5 Pilihan Ayam Goreng Unik yang Wajib Banget Dicoba!

5 Pilihan Ayam Goreng Unik yang Wajib Banget Dicoba!

Foodspoters, tahukah kamu, Indonesia itu kaya akan rasa! Oleh karena itu, nggak heran, satu menu punya banyak banget varian. Untuk membuktikannya, coba ingat-ingat, ada berapa menu ayam goreng yang sudah pernah kamu coba sejauh ini? Ayam goreng kalasan, ayam goreng serundeng, atau ayam goreng bumbu kuning tentu nggak asing, bukan? Nah, selain ketiga varian ayam goreng itu, masih ada varian ayam goreng yang lain. Rasanya dipastikan beda-beda dan khas banget!

1. Ayam Goreng Mentega

Via – BukaReview

Ayam goreng mentega ini beda dari ayam goreng lainnya. Ayam yang satu ini punya sedikit bumbu gurih sebagai sausnya. Rasa gurih sausnya itu berasal dari campuran rempah, mentega, dan kecap inggris. Disantap bersama capcay dan nasi hangat jadi makin mantap!

2. Ayam Tangkap

Via – Tastemade

Pernah dengar soal ayam tangkap, Foodspoters? Menu ayam goreng yang satu ini berasal dari daerah Aceh. Dari fotonya, kamu pasti setuju bahwa tampilannya sangatlah cantik, kaya warna. Ayam goreng berwarna kecokelatan dihidangkan bersama daun kari hijau kering dan cabai merah goreng. Gimana dengan rasanya, apakah secantik penampilannya? Tentu! Sekali coba, kamu pasti ketagihan. Dalam sekali suapan, kamu akan menemukan perpaduan rasa gurih, pedas, serta rasa rempah-rempah segar. Teksturnya yang renyah pun pasti bikin kamu nggak bisa berhenti makan!

3. Ayam Goreng Andaliman

Via – Tastemade

Bukan cuma ayam tangkap aja yang berasal dari Sumatera, lho. Ada ayam goreng andalima juga! Gimana dengan menu yang satu ini? Beda dari ayam goreng lainnya yang biasa disajikan kering, ayam goreng andaliman disajikan dengan bumbu bersantan. Sekilas, tampilannya mirip opor. Namun, dari rasanya tentu berbeda. Nama “andaliman” sendiri berasal dari salah satu rempah yang dipakai, yaitu cabai rawit andaliman.

4. Ayam Goreng Paniki

Via – Cookpad

Pencinta masakan Sulawesi, khususnya Manado mungkin sudah nggak asing dengan ayam paniki. Dimasak dengan rempah khas Indonesia, santan dan taburan daun jeruk dan juga daun pandan, ayam goreng paniki memiliki rasa gurih dan juga aroma yang sangat khas.

5. Ayam Goreng Bacem

Via – Kumparan

Kamu pasti sudah nggak asing dengan ayam goreng bacem. Ayam goreng berwarna cokelat dengan rasa gurih sekaligus manis ini mudah banget ditemui, terutama di restoran Jawa. Warna dan rasa ayam goreng ini khas banget, rasanya meresap hingga ke tulang. Ayam goreng bacem biasanya dihidangkan bersama dengan tahu dan tempe bacem juga, lho!

Leave a Reply

Back To Top