Mengantuk Selama WFH dan Jadi Nggak Fokus Kerja? Ini Sebabnya!

Mengantuk Selama WFH dan Jadi Nggak Fokus Kerja? Ini Sebabnya!

Sudah beberapa bulan terakhir, WFH diterapkan di beberapa perusahaan. Langkah ini diambil sebagai bentuk pencegahan terjadinya penularan Covid-19. Nah, ngomongin soal WFH, sebagian dari Foodspoters mungkin mengeluhkan pekerjaan yang jadi lebih sering terbengkalai. Ada banyak alasan tentunya, dari males, ada kesibukan lain yang meyita perhatian, hingga ngantuk berat! Untuk alasan pertama dan kedua, penyebabnya ada di diri kamu sendiri dan hanya Foodspoters lah yang bisa mengatasinya. Namun, untuk alasan ketiga, mengantuk selama WFH, yuk, cari tahu dulu penyebabnya supaya kamu jadi bisa fokus di rumah meski ada di rumah!

1. Bangun Kesiangan, Lupa Sarapan

Via – Keegan Evans

Selama WFH, kamu bisa bangun lebih siang. Nggak perlu mandi atau berangkat ke kantor untuk¬†morning meeting. Betul, kan? Nah, karena punya banyak waktu “nganggur”, nggak jarang, kamu jadi sering kesiangan. Akibatnya, sarapan pun terlewat! Kamu hanya fokus bangun dan langsung mulai kerja supaya nggak dianggap terlambat bekerja. Saat sarapan terlewat, energi yang kamu miliki jadi nggak maksimal. Hal inilah yang menyebabkan kamu jadi mudah ngantuk.

2. Balas Dendam Saat Makan Siang

Via – Fox

Lupa sarapan pastinya bikin kamu jadi ekstra lapar. Udah kebayang dong pastinya di jam makan siang, kamu bisa makaan ekstra banyak untuk “balas dendam”. Faktanya, hal ini salah banget! Menyantap makanan dalam porsi yang besar memang menyenangkan, apalagi kalau makanannya enak-enak. Sayangnya, terlalu banyak makan justru membuat energi tubuh terkuras, lho. Energi ini terbuang untuk mencerna asupan yang kamu konsumsi. Selain itu, pergerakan tubuh juga cenderung melambat.

Selain porsi, jenis makanan yang kamu pilih juga berpengaruh terhadap kantuk, lho. Makanan yang memiliki karbohidrat terlalu tinggi cenderung membuat orang menjadi lebih cepat mengantuk. Mengapa? Sebab, saat kamu terlalu banyak mengonsumsi karbohidrat, produksi neurotransmitter, yakni serotonin, dalam tubuh pun ikut meningkat. Kalau bingung cari makan siang yang sehat dan seimbang, kamu bisa konsultasikan di foodspot, lho.

3. Kebiasaan Tidur yang Buruk

Via – Ivan Obolensky

Sarapan sudah, porsi makan siang juga cukup. Kenapa masih sering ngantuk, ya? Nyatanya kebiasaan tidur juga dapat mempengaruhi masalah kantuk, lho. Tubuh kita membutuhkan waktu tidur kurang lebih 7 hingga 8 jam perhari. Bila tidak mendapatkan waktu istirahat yang cukup, tubuh akan merasa lebih cepat lelah dan mendorong munculnya kantuk. Kamu bisa menyiasati hal ini dengan menerapkan pola tidur; bangun dan tidur di jam yang sama setiap harinya. Jika hal ini diterapkan, tubuh akan terasa lebih bugar dan kebiasaan mengantuk selama WFH pun hilang!

4. Terlalu Fokus Kerja, Kurang Minum Air Putih

Tiga penyebab tadi tidak cocok dengan gejala mengantuk selama WFH? Jika iya, itu bisa jadi tanda bahwa kurang minum! Air putih berfungsi sebagai penghidrasi tubuh. Semua organ dalam tubuh kita membutuhkan air untuk berfungsi. Bila asupan air putih kita kurang organ tubuh akan bekerja kurang maksimal, terutama otak. Kurangnya air menyebabkan otak kekurangan oksigen dan membuat kita menjadi lebih cepat mengantuk. Tubuh kita membutuhkan sedikitnya 2 liter air putih perharinya. Nah, pastikan bahwa kamu sudah minum cukup air hari ini, ya! Yuk, semangat kerjanya, Foodspoters!

Leave a Reply

Back To Top