Filosofi Tumpeng: Beda Warna Beda Makna, Pilih yang Mana?

Filosofi Tumpeng: Beda Warna Beda Makna, Pilih yang Mana?

Di acara penting, nasi tumpeng hampir selalu jadi primadona alias hidangan utama. Tumpeng dipilih bukan hanya karena bentuknya yang lucu atau karena porsinya yang banyak saja, lho. Melainkan juga sebagai simbol atau lambang tertentu. Jika dilihat dari bentuknya yang kerucut, tumpeng melambangkan harapan untuk hidup sejahtera. Lalu, lauk-pauknya yang bisanya berjumlah tujuh, disimbolkan sebagai pitulungan atau pertolongan.

Tak hanya simbol pada bentuk dan jumlah lauknya, tumpeng juga meyimpan simbol di balik setiap warnanya. Nah, penasaran apa saja arti di balik warna nasi tumpeng? Yuk, simak dulu selengkapnya berikut ini!

1. Tumpeng Putih

Via – Derantang

Nasi tumpeng berwarna putih biasanya menggunakan nasi putih biasa (tanpa rasa) atau nasi uduk berwarna putih. Tumpeng ini biasanya digunakan pada acara sakral, keagamaan, dan yang bersifat spiritual lainnya. Warna putih pada tumpeng ini melambangkan kesucian.

2. Tumpeng Kuning

Via – Nasi Kentjana

Nasi tumpeng berwarna kuning pastinya tak asing buatmu. Tumpeng ini paling banyak ditemukan di berbagai acara, dari pernikahan, kelahiran, ulang tahun, dan lainnya. Warna kuning pada tumpeng ini melambangkan kesejahteraan, kekayaan, rezeki, dan hal lainnya yang bersifat suka cita.

3. Tumpeng Merah Putih

Via – Pinterest

Nasi tumpeng berwarna merah putih mungkin jarang kamu temukan. Tumpeng berwarna ini pada umumnya hadir di perayaan kenegaraan, seperti Tujuh Belasan. Tumpeng model ini biasanya disajikan dalam dua model, yaitu satu kerucut atau dua kerucut.

Jika kerucutnya hanya satu, warna merah akan berada pada bagian atas dan warna putih ada di bagian bawah. Lalu, jika kerucutnya ada dua, biasanya satu kerucut berwarna merah dan satu kerucut lagi berwarna putih. Warna tumpeng merah putih dipilih untuk mewakili warna bendera, lambang negara kita tercinta. 

Nah, itu dia info di balik tiga warna nasi tumpeng yang ada di sekitarmu. Dari tiga warna tersebut, mana yang paling pas buat acaramu? Apapun jenis tumpeng dan warna yang kamu butuhkan bisa kamu temukan di Foodspot. Yuk, pesan tumpengnya dari sekarang supaya tak kelupaan!

Leave a Reply

Back To Top