4 Manfaat Anggur untuk Kesehatan yang Wajib Kamu Ketahui!

4 Manfaat Anggur untuk Kesehatan yang Wajib Kamu Ketahui!

Foodspoters, kalau kamu perhatikan di sekitarmu, anggur termasuk buah yang paling mudah ditemui. Betul, kan? Nah, faktanya, nggak hanya gampang dicari, buah yang satu ini juga sangat mudah dinikmati, cukup dipisahkan dari tangkainya dan dicuci dengan air bersih saja. Nggak ada yang namanya repot menguliti atau memotong-motong. Ngomongin soal anggur, tahukah kamu bahwa buah yang satu ini sudah dikenal sejak lama, lho. Tepatnya sekitar 4000 tahun sebelum masehi oleh bangsa Timur Tengah. Dari masa itu hingga kini, anggur terus berkembang pesat ke berbagai belahan dunia, baik sebagai buah, paduan olahan makanan, selai, hingga minuman berfermentasi. Mengapa anggur bisa sepopuler itu, ya? Alasannya nggak lain karena buah ini bercita rasa lezat dan kaya akan manfaat. Kalau lezat sih tentu jelas, namun gimana dengan manfaatnya? Kalau belum tahu, yuk, simak dulu 4 manfaat anggur untuk kesehatanmu berikut ini!

1. Mencegah kanker

Via – Marcelo Leal

Siapa yang menyangka kalau buah satu ini dapat membantu kamu terhindar dari kanker? Faktanya, berbagai studi menyatakan bahwa anggur memiliki senyawa resveratrol yang berfungsi sebagai antioksidan yang baik dalam tubuh. Resveratrol ini akan memeperlambat pertumbuhan sel kanker dan tumor dalam butuh, khususnya kanker payudara, lambung, hati dan getah bening. Selain itu, resveratrol juga bisa melindungi kulit dari radiasi sinar UVA dan UVB yang dapat menyebabkan kanker kulit.

2. Menjaga Kesehatan Jantung

Via – Robina Weermeijer

Selain dapat mencegah kanker, anggur juga memiliki kandungan senyawa yang baik untuk memelihara jantung, lho, Foodspoters. Hal ini berkat kadungan polifenol dalam anggur yang dapat membantu melancarkan peredaran darah ke jantung. Hasilnya, kesehatan jantung kamu akan tetap terjaga dan resiko stroke dan serangan jantung juga semakin rendah.

3. Menurunkan Kadar Kolesterol

Via – News Medical

Foodspoters, mungkin kamu sudah nggak asing lagi dengan “si jahat” bernama kolesterol. Salah satu senyawa ini memang sering dikenal sebagai penyebab berbagai penyakit seperti obesitas dan serangan jantung. Jika kamu nggak mau terkena penyakit karena kolestrol ini, ada baiknya kamu mulai mengkomsumsi anggur secara rutin. Hal ini karena kadar receratrol yang terkandung dalam anggur dapat menyerap kolesterol sebelum disalurkan ke darah. Sehingga kolestrol dalam tubuh kamu akan tetap seimbang dan kamu bisa terbebas dari obesitas dan serangan jantung.

4. Mengontrol Gula Darah

Via – Economic Times

Untuk kamu yang ingin terhindar dari diabetes, sebaiknya mulai rutin mengkonsumsi anggur dari sekarang, deh, Foodspoter! Sebab, anggur memiliki kandungan senyawa yang dapat menurunkan kandungan gula darah dalam tubuh. Menurut penelitian, anggur mampu meningkatkan sensitivitas insulin yang akan membantu tubuh menyerap gula darah lebih optimal. Hasilnya, gula darah dalam tubuh akan lebih rendah dan kamu menjadi terhidar dari diabetes.

Itu dia, Foodspoters, 4 manfaat anggur untuk kesehatan kamu. Ternyata biarpun ukurannya kecil, anggur menyimpan banyak khasiat. Setelah ini, jangan lupa lebih sering mengkonsumsi buah segar ini, ya, Foodspoters!

Leave a Reply

Back To Top