Tips Puasa Anti-lemas yang Pas Banget Buat Anak Kantoran!

Tips Puasa Anti-lemas yang Pas Banget Buat Anak Kantoran!

Salah satu hal terberat yang dihadapi anak kantoran di bulan puasa adalah rasa lemas, terutama di jam mendekati makan siang seperti sekarang ini. Dari rasa lemas itu, timbulah rasa malas untuk bergerak, rasa enggan mengerjakan pekerjaan, hingga rasa kantuk yang teramat sangat. Apakah itu bermasalah? Tentu! Soalnya, apa pun kondisimu, KPI di bulan May ini terus berjalan. Kalau nggak achieve, bisa-bisa bonusmu buat lebaran mendatang nggak turun. Bukan begitu, Foodspoters?

Puasa sesungguhnya bukan alasan untuk bermalas-malasan, Foodspoters. Di bulan ini, kamu justru harus menambah banyak kegiatan, sebab semua hal baik, termasuk bekerja, akan diganjar pahala. Nah, untuk membantu kamu mengatasi rasa lemasmu dalam berbuat kebaikan, Foodspot punya tips puasa khusus. Tips puasa ini bukan sembarang tips, lho, namun sudah disesuaikan dengan kebutuhan anak kantoran yang nggak punya banyak waktu untuk bersantai-santai ria. Yuk, disimak selengkapnya!

1. Pastikan Kamu Sahur

Via – Unsplash

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah sahur! Kenapa sahur sangat penting? Soalnya, selama puasa, kamu nggak diperbolehkan makan dan minum seharian. Waktu sahur ini adalah saatnya kamu mengisi tubuh dengan kebutuhan makanan dan cairan. Asupan saat sahur ini mempengaruhi kondisi tubuh selama kamu bekerja, lho. Oleh karena itu, pastikan apa yang kamu konsumsi seimbang jumlahnya dan tidak berlebihan.

2. Penuhi Kebutuhan Cairan Harian

Via – Daria Shevtsova

Asupan cairan nggak hanya dijaga saat sahur, Foodspoters. Saat buka hingga menuju sahur pun perlu dijaga. Kekurangan asupan air putih dapat menyebabkan beberapa gangguan, seperti pusing, tubuh merasa kelelahan, sembelit, hingga kulit kering. Idealnya, saat puasa kamu disarankan untuk mengonsumsi setidaknya 8 gelas air putih setiap hari dengan pembagian: 2 gelas saat sahur, 2 gelas saat berbuka, dan 4 gelas di malam hari.

Apakah air putih boleh digantikan minuman manis, seperti teh manis? Boleh, namun tidak disarankan. Pasalnya, minuman manis sangat cepat dicerna oleh tubuh, sehingga akan membuatmu terus-terusan merasa haus. Akibatnya, kamu terdorong untuk minum terus-menerus. Terlalu banyak minum sekaligus nggak sehat, lho, soalnya dapat mencairkan asam lambung, menyebabkan kembung, dan gangguan pencernaan, lho.

3. Sinar Matahari Pagi itu Penting!

Via – Pexel

Kamu mungkin jarang banget terkena sinar matahari pagi, Foodspoters. Namun, tahukah kamu bahwa sinar matahari pagi ini penting banget buat tubuh. Sinar matahari mengandung vitamin D yang sangat baik untuk tulang dan gigi. Terpapar sinar matahari pagi selama 5 menit sama dengan menyerap 400 IU vitamin D. Selain sehat, sinar matahari bisa bikin tubuhmu semakin bugar, lho! Rasa kantuk pun berkurang. Coba buktikan sendiri, deh!

4. Tidur Lebih Awal

Via – Kristin Vogt

Saat puasa, kamu harus bangun lebih pagi. Nggak hanya itu, terkadang jam tidurmu pun terganggu dengan tumpukan pekerjaan yang belum terselesaikan. Jika kamu mengalami kondisi seperti ini, apapun yang terjadi, usahakan tidur lebih awal. Tunda dulu pekerjaanmu yang tertinggal dan sambung kembali selepas sahur. Kurang tidur bisa mempengaruhi kinerja otak, menghambat aktivitasmu keesokan harinya. Kalau kamu kurang tidur, nggak heran puasa jadi terasa lemas dan kian berat.

Nah, itu dia tips puasa khusus buat anak kantoran versi Foodspot. Nggak susah, kan? Soal makanan buka puasa, tenang, semua bisa dipesan via Foodspot. Yuk, coba pesan sekarang biar puasa jadi lebih tenang!

Leave a Reply

Back To Top