Makanan Berlemak Nggak Selalu Jahat, Lho! 3 Makanan Berlemak Ini Justru Bikin Tubuh Makin Sehat!

Makanan Berlemak Nggak Selalu Jahat, Lho! 3 Makanan Berlemak Ini Justru Bikin Tubuh Makin Sehat!

Foodspoters, selama ini kamu pasti sering dengar bahwa makanan berlemak wajib dihindari. Alasannya banyak, yang pasti, makanan berlemak akan mempengaruhi kesehatanmu, memicu berbagai penyakit, Nah, ngomongin soal makanan berlemak, ternyata nggak semua makanan berlemak itu berbahaya dan wajib dijauhi, lho! Ada beberapa makanan berlemak yang justru dianjurkan untuk tubuh. Kenapa, ya?

Begini, terdapat dua jenis lemak yang wajib kamu kenali terlebih dahulu. Pertama, lemak jahat (lemak jenuh dan lemak trans). Lemak inilah yang sebaiknya dihindari. Kandungan lemak jahat ini terdapat pada daging merah, kulit ayam, aneka produk susu, telur, kentang goreng, ayam goreng, pizza, krimer, margarin, dan lainnya. Mengapa perlu dihindari, ya? Saat dikonsumsi, lemak ini meningkatkan “kolestrol jahat” atau LDL dalam tubuh. Akibatnya, kamu berisiko terkena penyakit jantung. Nggak hanya itu, lemak jahat juga menurunkan “kolestrol baik” atau HDL. Kondisi ini juga bisa membuatmu berisiko tinggi terkena diabetes tipe 2.

Selanjutnya, lemak baik. Lemak inilah yang dianjurkan untuk tubuh dan biasa dikenal sebagai lemak tidak jenuh. Saat dikonsumsi, asam lemak tidak jenuh dapat meningkatkan kadar kolestrol baik dalam darah, menurunkan peradangan, dan menstabilkan ritme jantung. Nah, makanan apa saja yang mengandung lemak baik ini, ya, Foodspoters? Supaya kamu nggak penasaran, berikut tiga makanan dengan kandungan lemak baik yang gampang banget kamu temukan!

1. Ikan Kembung

Via – Maggi

Sering menemukan ikan kembung di pasar ataupun restoran favorit? Pastikan kamu memilih ikan ini! Soalnya, ikan kembung yang terbilang ekonomis ini ternyata kaya akan lemak baik. Kandungan lemak baik dalam ikan kembung adalah asam lemak omega 3. Jenis lemak ini membantu menjaga kesehatan tubuh dan otak, membuat otak dan tubuh bekerja lebih optimal. Nggak hanya menjaga kesehatan, asam lemak omega 3 dalam ikan kembung mampu menurunkan risiko penyakit stroke, serangan jantung, dan alzheimer.

2. Alpukat

Via – Charlie Foundation

Pencinta buah alpukat harus mempertahankan rasa cintanya. Soalnya, buah ini kaya akan lemak tak jenuh, banyaknya hingga 77%. Berdasarkan sebuah penelitian, kandungan lemak tak jenuh dalam alpukat ini mampu menurunkan kadar kolestrol jahat, lho. Nggak hanya itu, alpukat juga mengandung zat-zat lain yang diperlukan tubuh, seperti mineral, fitonutrien, folat, serat, zat besi, potasium, lutein, beta karoten, serta vitamin E.

3. Kacang Almond

Via – Julie Harrington

Foodspoters pasti sudah nggak asing dengan kacang almond. Kacang yang biasanya dijadikan topping kue kering atau yogurt ini ternyata kaya akan lemak tak jenuh yang baik untuk tubuh, lho. Nggak hanya lemak baik, kacang almond juga mengandung banyak nutrisi pentingh lainnya, antara lain serat, vitamin B, vitamin E, kalsium, magnesium, zat besi, dan zinc. Untuk memastikan kandungan nutrisinya optimal, jangan lupa pilih kacang almond yang diolah tanpa garam, gula, ataupun minyak tambahan.

Nah, betulkan, Foodspoters, tiga makanan berikut ini nggak sulit ditemukan. Pastikan dirimu rutin mengonsumsi lemak baik untuk mendapat semua nutrisi yang diperlukan tubuh, ya!

Leave a Reply

Back To Top