6 Rekomendasi Sate Nusantara Terfavorit Versi Foodspot!

6 Rekomendasi Sate Nusantara Terfavorit Versi Foodspot!

Siapa, sih, yang nggak kenal sate? Kelezatan makanan yang disajikan dengan cara ditusuk ini nggak pernah salah dan sudah diakui oleh banyak orang. Nggak heran, sate masuk dalam daftar World’s 50 Most Delicious Food. Nah, ngomongin soal sate, tahukah kamu bahwa sate di Nusantara bukan hanya sekadar sate berbumbu kacang, lho. Ada berbagai jenis sate lainnya yang nggak kalah enak. Apa aja, ya? Yuk, simak 6 rekomedasi sate terfavorit versi Foodspot!

1. Sate Madura

Via – Rumah Mesin

Sate yang berasal dari Pulau Madura, Jawa Timur ini pasti udah nggak asing di lidahmu. Kamu bisa menjumpainya dengan mudah. Berbahan dasar daging ayam dengan siraman bumbu kacang, sate yang satu ini biasa dihidangkan bersama dengan nasi atau lontong. Sebagai pelengkap, biasanya sate disajikan pula bersama acar timun segar, potongan cabai, dan tambahan kecap manis. Rasa dari sate ini sendiri perpaduan antara gurih dan juga manis.

2. Sate Padang

Via – Marvellina

Sate yang berasal dari Sumatera Barat ini berbahan dasar daging dan jeroan sapi; seperti lidah, paru, dan lain-lain. Ciri khas dari sate padang adalah bumbunya yang berwarna kuning dengan tekstur kental. Sate ini memiliki rasa yang pedas dan disajikan dengan ketupat. Kebanyakan orang biasanya menambahkan kerupuk kulit atau keripik singkong balado sebagai pelengkap.

3. Sate Lilit

Via – Kooliner

Berasal dari Pulau Bali, sate ini bisa diolah dari berbagai macam bahan dasar seperti daging ayam, sapi, babi, dan juga ikan. Berbeda dari sate kebanyakan, daging nggak langsung dibakar, namun diolah terlebih dahulu. Olahannya nggak lain berupa daging giling yang ditambahkan bumbu serta tambahan parutan kelapa. Setelah olahan jadi, daging akan dilitkan pada tusuk kayu atau batang sereh. Rasa dari sate lilit ini gurih dan juga pedas, biasanya disajikan bersama sambal matah khas Bali.

4. Sate Buntel

Via – Okezone

Mirip dengan sate lilit, sate buntel juga merupakan salah satu sate yang terbuat dari olahan daging. Bahan dasar sate ini adalah daging kambing yang dibumbui. Daging yang telah dibumbui itu dibungkus terlebih dahulu dengan lemak kambing kemudian baru dibakar. Makanan khas dari Solo dan Surakarta ini memiliki rasa yang manis karena dihidangkan dengan bumbu kacang dan kecap.

5. Sate Makassar

Via – Okezone

Sate khas Sulawesi Selatan ini berbahan dasar jeroan kambing atau sapi. Berbeda dengan sate pada umumnya, sate ini nggak disajikan dengan bumbu ataupun kuah. Proses pengolahannya adalah dengan membumbui sate dengan rempah dengan tambahan belimbing. Setelah dibumbui, sate kemudian dibakar dan menghasilkan cita rasa yang gurih dan sedikit asam.

6. Sate Loso

Via – Nova

Sate yang berasal dari Pemalang, Jawa Tengah ini biasanya menggunakan daging kerbau. Daging dibumbui dengan cara bacem, diolah macam rempah-rempah, gula merah, dan kecap. Bumbu bacem yang mereap pada sate ini menghasilkan cita rasa yang manis. Nggak hanya disajikan begitu saja, sate loso biasanya dihidangkan bersama Sebagai pelengkap, sate disajikan dengan sup yang berisi urat, tulang muda, dan tauge.

Leave a Reply

Back To Top