5 Bahan Praktis untuk Bakar-bakaran di Malam Tahun Baru

5 Bahan Praktis untuk Bakar-bakaran di Malam Tahun Baru

Tidak terasa kita tinggal menghitung hari ke penghujung tahun 2018, Foodspoters. Biasanya momen perayaan tahun baru adalah salah satu momen liburan yang paling ditunggu oleh semua orang. Banyak orang yang memanfaatkannya untuk berlibur ke tempat-tempat wisata di luar kota bersama keluarga dan teman-teman dekat. Tidak sedikit juga yang memilih untuk merayakkannya dengan sekedar makan malam bersama atau mengadakan acara bakar-bakkaran bersama di halaman rumah. Barbeque atau bakar-bakaran tidak melulu soal memanggang daging, lho. Kamu juga bisa memaggang bahan-bahan lain yang tidak kalah lezat, praktis, serta ekonomis seperti 5 bahan berikut.

1. Sosis

via: – tokopedia.com

Sosis adalah salah satu bahan yang paling banyak dipilih masyarakat untuk pesta bakar-bakaran. Biasanya, sosis yang dipilih adalah sosis yang memiliki tekstur tebal supaya lebih juicy dan tidak cepat kering saat dibakar. Jika ingin praktis dan tidak merusak tekstur dan rasa dari sosis yang dipanggang, sebaiknya jangan potong sosis atau mengeratnya. Jangan lupa juga oleskan saus BBQ untuk menambah cita rasa sebelum sosis tersebut dibakar sampai kecoklatan. Sosis pun siap disantap dengan saus dan mayonnaise!

2. Bakso

via: – cookpad.com

Selain sosis, bahan pengganti daging lainnya yang sering dipilih adalah bakso. Bakso ternyata tidak hanya enak disantap dengan kuah namun bisa dipanggang menjadi barbeque yang nikmat. Kamu hanya perlu menyiapkan bakso daging sapi, ayam, atau ikan yang kamu suka dan tusuk menggunakan tusuk sate. Jangan lupa olesi bakso dengan bumbu dari campuran bahan seperti bawang putih, kecap manis, merica, dan garam bubuk secukupnya atau sesuai selera sebelum dipanggang. Kamu juga bisa menggunakan saos BBQ kalau ingin lebih mudah dan praktis. Jika ingin barbeque baksomu lebih menarik kamu juga bisa tambahkan paprika di antara setiap bakso.

3. Terong dan paprika 

Via – Vegetarian Times

Untuk kamu yang vegan, jangan khawatir. Kamu juga bisa barbeque-an di saat tahun baru. Terong dan paprika bisa jadi pilihan nikmat untuk barbeque. Kamu hanya perlu olesi terong dan paprika dengan bumbu atau saos BBQ kemudian dipanggang di atas panggangan barbeque. Selain terong dan barbeque, jamur juga bisa kamu gunakan sebagai pilihan untuk bahan BBQ.

4. Jagung

Via – Appliance Recipes

Selain terong dan paprika, tahun baru biasanya tidak lepas dari pesta bakar-bakaran jagung. Untuk membuat barbeque jagung atau jagung bakar yang nikmat, kamu hanya perlu olesan mentega dan bahan penyedap atau bisa juga kamu tambahkan saus cabai jika kamu suka jagung bakar pedas. Apabila kamu ingin rasa yang lebih gurih, kamu bisa gunakan saus BBQ. Jagung bakar siap menjadi pilihan santapan yang nikmat saat tahun baru.

5. Marshmallow

via: – dailyhive.com

Jika kamu penikmat makanan manis dan ingin barbeque manis yang bisa dinimkati dengan secangkir cokelat atau kopi hangat, marshmallow bisa jadi pilihan yang tepat. Untuk memanggang marshmallow, kamu cukup siapkan saja marshmallow dengan ukuran yang cukup besar untuk ditusuk dengan tusukan sate kemudian panggang di atas api sebentar saja hingga marshmallow berubah warna kecokelatan. Setelahnya kamu bisa langung santap marshmallownya atau celupkan ke cangkir cokelat atau kopi hangatmu. Jadi untuk perayaan tahun baru 2019 nanti, menu mana yang akan kamu pilih untuk pesta barbeque bersama kerabatmu?

Leave a Reply

Back To Top