Pernah Dengar Soal Alergi Makanan? Ini 5 Bahan yang Sering Banget Bikin Alergi!

Pernah Dengar Soal Alergi Makanan? Ini 5 Bahan yang Sering Banget Bikin Alergi!

Bisa menikmati setiap jenis makanan tanpa masalah merupakan kenikmatan sendiri bagi kebanyakan orang. Akan tetapi, tidak semua orang bisa menikmati makanan yang mereka inginkan tanpa masalah, lho. Misalnya aja seperti timbulnya alergi. Reaksi yang ditimbulkan oleh alergi makanan ini bervariasi, bisa berupa ruam, gatal-gatal di sekujur tubuh, atau bahkan sesak napas. Alergi makanan yang dimiliki seseorang dapat disebabkan oleh berbagai jenis makanan, lho. Setiap orang punya alergi yang berbeda-beda. Dari sekian jenis hidangan yang membuat alergi, berikut 5 bahan yang paling banyak menyebabkan alergi!

Seafood

Via – detikFood

Beberapa orang tidak bisa menikmati kelezatan seafood karena memiliki alergi. Seafood yang sering jadi pemicu alergi antara lain udang, kepiting, dan ikan. Untuk orang-orang yang punya alergi ikan, biasanya mereka disarankan untuk tidak mengonsumsi jenis ikan apapun untuk berjaga-jaga meskipun sebenarnya hanya punya alergi terhadap satu jenis ikan saja.

Kacang-kacangan

Via – AI Care

Alergi kacang-kacangan merupakan salah satu jenis alergi makanan yang sering ditemui di banyak orang. Orang yang memiliki alergi kacang harus sangat berhati jika mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung kacang. Jumlah orang yang mengalami alergi terhadap kacang cukup banyak. Oleh karena itu, di banyak kemasan makanan, tertera info apakah produk dibuat dengan kacang atau diproduksi bersama produk yang mengandung kacang lainnya.

Susu Sapi

Via – Times of India

Alergi terhadap susu sapi atau yang biasa dikenal dengan lactose intolerant biasanya sudah bisa terlihat sejak dini, melalui masa pergantian konsumsi asi ke susu sapi. Mengonsumsi susu sapi bagi orang yang memiliki alergi susu sapi biasanya menimulkan reaksi gatal-gatal atau bahkan diare. Bagi mereka yang memiliki alergi, konsumsi susu sapi biasanya diganti dengan susu kedelai.

Telur

Via – Healthline

Meskipun telur merupakan makanan yang sangat mudah didapat dan sering ada di dalam berbagai jenis santapan, ternyata tidak semua orang bisa mengonsumsinya. Alergi telur paling sering dimiliki oleh anak-anak. Reaksi yang ditimbulkan oleh alergi telur biasanya akan lebih parah bagi orang yang memiliki jenis kulit dermatitis atopik.

Tepung terigu

Via – The Spruce Eat

Tepung terigu juga dikenal dapat menimbulkan reaksi alergi untuk beberapa orang. Alergi yang ditimbulkan oleh tepung terigu disebabkan oleh kandungan gluten di dalamnya. Gluten dianggap memicu alergi karena dapat mempercepat gejala celiac yang merusak lapisan usus kecil dan menghambat nutrisi penting untuk diserap oleh tubuh.

Wawasanmu mengenai alergi makanan jadi makin bertambah, kan, Foodspoters? Nantikan informasi lainnya, ya!

Leave a Reply

Back To Top