Harus Lembur Semalaman: Amankah Minum Kopi di Bulan Puasa?

Harus Lembur Semalaman: Amankah Minum Kopi di Bulan Puasa?

Foodspoters, apakah akhir-akhir ini kamu punya banyak pekerjaan yang belum terselesaikan? Kalau iya, tentunya kamu perlu jam kerja ekstra alias lembur. Bagi sebagian besar pekerja kantoran, hari Jumat merupakan hari terbaik untuk melakukan lembur. Pasalnya, keesokan harinya, setelah bekerja hingga larut, kamu bisa beristirahat seharian. Setuju, bukan? Nah, waktu lembur selalu identik dengan kopi. Seduhan biji berwarna berwarna hitam yang bisa dinikmati panas ataupun dingin ini terbukti ampuh membantu kinerja otak untuk berpikir lebih cepat. Rasa tentu sudah nggak perlu lagi diragukan. Namun, di samping rasanya yang enak itu, amankah untuk minum kopi di bulan puasa? Temukan jawaban selengkapnya!

Aman dengan Dosis Tertentu

Via – Rawpixel

Mengonsumsi kopi di bulan puasa untuk lembur atau sekadar untuk memuaskan kebutuhan lidah akan sensasi pahitnya sebetulnya diperbolehkan. Asalkan, jumlah asupannya tepat alias nggak berlebihan. Dikutip dari Cleveland Clinic Abu Dhabi, dosis aman kafein dalam sehari berada dalam jumlah 400 mg atau setara dengan 2–3 cangkir kopi hitam. Akan tetapi, dosis aman tersebut direkomendasikan untuk orang yang tidak berpuasa dengan jam makan yang teratur. Saat puasa, jumlah tersebut sebaiknya dikurangi hingga separuhnya. Itu berarti kamu hanya diperbolehkan mengonsumsi satu cangkir saja.

Pilih Jenis yang Tepat

Via – Kim van Vuuren

Selain takaran yang tepat, jenis kopinya juga perlu diperhatikan. Kopi yang disarankan untukmu adalah kopi decaf atau kopi yang mengandung kafein lebih sedikit. Sekitar 94% kafein dari kopi decaf ini telah dihilangkan. Dari sebuah studi yang dilakukan para ahli dari University of Florida pada 2006 lalu mengungkapkan bahwa perlu minum 5-10 cangkir kopi decaf untuk merasakan efek yang sama dengan kopi “biasa”, 1 banding 5, nih, Foodspoters!

Bolehkah Sahur dengan Kopi?

Via – Lain

Terakhir, sudahkah kamu tahu kapan waktu yang tepat untuk menikmatinya? Apa diperbolehkan saat sahur? Menikmati secangkir kopi saat sahur sangat tidak disarankan, Foodspoters. Soalnya, kopi bersifat diuretik atau minuman yang membuat produksi urine lebih banyak dari biasanya. Akibatnya, minum kopi saat sahur bisa membuatmu dehidrasi, merasa cepat haus, hingga kelelahan yang teramat sangat. Untuk menemani jam lemburmu, sebaiknya nikmatilah secangkir kopi paling tidak 2 jam sebelum sahur. Semoga informasi ini membantu, ya, Foodspoters!

 

 

 

 

Leave a Reply

Back To Top