5 Alternatif Makanan Pencegah Kantuk yang Wajib di Acara Penting

5 Alternatif Makanan Pencegah Kantuk yang Wajib di Acara Penting

Dalam membuat acara yang berdurasi panjang, kamu tentu perlu mempertimbangkan kondisi para tamu undangan selama acara berlangsung. Apakah tamu undangan akan dihampiri rasa kantuk atau tidak. Menghidangkan coffee break bisa jadi solusi. Akan tetapi, bagaimana jika tamu undangan tidak mengonsumsi kopi atau pun teh? Apa harus dibiarkan terlelap begitu saja?

Tentu tidak, bukan? Selain kopi dan teh, ada beberapa alternatif makanan pencegah ngantuk yang bisa diandalkan, lho. Apa saja, ya? Berikut pilihannya!

1. Cokelat

Via – Days Of The Year

Seperti kopi, cokelat sebenarnya juga mengandung kafein dengan kadar yang berbeda-beda. Perbedaan kadar kafein dalam cokelat tergantung seberapa murni cokelat tersebut atau seberapa banyak kadar kakao di dalamnya, semakin tinggi kadar kokoa maka semakin tinggi pula kafeinnya. Maka dari itu cokelat bisa kamu jadikan cemilan untuk mengusir kantuk. Kandungan magnesium yang ada di dalam cokelat juga akan membantumu tetap terjaga. Selain itu, kalau diseduh menjadi cokelat panas, kandungan anandamide yang ada di dalamnya juga akan membantu menaikkan mood dan menjaga kesehatan mental kamu.

2. Air Putih

Via – CNET

Tubuh kita sebagian besar didominasi oleh air. Oleh karena itu, kebutuhan untuk minum air sehari-hari harus selalu dicukupi. Kekurangan cairan dapat menyebabkan kita mudah lelah, hilang konsentrasi, dan mengantuk. Mengonsumsi air dingin dapat mengusir kantuk, lho! Selain itu, dengan menyajikan air putih dan membuat tamu undangan cukup minum, itu sama dengan membantu melancarkan peredaran darah dan membantu menstabilkan detak jantung mereka agar bekerja dengan optimal dan menjaga kesegaran.

3. Semangka

via: – azernews.az

Semangka merupakan salah satu jenis buah yang mengandung banyak air di dalamnya. Mengonsumsi semangka dapat ikut membantu memenuhi kebutuhan air dalam tubuh sehingga tubuh tidak akan kekurangan cairan atau dehidrasi yang berujung tubuh menjadi lemas dan mudah mengantuk. Selain semangka, kamu juga bisa makan buah-buahan lain yang banyak kandungan airnya. Seperti nanas, jeruk, persik, dan lain sebagainya.

4. Es Krim

via: – tasteofhome.com

Cuaca yang panas biasanya membuat kita gampang Lelah dan mengantuk. Cara mengatasinya? Makan es krim. Ya, es krim yang manis dan segar dapat membantu kita untuk mengusir kantuk. Selain itu, rasa manis dan sensasi dingin dari es krim akan memberikan sensasi dingin di tubuh dan pikiran sehingga kita akan segera merasa segar lagi. Rasa manis tersebut juga akan membuat mata lebih melek dan segar, sehingga kita jadi lebih bersemangat.

5. Makanan Pedas

via: – Penntoday

Selain nikmat, ternyata makanan pedas juga bermanfaat mengusir rasa kantuk, lho. Sensasi panas dan rasa pedas yang menendang akan langsung membuat mata melek dan terasa segar. Akan tetapi, bukan berarti boleh  mengonsumsi makanan pedas terlalu banyak, ya. Cukup hidangkan sajian yang pedas sedikit alias tidak berlebihan agar tamu undangan tidak merasa sakit perut.

Nah, ternyata bukan cuma kopi saja kan yang bisa jadi pencegah kantuk? Dari sekian banyak pilihan, mana yang jadi pilihan?

Leave a Reply

Back To Top