena itu Foodspoters harus antre dulu baru ambil makan setelah dapat giliran. Setuju?

3. Ambil makanan secukupnya

Via – Ytimg

Memang kalau melihat ada macam-macam makanan enak rasanya ingin sekali mencoba semuanya. Namun kita tidak mungkin bisa menghabiskan semua kan? Maka dari itu sebaiknya Foodspoters mengambil makanan secukupnya saja. Kalau memang ingin mecoba banyak jenis menu makanan, bisa disiasati dengan mengambil sedikit-sedikit per jenis makanan.

4. Duduk di tempat yang sudah disediakan

Via – Videoblocks

Kalau sudah puas mengambil makanan, segera duduk di tempat yang sediakan untuk makan. Jika sudah duduk, Foodspoters akan bisa makan dengan nyaman tanpa menggangu orang lain yang masih mengantre untuk mengambil makan. Jika sedang berada di standing party, usahakan mencari tempat yang tidak terlalu ramai orang lalu lalang supaya bisa makan dengan nyaman.

Sebenarnya bukan saat makan prasmanan saja, makan di mana pun kita harus memperhatikan etikanya supaya tidak mengganggu kenyamanan orang lain. Selain supaya tidak mengganggu kenyamanan orang lain, makan dengan etika yang baik juga akan menghindarkan Foodspoters dari malu karena makan sembarangan. Jadi, jangan lupa perhatikan etika ketika makan, ya!

Leave a Reply

Back To Top