Sering Merasa Ngantuk Setelah Makan Siang? Ini Penyebabnya!

Sering Merasa Ngantuk Setelah Makan Siang? Ini Penyebabnya!

Banyak orang merasa mengantuk setelah menyantap makan siang. Mengantuk setelah makan ini disebabkan adanya respon tubuh kita terhadap perubahan bahan kimia. Nyatanya, hal ini merupakan hal yang normal. Namun, nggak jarang, rasa kantuk ini bisa menggangu fokus saat bekerja, lho. Apalagi jika muncul di saat masih banyaknya pekerjaan yang harus diselesaikan. Nah, supaya kamu bisa bekerja dengan nyaman, berikut hal-hal yang jadi alasan kuat atas kemunculan kantukmu.

1. Melewatkan Sarapan

Via – Alexander Mils

Sarapan itu penting dan tidak dapat digantikan, meskipun kamu menyantap makan siang dengan porsi yang lebih. Tidak hanya mengenyangkan dan membuat lebih tenang, sarapan memberikan tubuh energi untuk beraktivitas di pagi hari. Dengan kata lain, jika kamu melewatkan waktu sarapan, energi yang kamu miliki pun pastinya tidak maksimal. Hal inilah yang menyebabkan kamu jadi mengantuk.

2. Porsi Makan yang Terlalu Banyak

Via – Naim Benjelloun

Menyantap makanan dalam porsi yang besar memang enak, perut kenyang hati pun ikut senang. Sayangnya, terlalu banyak makan justru membuat energi tubuh terkuras, lho. Energi ini terbuang untuk mencerna asupan yang kamu konsumsi. Selain itu, pergerakan tubuh juga cenderung melambat. Jadi pastikan makan secukupnya saja ya!

3. Kebiasaan Tidur

Via – Ivan Obolensky

Nyatanya kebiasaan tidur juga dapat mempengaruhi masalah kantuk, lho. Tubuh kita membutuhkan waktu tidur kurang lebih 7 hingga 8 jam perhari. Bila tidak mendapatkan waktu istirahat yang cukup, tubuh akan merasa lebih cepat lelah dan mendorong munculnya kantuk. Kamu bisa menyiasati hal ini dengan menerapkan pola tidur; bangun dan tidur di jam yang sama setiap harinya. Jika hal ini diterapkan, tubuh akan terasa lebih bugar dan kantuk pun hilang!

4. Menu Makanan yang Tidak Seimbang

Via – Annie Spratt

Jenis makanan yang kamu pilih sangat memengaruhi rasa kantuk setelah makan siang. Makanan yang memiliki karbohidrat terlalu tinggi cenderung membuat orang menjadi lebih cepat mengantuk. Mengapa, ya? Sebab, saat kamu terlalu banyak mengonsumsi karbohidrat, produksi neurotransmitter, yakni serotonin, dalam tubuh pun ikut meningkat.

5. Kurang Air Putih

Via – Daria Shevtsova

Empat penyebab tadi tidak cocok dengan gejala kantukmu hari ini? Jika iya, itu bisa jadi tanda bahwa kurang minum! Air putih berfungsi sebagai penghidrasi tubuh. Semua organ dalam tubuh kita membutuhkan air untuk berfungsi. Bila asupan air putih kita kurang organ tubuh akan bekerja kurang maksimal, terutama otak. Kurangnya air menyebabkan otak kekurangan oksigen dan membuat kita menjadi lebih cepat mengantuk. Tubuh kita membutuhkan sedikitnya 2 liter air putih perharinya. Nah, pastikan bahwa kamu sudah minum cukup air hari ini, ya!

Leave a Reply

Back To Top