MEMBERDAYAKAN DIFABEL UNTUK BEKERJA SECARA LAYAK

MEMBERDAYAKAN DIFABEL UNTUK BEKERJA SECARA LAYAK

JAKARTA, September 2022 – Memiliki kekurangan fisik bukanlah halangan bagi para difabel untuk dapat bekerja dan berkontribusi. Dengan kekurangan fisik yang dimiliki, para penyandang disabilitas harus mempertahankan semangat dalam bekerja sebagai bukti bahwa kekurangan fisik bukanlah hambatan untuk meraih apa yang diinginkan. 

Saat ini, Foodspot Indonesia sedang bekerjasama dengan PT. Loreal yang berada di Kuningan, Jakarta Selatan. Kolaborasi bernama KITA KANTIN ini datang langsung dari kantor pusat Loreal yang berada di Paris, Perancis; dan bukan berdasarkan UU disabilitas yang mewajibkan perusahaan swasta untuk merekrut 1% masyarakat difabel sebagai karyawan. Melalui kolaborasi ini, Foodspot diberikan kesempatan menjadi penyalur kebutuhan pangan serta tenaga kerja difabel untuk dapat memenuhi kebutuhan makanan harian di kantor pusat Loreal Indonesia. 

Gambar 1 KARYAWAN KITA KANTIN

Program ini dimulai sejak 15 Juli 2022, dengan harapan bahwa program untuk mempekerjakan kaum penyandang disabilitas tidak berhenti pada sebatas kantin karyawan saja. Loreal memiliki komitmen untuk terus memperluas program ini kedepannya, yaitu di coffee shop dan mungkin pada beberapa divisi tertentu yang berlokasi di kantor pusat Loreal. Saat ini, Foodspot mempekerjakan 4 karyawan disabilitas yang memiliki disabilitas tuna daksa yaitu kelainan pada anggota tubuh di daerah kaki sehingga menyebabkan mobilitas mereka terbatas; yang akan melayani KITA KANTIN. Kantin mulai beroperasi pada hari kerja mulai pukul 9 pagi hingga 2 siang. Setiap harinya terdapat sekitar 250 hingga 300 porsi makanan yang dikonsumsi dari hari Senin hingga Jumat. Karyawan PT. Loreal dapat menikmati berbagai menu catering yang disediakan dalam bentuk prasmanan, menu ala carte, snack hingga menu breakfast

Program KITA KANTIN membuktikan bahwa tidak hanya masyarakat normal yang dapat berpartisipasi penuh, masyarakat difabel juga dapat bekerja dengan baik dan penuh semangat. Karyawan dari program KITA KANTIN pun merasa senang karena tidak dipandang sebelah mata dan dapat bekerja dengan semestinya. Menurut Widia, salah satu pekerja difabel, mencari pekerjaan bagi orang difabel bukanlah hal yang mudah. Bagi Widia, dengan bekerja di KITA KANTIN, para pekerja difabel dapat menunjukkan kepada masyarakat luas bahwa kekurangan fisik tidak menjadi batasan bagi mereka untuk dapat melayani sesama. Shakira, salah satu pekerja difabel sebagai pramusaji mengungkapkan “Program KITA KANTIN merupakan langkah baru inovatif yang dapat mendorong perusahaan lain untuk mulai mempercayai masyarakat difabel untuk dapat bekerja layaknya masyarakat lain”.

Sementara itu, PT. Loreal pun merasa senang dengan adanya program KITA KANTIN dari Foodspot Indonesia, dimana mereka tidak lagi menilai bahwa orang berkebutuhan khusus tidak bisa melakukan apa-apa. Program KITA KANTIN membuktikan bahwa orang berkebutuhan khusus juga memiliki semangat yang tinggi dalam bekerja dan dapat memberikan pelayanan dengan baik.

Tentang PT Klik Eat Indonesia

PT Klik Eat Indonesia adalah portal katering terbesar di Indonesia yang dimulai melalui Klik-eat pada 2013. PT Klik Eat Indonesia kemudian berinovasi dan memulai Foodspot.co.id sebagai pelayanan makanan dan minuman khusus untuk perusahaan dan kelompok. PT Klik Eat Indonesia menyediakan konsultasi katering yang mendalam dan berbagai menu yang dapat disesuaikan dengan keinginan dan kebutuhan pelanggan. PT Klik Eat Indonesia juga mengakselerasi dan menyederhanakan metode pemesanan makanan dan minuman melalui Foodspot dengan berbagai metode pembayaran yang mudah. Untuk informasi lebih lanjut, silahkan mengakses ke https://foodspot.co.id

Baca juga di: https://www.vritimes.com/articles/86794071-3333-11ed-a8c3-0a58a9feac02

Leave a Reply

Back To Top