5 Jajanan Favorit Tak Lekang Waktu, Sudah Ada dari Zaman Penjajahan, Lho!

5 Jajanan Favorit Tak Lekang Waktu, Sudah Ada dari Zaman Penjajahan, Lho!

Indonesia merupakan negara yang terkenal dengan berbagai jenis jajanan tradisional. Setiap daerah di Indonesia memiliki variasi jajanan favorit masing-masing. Nah, sebagian jajanan favorit ini sudah turun-temurun, dari generasi tua zaman dulu kala, lho. Bahkan sudah ada sejak zaman penjajahan. Apa saja jajanan tersebut? Berikut 5 jajanan favorit yang udah ada dari zaman dulu!

1. Lupis

Via – IDN Times

Jajanan tradisonal dari ketan yang dibungkus daun pisang ini biasanya dibuat berbentuk memanjang seperti lontong. Akan tetapi, ternyata dulunya jajanin ini dibungkus berbentuk segitiga. Sebelum dibungkus, ketan terlebih dahulu direndam dengan air yang dicampur dengan air kapur sirih selama satu jam. Setelah dibungkus rapi dengan daun pisang, ketan kemudian direbus selama kurang lebih 3 jam hingga ia benar-benar matang lalu disajikan dengan gula jawa dan kelapa parut. Sajian ini lah yang dikenal dengan lupis.

2. Tiwul

via – Indonesia Kaya

Tiwul merupakan makanan tradisonal yang pada zaman penjajahan dulu dikonsumsi sebagai makanan pokok pengganti nasi. Di waktu itu, harga beras yang sangat mahal sehingga sulit dijangkau. Sebagai pengganti nasi, umumnya tiwul dimakan bersama aneka lauk pauk. Tiwul ini terbuat dari gaplek, yaitu singkong yang kemudian ditumbuk sampai halus dan kemudian dikukus sampai matang. Saat ini tiwul lebih umum dikonsumsi dengan tambahan berupa siraman gula merah dan parutan kelapa.

3. Perkedel

via – HeyTheresia

Siapa yang tidak kenal perkedel? Lauk yang terbuat dari kentang ini ternyata warisan dari zaman penjajahan Belanda dulu. Nama asli perkedel adalah Friekadeller. Akan tetapi, karena penyebutannya sulit bagi lidah kebanyakan orang Indonesia, namanya kemudian beralih menjadi perkedel. Untuk membuat perkedel, kentang yang sebelumnya digoreng kemudian ditumbuk halus dan diberi bumbu-bumbu seperti garam dan rempah-rempah. Setelah dibumbui, kentang tumbuk tersebut biasanya dibentuk bulat kemudian dicelup kedalam telur yang sudah dikocok dan kemudian digoreng hingga kecokelatan.

4. Kue cubit

Via – Selerasa.com

Kue cubit sejak dulu dan masih menjadi salah satu jajanan favorit banyak orang. Namun, tahukah kamu kalau ternyata kue ini sudah ada dari sejak zaman penjajahan Belanda dulu, lho. Kue cubit yang saat ini disajikan dengan berbagai topping dan variasi rasa menarik dulunya hanya punya satu varian rasa, hanya bertabur meises saja.

5. Lapis legit

via – Jakpost

Salah satu kue yang juga banyak menjadi favorit masyarakat sejak zaman penjajahan Belanda dulu adalah kue lapis legit. Terinspirasi dari kue lapis khas Eropa, kue lapis legit ini dulunya dikenal dengan nama “spekkoek” dan terbuat dari bahan-bahan lokal yang dilengkapi dengan rempah-rempah khas Indonesia. Kalau kamu sadari, rasa kue ini sangat khas dan wangi banget, lho.

Nah, itu dia 5 jajanan favorit yang sudah ada dari zaman penjajahan dulu. Dari kelima jajanan tersebut, mana yang sampai saat ini masih jadi jajanan favoritmu?

Leave a Reply

Back To Top