Sayuran Rendah Karbohidrat yang Cocok untuk Pencinta Diet Sehat

Sayuran Rendah Karbohidrat yang Cocok untuk Pencinta Diet Sehat

Tubuh kita membutuhkan asupan nutrisi yang cukup agar dapat menjalankan aktivitas yang padat sehari-hari. Untuk itu, kita harus mengonsumsi berbagai makanan yang kaya akan kandungan gizi yang dibutuhkan oleh tubuh. Dari banyak macam nutrisi yang terdapat dalam berbagai makanan, salah satu zat yang paling dibutuhkan oleh tubuh adalah karbohidrat, karena karbohidrat merupakan sumber energi utama bagi tubuh.

Karbohidrat yang diserap oleh tubuh akan dipecah dan diserap oleh saluran metabolisme dan masuk ke aliran darah selama proses pencernaan berlangsung. Selain berfungsi sebagai sumber energi utama, karbohidrat juga berfungsi untuk membatasi asupan kalori dalam tubuh dan menurunkan beberapa resiko penyakit. Akan tetapi, meskipun memiliki manfaat yang sangat penting bagi tubuh, banyak pencinta diet sehat yang memilih untuk tidak mengonsumsi karbohidrat. Hal ini disebabkan karena terdapat glukosa berlebih hasil pencernaan karbohidrat dalam tubuh yang berubah menjadi lemak. Apabila kamu termasuk yang sedang mengurangi karbohidrat, ada baiknya kamu juga selektif dalam memilih sayuran. Berikut sayuran rendah karbohidrat yang cocok untuk pencinta diet sehat!

1. Brokoli

Via – Liputan6.com

Brokoli merupakan jenis sayuran yang sangat kaya akan kandungan zat besi, potassium, vitamin A dan C. Kandungan vitamin C yang terdapat dalam 1 ons brokoli ternyata jumlahnya lebih banyak daripada 1 buah jeruk. Selain itu, 1 ons brokoli juga kaya akan kalsium yang jumlahnya setara dengan segelas susu. Apabila kamu ingin mengonsumsi brokoli, cara terbaik adalah dengan mengukusnya untuk mengurangi perusakan nutrisi yang ada di dalam brokoli. Nutrisi dalam brokoli yang bermacam-macam tersebut ternyata juga sangat bermanfaat untuk melindungi tubuh dari berbagai jenis penyakit kanker.

2. Bayam

via: – well-beingsecrets.com

Bayam mengandung banyak nutrisi bermanfaat seperti asam folat, vitamin C, vitamin A, kalsium, zat besi yang dibutuhkan tubuh. Kandungan nutrisi tersebut bermanfaat melindungi tubuh dari berbagai penyakit seperti kanker, ginjal, stroke, dan serangan jantung. Bayam juga memiliki kadar kalori yang rendah yaitu sekitar 7 kalori per 250 gram bayam sehingga cocok dikonsumsi untuk kamu yang sedang diet.

3. Kembang Kol

via: – draxe.com

Kembang kol kaya akan nutrisi seperti vitamin C, B6, dan K serta magnesium dan potassium yang dibutuhkan oleh tubuh. Kembang kol juga kaya akan senyawa sulforaphane yang bermanfaat menurunkan tekanan darah, serta kolin yang meningkatkan daya ingat, dan antioksidan alami untuk menangkal radikal bebas dan menurunkan resiko kanker. Selain itu, kembang kol ternyata juga memiliki kandungan kalori yang rendah atau sekitar 25 kalori per 100 gram kembang kol sehingga menjadikannya cocok sebagai pilihan sayur untuk dikonsumsi ketika diet.

4. Kacang Panjang

Via – Freepik

Kacang Panjang merupakan jenis sayuran yang kaya akan nutrisi. Selain sebagai sumber protein, kacang Panjang juga kaya akan vitamin A, C, dan B6. Kandungan lain yang terdapat dalam kacang panjang adalah mineral, kalsium, zat besi, magnesium, dan lain-lain. Selain itu, kacang panjang juga cocok dipilih sebagai menu diet karena memiliki kandungan kalori, gula, dan kolesterol yang rendah.

5. Kubis

Via – Bola.com

Kubis bisa jadi pilihan sayur untuk diet karena memiliki kandungan kalori yang rendah, yaitu sekitar 15 kalori per 70 gram kubisnya. Selain itu, kubis tidak banyak mengandung kolesterol dan lemak jenuh yang berbahaya bagi tubuh. Manfaat lain yang terkandung dalam kubis yaitu kandungan vitamin A, C, E dan K serta nutrisi lain seperti kalsium, asam folat, zat besi dan magnesium yang terdapat di dalamnya.

Jadi, yang manakah favoritmu dari 5 pilihan sayur di atas? Dengan mengonsumsi sayur-sayuran tersebut setiap hari, kamu bisa tetap mengonsumsi karbohidrat tanpa khawatir. Akan tetapi, asupan karbohidrat yang masuk ke dalam tubuh tetap harus dikontrol, ya!

Leave a Reply

Back To Top