5 Makanan Unik Dunia Pembawa Keberuntungan di Tahun Baru

5 Makanan Unik Dunia Pembawa Keberuntungan di Tahun Baru

Malam pergantian tahun tidak terasa sudah tinggal hitungan hari. Menjelang penghujung tahun 2018 ini, kebanyakan orang biasanya sudah merencanakan matang-matang momen pergantian tahunnya. Selain liburan keluar kota yang sering menjadi pilihan banyak orang, banyak juga yang sekadar merayakan tahun baru dengan makan malam bersama keluarga. Makan malam spesial di malam perayaan pergantian tahun tentunya akan lebih lengkap dengan menu makanan spesial khas tahun baru. Setiap negara biasanya memiliki pilihan menu khas untuk tahun baru. Beberapa di antaranya justru dianggap “membawa keberuntungan”. Apa aja, ya? Berikut adalah beberapa makanan yang dianggap membawa keberuntungan tersebut!

1. Delima

via: – resepkoki.id

Bagi orang Turki, warna merah dianggap melambangkan umur yang panjang dan kesuburan. Oleh karena itu, buah Delima di negara tersebut dianggap sebagai buah keberuntungan karena warnanya yang merah seperti warna jantung manusia. Buah Delima dipercaya dapat meningkatkan kesehatan dan kemakmuran seseorang. Ternyata, anggapan buah delima sebagai buah keberuntungan ini tidak hanya karena warnanya yang merah, namun juga didasari fakta bahwa buah delima memliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh seperti mencegah kanker dan meningkatkan system imun.

2. Mie Panjang

via: – kumparan.com

Dalam budaya keluarga Chinese, biasanya menu yang selalu ada saat tahun baru adalah Mie. Mie khas yang biasanya selalu disajikan di malam tahun baru Imlek ini bertekstur kenyal dan gurih. Biasanya mie ini disajikan dalam keadaan yang masih panjang (atau utuh) dan tidak boleh dipotong saat dimakan. Mie tersebut tidak dipotong pendek karena mie yang panjang dianggap melambangkan umur yang panjang, rezeki yang melimpah, dan kebahagiaan yang berlimpah.

3. Ikan

via: – christinascucina.com

Banyak negara di dunia yang memiliki kepercayaan bahwa ikan adalah jenis makanan yang membawa keberuntungan. Contohnya adalah China, dimana ikan dianggap sebagai lambang keberuntungan dan kebahagiaan. Selain di China, negara lain yang mengonsumsi ikan sebagai makanan keberuntungan adalah Jerman, dimana beberapa masyarakatnya mengonsumsi ikan carp dan terkadang menyimpan sisiknya di salam dompet untuk membawa keberuntungan. Santapan ikan juga menjadi salah satu menu pilihan saat tahun baru di Italia. Di Italia, terdapat baccalà atau sejenis ikan kod yang diasinkan.

4. Anggur

via: – economictimes.com

Mengonsumsi buah anggur saat lonceng tahun baru berbunyi, merupakan tradisi yang sering dilakukan di Spanyol dan Portugal. Katanya, setiap buah yang dimakan melambangkan setiap bulan dalam setahun. Tidak hanya di Spanyol dan Portugal, tradisi tersebut juga banyak dilakukan di negara-negara lain seperti Peru, Kuba, Ekuador, dan Venezuela.

5. Lentil

via: – thecozyapron.com

Lentil merupakan jenis kacang berbentuk lebar dan pipih seperti koin. Karena bentuknya tersebut, lentil sering dianggap sebagai makanan pembawa nasib baik. Anggapan tersebut sudah ada sejak era kerajaan Romawi sedang berjaya. Lentil biasanya dikonsumsi bersama nasi oleh orang-orang di Brazil, sedangkan di Jerman, lentil biasa diolah menjadi sup.

Perihal apakah makanan-makanan tersebut benar membawa keberuntungan, tentunya kembali ke pribadi masing-masing. Lalu, apakah makanan pembawa keberuntungan versi kamu?

Leave a Reply

Back To Top