4 Rekomendasi Makanan dan Minuman Penghangat Tubuh Selain Jahe

4 Rekomendasi Makanan dan Minuman Penghangat Tubuh Selain Jahe

Nyadar nggak sih kalau akhir-akhir ini hujan sering banget turun? Bahkan, bisa dibilang hampir tiap hari, lho! Nah, saat hujan turun, suhu udara ikut mengalami penurunan alias jadi lebih dingin dari biasanya. Dalam situasi ini, nggak jarang tubuh mendadak kedinginan meski kamu cuma diam di rumah aja dan nggak kebasahan. Kalau situasi seperti biasa, mungkin gampang, ya. Tinggal cari abang tukang bakso yang mangkal di dekat rumah. Namun, di tengah pandemi yang mengharuskan kita membatasi interaksi dengan orang lain, agaknya kamu harus pilih alternatif lain. Nah, bagi sebagian besar orang, jahe selalu jadi alternatif yang ampuh untuk mengatasi kedinginan. Namun, bagaimana kalau kamu nggak suka jahe? Makanan dan minuman apa yang ampuh untuk mengatasi masalah ini, ya? Berikut rekomendasi selengkapnya!

1. Oatmeal

Via – Margarita Zueva

Punya stok oatmeal di rumah? Kalau iya, bagus banget! Itu bisa jadi solusi untuk menghangatkan tubuh. Faktanya, oats atau oatmeal terbuat dari gandum utuh yang diperkaya dengan serat dan protein nabati. Kompleksitas oatmeal ini membuat tubuh perlu waktu lebih lama untuk mencernannya, lho. Selama proses pencernaan, akan ada banyak energi panas yang dihasilkan. Jadi, kamu nggak hanya akan kenyang lebih lama, tapi juga selalu merasa hangat! Mau makan oatmeal dengan lauk pauk atau kacang-kacangan boleh banget.  Namun, kalau kamu malas makan, cukup seduh susu cokelat dengan campuran sedikit oatmeal saat hujan sebagai pengusir dingin!

2. Apel

Via – Twinsfisch

Nggak suka oatmeal? Tenang, ada alternatif buah yang bikin badan terasa hangat, yaitu apel. Kenapa, ya? Soalnya, apel kaya akan kandungan serat, baik serat larut maupun tak larut. Kombinasi kedua serat ini akan membuat kamu jadi nggak mudah lapar dan merasa lebih hangat sekaligus menjaga kesehatan pencernaan. Ngomongin soal apel, berdasarkan pernelitian dari Montefiore Medical Center NYC, sumber serat terbaik bukan ada pada daging buahnya, melainkan kulitnya. Oleh karenanya, pastikan bahwa kamu mencuci apel yang akan dikonsumsi terlebih dahulu, ya!

3. Pisang

Via – Rémi Müller

Malas makan apel karena perlu mencuci dan memotong-motongnya dulu? Kalau iya, pisang bisa jadi alternatif. Dalam pisang, terdapat kandungan vitamin B dan magnesium. Kedua kandungan ini akan merangsang tiroid dan kelenjar adrenal bekerja untuk menghangatkan tubuh. Supaya mekanismenya optimal, santap pisang dengan roti gandum atau kacang-kacangan, ya!

4. Teh Hijau

Via – Sarah Gualtieri

Belum belanja bulanan karena fokus di rumah aja? Nggak perlu panik. Stok teh hijau di lemari bisa jadi solusi. Kandungan kafein dan polifenol dalam teh hijau sangat ampuh dalam meningkatkan panas tubuh. Nggak heran, minuman yang satu ini kerap jadi andalan untuk membakar lemak dalam tubuh. Menyiapkan segelas teh hijau hangat dengan tambahan satu sendok madu saat hujan nggak sulit untuk dilakukan, kan?

Nah, itu dia beberapa makanan dan minuman apa yang ampuh untuk mengusir dingin saat hujan. Mana yang jadi favoritmu, Foodspoters?

Leave a Reply

Back To Top