Nasi Kotak Tahan Berapa Lama, Ya?

Nasi Kotak Tahan Berapa Lama, Ya?

Sering bertanya-tanya nasi kotak tahan berapa lama? Ini pertanyaan yang sangat wajar, soalnya nasi kotak merupakan salah satu sajian praktis terbaik untuk makan bersama. Berbeda dengan metode prasmanan atau liwetan, nasi kotak dipilih karena dapat memangkas waktu persiapan dan pendistribusian. 

Bicara soal nasi kotak, pastinya sebagian Foodspoters bertanya-tanya apakah nasi bisa dimakan beberapa jam setelah buka. Hal ini sebetulnya tidaklah asing, mengingat kebanyakan Foodspoters merasa kekenyangan setelah menyantap takjil dan beragam panganan ringan saat buka bersama.

Jadi, kira-kira nasi kotak tahan berapa lama, ya? Jika melakukan pemesanan di Foodspot, nasi kotakmu dijamin kesegarannya. Nasi kotak yang fresh ini idealnya dapat dikonsumsi selama 4 hingga 6 jam setelah pengantaran. Jadi, dengan kata lain, saat nasi kotak diantar langsung, 6 jam setelahnya kamu harus memeriksa menu yang ada di dalamnya. Apakah masih layak dikonsumsi atau justru sudah basi. Untuk memastikan jawabannya, kamu perlu memperhatikan semua tanda-tanda makanan basi di menu Ramadhan pilihanmu. Tanda-tanda yang dimaksud adalah sebagai berikut.

Bau Tidak Sedap

nasi kotak tahan berapa lama
Via – Discover Magazine

Makanan basi biasanya mengeluarkan bau tidak sedap. Hal ini terjadi karena adanya proses oksidasi. Secara sederhana, oksidasi dapat diartikan sebagai interaksi antara molekul oksigen dengan zat lain. Pada makanan, interaksi terjadi antara oksigen dengan molekul penyusun makanan. Interaksi tersebut membuat struktur makanan berubah. Oksidasi pada molekul lemak misalnya, membuat makanan menjadi berbau tidak sedap.

Munculnya Lendir

Via – Royco

Selain bau tidak sedap, makanan yang basi sering kali lendir. Munculnya lendir tersebut disebabkan adanya pertumbuhan dan aktivitas mikroba pada makanan. Lendir ini mudah ditemukan pada makanan bersantai, seperti gulai, opor, dan lain sebagainya.

Berubah Warna dan Berair

Via – Foodandwine

Pada menu buah dan sayuran dalam nasi kotak, tanda basi dapat terlihat dari warna dan tekstur. Buah dan sayur yang tidak lagi layak dimakan warnanya berubah menjadi lebih gelap, menjadi berair, dan teksturnya menjadi lebih lembek.

Itu dia tanda-tanda yang perlu diperhatikan. Jika ditemukan salah satu atau ketiga tandanya, itu artinya nasi kotak pesananmu sudah basi dan nggak layak buat dimakan lagi, ya, Foodspoters!

Leave a Reply

Back To Top