Perbedaan Italian Pizza vs American Pizza, Pilih Mana?

Perbedaan Italian Pizza vs American Pizza, Pilih Mana?

Pizza dikenal sebagai makanan dari Italia, sampai akhirnya menyebar ke penjuru dunia termasuk Amerika. Sampai kini, terdapat dua gaya pizza yang dikenal di dunia, yaitu Italian pizza dan American pizza. Kedua jenis pizza tersebut memiliki sejumlah perbedaan. Bagi kamu pizza lovers, wajib tahu ciri-ciri Italian pizza dan American pizza berikut ini.

1. Italian Pizza

Via – King Arthur Baking

Italian pizza secara tradisional terbuat dari bahan sederhana yaitu adonan roti, saus tomat, keju, dan basil segar. Ciri khas Italian pizza terletak pada perpaduan warna dari bahan tersebut yaitu merah, putih, dan hijau. Warna tersebut mewakili bendera Italia.

Italian pizza memiliki kulit atau roti yang tipis dan ringan. Biasanya, lapisan saus dan kejunya tipis. Adonan dipanggang sampai ujungnya mengembang dan bagian bawahnya berwarna coklat keemasan. Tekstur hasil Italian pizza ringan dan renyah.

2. American Pizza

Via – The Beet

American pizza banyak dijumpai di dunia termasuk Indonesia. American pizza cenderung memiliki lapisan kulit lebih tebal dan lebih padat daripada Italian pizza. Bagian saus, keju, dan topping lebih banyak dan variatif.

Perbedaan Italian Pizza vs American Pizza

Pizza memang berasal dari Italia, namun pizza juga populer di Amerika. Kedua jenis pizza ini memiliki beberapa perbedaan. Apa saja perbedaannya? Simak, yuk!

1. Jenis Roti

Via – Constance

Perbedaan Italian pizza dan American pizza yang paling kentara adalah jenis rotinya. Ada beragam macam tipe roti (crust) Italian pizza dan American pizza. Roti pizza di Italia cenderung tipis, bahkan ada yang setipis cracker. Sedangkan jenis roti pizza di Amerika ada yang tipis dan tebal, bahkan tebalnya mirip seperti roti tawar. Oleh karena itu, American pizza lebih mengenyangkan karena tekstur rotinya yang lebih tebal.

2. Saus Tomat

Via – Cuisinart

Saus tomat merupakan saus penting untuk olesan permukaan pizza. Umumnya, saus tomat Italian pizza dibuat dengan racikan saus tomat dengan minyak zaitun, tomat segar, bawang putih, basil, thyme, dan oregano. Herba khas Italia terasa segar sampai menyerap ke roti pizza-nya. Sedangkan American pizza menggunakan saus tomat yang dimasak lama sehingga mengental, warnanya merah, dan cenderung asam.

3. Topping

Via – tasteatlas

American pizza terkenal dengan topping kombinasinya seperti sosis, daging cincang, daging asap, dan lain-lain. Sedangkan Italian pizza tidak ada pizza semacam ini, lho! Sebab biasanya hanya ada satu jenis daging dalam satu pizza. Bahkan orang Italia menganggap topping kombinasi yang berlebihan ini sebagai “penistaan pizza“.

Menurut orang Italia, pizza meat lovers ala American pizza adalah bagian tradisi Amerika Serikat yang berlebihan. Pasalnya, Italian pizza hanya memakai sayuran dan beragam keju sebagai topping dengan alas olesan saus tomat yang segar.


Sudah tahu soal foodspot belum? foodspot merupakan portal katering terlengkap di Indonesia. Dengan foodspot, kamu bisa terhubung dengan ratusan katering rumahan dan restoran terkemuka. Kebutuhan katering besar untuk makan harian kantor, acara ulang tahun, pernikahan, atau bahkan arisan bisa disediakan oleh foodspot dalam satu kali pemesanan, lho!

Leave a Reply

Back To Top